Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Suara Masteran Burung Cucak Jenggot yang Unik

Hobi

Suara Masteran Burung Cucak Jenggot yang Unik

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Artikel ini akan membahas tentang beberapa Suara Masteran Burung Cucak Jenggot. Burung cucak jenggot termasuk salah satu jenis burung yang dilombakan di berbagai daerah. Burung ini juga memiliki suara cerecetan yang khas, serta memiliki kemampuan mimikri alias bisa meniru suara kicauan burung jenis lainnya. Maka dari itu burung ini selain sebagai ajang perlombaan burung ini juga di gunakan untuk penghias rumahan.

Namun meskipun demikian antara burung cucak jenggot yang satu dengan yang lainnya memiliki kwalias suara yang berbeda-beda. Sehingga menimbulkan adanya suara burung cucak jenggot yang sangat diminati dan yang kurang diminati oleh penggemarnya. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa jenis Suara Masteran Burung Cucak Jenggot  baik yang paling diminati maupun yang kurang diminati.

Suara Masteran Burung Cucak Jenggot yang paling di minati.

Burung dengan ciri khas jambul ini bisa menjadi paling diminati oleh para penggemar burung baik itu pedesaan atau bahkan perkotaan besar, salah satunya karena kicaunya yang cukup menarik dan unik. Keunikan tersebut dinilai dari kicauannya yang memiliki suara lantang dengan nada yang sangat indah dan dibalut banyak variasi. Selain dari segi kicauannya kemenarikan burung cucak jenggot ini juga di nilai dari bentuk fisik yang menjadi ciri khas dari satwa ini. Ciri khasnya dari burung ini adalah berjenggot putih yang hampir mirip seperti jenggot orang tua.

Lebih dari suara emas dan ciri khas fisiknya yang unik tersebut, cucak jenggot juga bisa dijadikan sebagai salah satu masteran bagi burung jenis lain, seperti cendet, cucak ijo, murai batu, dan sebagainya. Suara masteran maksudnya adalah merekam dari suara-suara burung lainnya untuk di tirukan.  Untuk memaksimalkan hasil suara masteran burung cucak jenggot agara lebih sempurna, maka perlu dilakukan beberapa cara memasterkan yang tepat :

Tempat pemasteran yang tenang.

Tempat pemasteran yang tenang membuat cucak jenggot lebih cepat merekam burung-burung lain yang di master lebih cepat untuk menerima dan merekam suara masteran burung cucak jenggot.

Jarak ideal pemasteran antara 2-4 meter.

Dengan jarat tersebut suara akan terdengar lebih jelas sehingga memudahkan burung mengingat suara yang di rekam.

Waktu pemasteran yang tepat.

Untuk memasterkan yaitu antara pukul 12 siang sampai besok paginya karena pada waktu pagi hari burung cucak jenggot biasa berkicau seperti burung lainnya. Selain itu ketika burung nyulam atau mabung, tapi bukan berarti selain ketika mabung tidak bisa.

Pilihlah karakter burung yang cocok.

Pemilihan karakter burung ini merupakan kunci kesuksesan pemasteran cucak jenggot.

Frekwensi waktu pemasteran.

Burung cucak jenggot mudah menirukan suara burung lain, tetapi kadang juga mudah melupakannya. Untk itu frekwensi waktu seringnya ditempel dengan burung masteran harus dilakukan untuk memaksimalkan perekaman.

Utamakan yang di master adalah burung cucak jenggot jantan.

Karena burung cucak jenggot jantan dapat lebih banyak menirukan suara masteran. Namun jika cara-cara diatas tidak bisa diterapkan secara maksimal, maka hasil dari Suara Masteran Burung Cucak Jenggot juga akan kurang maksimal. Akibatnya kwalitas kicauannyapun juga kurang bagus. Sehingga kualitas kicauannya kurang diminati oleh para penggemar burung.

Suara Masteran Burung Cucak Jenggot yang peminatnya kurang.

Kurang maksimalnya kicauan burung cucak jenggot masteran bisa desebabkan oleh banyak factor. Namun penyebab secara umumnya adalah kurangnya pengetahunnya pemilik burung atau pelaku pemaster dalam memasterkan burung cucak jenggot. Hal tersebut menyebabkan cara-cara dalam memasterkan burung cucak jenggot diatas tidak diterapkan secara maksimal. Sehingga kualitas Suara Masteran Burung Cucak Jenggot peminatnya kurang. Diantara kurangnya kwalitas tersebut seperti:

Kicauannya tidak sesuai dengan karakternya. Hal ini bisa disebabkan karena ketika memasterkan tempat yang gunakan terganggu dengan suara-suara lainnya.

Kicauannya tidak bisa banyak.

Penyebabnya selain burungnya berupa cucak jenggot betina. Hal ini bisa ddisebabkan juga karena pemilhan burung masternya kurang tepat.

Kicauannya berkurang dari yang terekam sebelumnya.

Hal ini biasanya disebabkan oleh kurang seringnya burung di sandingkan dengan masternya. Jika Anda ingin memiliki burung cucak jenggot masteran yang bagus sebaiknya beberapa cara diatas diterapkan secara maksimal.

Demikianlah artikel kami tentang Suara Masteran Burung Cucak Jenggot yang unik. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel