Suara Burung Trucukan Lebih Bagus Dari Cucakrowo

Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ November 30, 2021 ∙ 3 menit membaca

Bagi para pecinta burung pemula mungkin banyak yang penasaran apakah benar suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo? Keduanya oleh para kicau mania memiliki kemiripan dalam hal suara. Mungkin hal tersebut karena baik trucukan maupun cucakrowo masih dalam satu rumpun spesies. Trucukan masih tergolong dalam spesies burung cucak. Ia bisa dijumpai di beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Penyebarannya di Indonesia cukup luas sehingga tidak begitu sulit untuk bisa memiliki burung rock and roll ini.

Jika ditanya apakah suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo maka para kicau mania sepakat memang benar adanya. Namun dari segi harga trucukan biasanya dijual dengan harga yang murah. Maka tidak heran jika banyak yang menyukai trucukan karena harganya yang lebih ramah dikantong. Namun untuk masalah popularitas, sepertinya cucakrowo memang bisa dikatakan selebriti yang sudah senior didunia kicau. Tidak berlebihan jika namanya saja sudah digunakan dalam lagu.

Suara Burung Trucukan Lebih Bagus Dari Cucakrowo

Baik burung trucukan maupun cucakrowo memiliki suara khas ropel yang nyaring dan tegas. Kedua burung ini memang bisa dibilang burung cerewet yang doyan sekali bersenandung. Bayangkan saja jika anda punya kedua burung ini dalam jumlah yang banyak maka seisi rumah akan ramai seperti toko burung. Berikut beberapa krakteristik dari kedua burung ini:

Suara

Dari segi suara, trucukan memiliki suara nyaring dan tebal. Untuk cucakrowo, ia juga memiliki suara tebal dan bulat serta nyaring. Keduanya memiliki suara yang hampir mirip satu sama lain. Namun banyak para pecinta burung yang lebih menyukai suara burung trucukan dan menganggap suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo.

Harga

Dari segi harga, burung trucukan jauh lebih murah dibanding dengan cucakrowo. Sedangkan cucakrowo biasanya dibanderol dengan harga selangit. Maka, banyak para pecinta burung pemula lebih memilih trucukan untuk dipelihara sebagai langkah awal dalam memelihara burung.

Ketersediaan di alam

Masalah perbedaan pada harganya yang bagai langit dan bumi mungkin juga disebabkan oleh ketersediaan kedua spesies ini dialam. Burung trucukan penyebarannya lebih luas sehingga tidak sulit untuk bisa memeliharanya. Sedangkan cucakrowo termasuk spesies burung langka yang biasa hidup di rawa, paya, ataupun tepi hutan dan sungai. Maka cucakrowo lebih sulit untuk diperoleh. Maka tidak heran jika harganya juga selangit karena kelangkaannya.

Mengapa Suara Burung Trucukan Lebih Bagus Dari Cucakrowo?

Tidak diketahui secara jelas memang mengapa trucukan suaranya terdengar sedikit lebih bagus dari cucakrowo. Terlepas dari itu menurut sudut pandang subjektif atau bukan, namun nyatanya daya tarik utama trucukan adalah terletak memang pada suaranya. Beda halnya dengan burung cucak lainnya seperti cucakrowo maupun cucak hijau yang kadang dipilih berdasarkan tampilannya juga. Cucak hijau misalnya hadir dengan warna bulu abu dan hijau yang cantik yang kadang orang memilih hal tersebut dibanding dengan kualitas suaranya.

Sedangkan untuk burung trucukan, suara adalah hal utama yang dituju oleh para pecinta burung mania. Jadi, selain karena harganya yang terjangkau, kualitas suara burung trucukan juga memang terkenal merdu dan tidak kalah dari burung jenis cucak-cucakan lainnya. Bagi anda yang ingin mulai memlihara burung kicauan atau ropel dirumah maka burung trucukan bisa menjadi pilihan terbaik. Jadi apa anda setuju kalau suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo?

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia