Pinhome

Uncategorized

Suara Burung Trucukan Lebih Bagus Dari Cucakrowo

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bagi para pecinta burung pemula mungkin banyak yang penasaran apakah benar suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo? Keduanya oleh para kicau mania memiliki kemiripan dalam hal suara. Mungkin hal tersebut karena baik trucukan maupun cucakrowo masih dalam satu rumpun spesies. Trucukan masih tergolong dalam spesies burung cucak. Ia bisa dijumpai di beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Penyebarannya di Indonesia cukup luas sehingga tidak begitu sulit untuk bisa memiliki burung rock and roll ini.

Jika ditanya apakah suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo maka para kicau mania sepakat memang benar adanya. Namun dari segi harga trucukan biasanya dijual dengan harga yang murah. Maka tidak heran jika banyak yang menyukai trucukan karena harganya yang lebih ramah dikantong. Namun untuk masalah popularitas, sepertinya cucakrowo memang bisa dikatakan selebriti yang sudah senior didunia kicau. Tidak berlebihan jika namanya saja sudah digunakan dalam lagu.

Suara Burung Trucukan Lebih Bagus Dari Cucakrowo

Baik burung trucukan maupun cucakrowo memiliki suara khas ropel yang nyaring dan tegas. Kedua burung ini memang bisa dibilang burung cerewet yang doyan sekali bersenandung. Bayangkan saja jika anda punya kedua burung ini dalam jumlah yang banyak maka seisi rumah akan ramai seperti toko burung. Berikut beberapa krakteristik dari kedua burung ini:

Suara

Dari segi suara, trucukan memiliki suara nyaring dan tebal. Untuk cucakrowo, ia juga memiliki suara tebal dan bulat serta nyaring. Keduanya memiliki suara yang hampir mirip satu sama lain. Namun banyak para pecinta burung yang lebih menyukai suara burung trucukan dan menganggap suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo.

Harga

Dari segi harga, burung trucukan jauh lebih murah dibanding dengan cucakrowo. Sedangkan cucakrowo biasanya dibanderol dengan harga selangit. Maka, banyak para pecinta burung pemula lebih memilih trucukan untuk dipelihara sebagai langkah awal dalam memelihara burung.

Ketersediaan di alam

Masalah perbedaan pada harganya yang bagai langit dan bumi mungkin juga disebabkan oleh ketersediaan kedua spesies ini dialam. Burung trucukan penyebarannya lebih luas sehingga tidak sulit untuk bisa memeliharanya. Sedangkan cucakrowo termasuk spesies burung langka yang biasa hidup di rawa, paya, ataupun tepi hutan dan sungai. Maka cucakrowo lebih sulit untuk diperoleh. Maka tidak heran jika harganya juga selangit karena kelangkaannya.

Mengapa Suara Burung Trucukan Lebih Bagus Dari Cucakrowo?

Tidak diketahui secara jelas memang mengapa trucukan suaranya terdengar sedikit lebih bagus dari cucakrowo. Terlepas dari itu menurut sudut pandang subjektif atau bukan, namun nyatanya daya tarik utama trucukan adalah terletak memang pada suaranya. Beda halnya dengan burung cucak lainnya seperti cucakrowo maupun cucak hijau yang kadang dipilih berdasarkan tampilannya juga. Cucak hijau misalnya hadir dengan warna bulu abu dan hijau yang cantik yang kadang orang memilih hal tersebut dibanding dengan kualitas suaranya.

Sedangkan untuk burung trucukan, suara adalah hal utama yang dituju oleh para pecinta burung mania. Jadi, selain karena harganya yang terjangkau, kualitas suara burung trucukan juga memang terkenal merdu dan tidak kalah dari burung jenis cucak-cucakan lainnya. Bagi anda yang ingin mulai memlihara burung kicauan atau ropel dirumah maka burung trucukan bisa menjadi pilihan terbaik. Jadi apa anda setuju kalau suara burung trucukan lebih bagus dari cucakrowo?

Tags :

Bagikan Artikel