Pinhome

Suara Burung Perkutut Bangkok Asli dan Lokal

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome –  Perkutut Jawa merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Columbidae dan genus Geopelia yang banyak dijumpai di Indonesia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jika burung ini juga memakan serangga sampai kerikil kecil di habitat aslinya.

Dalam budaya Jawa, Perkutut termasuk burung kasta atas sebagai klangenan (kesukaan) masyarakat. Suaranya yang khas membuat masyarakat selalu tertarik untuk merawat serta memeliharanya.

Kukila (burung) dalam hal ini Burung Perkutut Bangkok juga dianggap sebagai kelengkapan seorang pria Jawa sejati. Burung yang dalam bahasa latin bernama Geopelia Striata ini dipercaya dapat mendatangkan berkah bagi sang pemilik. Bahkan perkutut jenis tertentu diyakini memiliki kekuatan gaib dan dapat mempengaruhi seseorang yang merawatnya

Suara Burung Perkutut Bangkok Asli dan Lokal

Pada dasarnya Burung Perkutut Bangkok yang layak lomba mempunyai ciri-ciri suara yang sesuai kriteria dalam penilaian burung perkutut yang ditetapkan oleh P3SI pada AD/ART-nya. Di bawah ini akan dijelaskan tentang bagian-bagian suara perkutut agar Pins mengerti yang mana suara depan, mana yang suara tengah dan yang di sebut ujung di sini. Berikut ini kriteria suara perkutut yang dinilai :

Baca Juga : Membuat Lovebird Jantan Stabil Untuk Lomba

1. Suara Perkutut Depan

Bagian depan suara Burung Perkutut Bangkok banyak macamnya, akan tetapi yang penting ialah harus narik, panjang serta bersih. Komposisi penilaian depan antara lain, narik 3, Panjang 3, Bersih 3, dan total nilai 9. Suara yang narik akan terdengar seperti menjerit. Contoh suara perkutut depan yang baik yaitu klaauu, waauu, dan kleeoo.

Kalau bisa hindari suara depan yang pendek. Namun yang wajib dihindari ialah suara depan yang gembos dan kotor, seperti huu, huur, kuur, klarr, kuuk. Khusus untuk perkutut dewasa. Untuk burung perkutut yang masih muda, suara depan biasanya belum bisa narik walaupun tidak selalu, untuk perkutut muda Pins bisa mengabaikannya, hal terpenting adalah dengarkan air suaranya.

2. Suara Perkutut Tengah

Suara tengah yang baik pada suara Burung Perkutut Bangkok ialah yang lengkap, jelas serta bertekanan. Setiap ketukan akan terdengar berirama dan senggang. Sebaiknya hindari suara tengah yang rapat dan mengambang dan rapat. Komposisi penilaian tengah yaitu lengkap 3, jelas 3, nekan 3, total nilai 9.

Baca Juga : Perawatan Cucak Ijo Untuk Lomba

Suara Burung Perkutut Bangkok
(Hewanesia)

3.  Suara Perkutut Ujung

Suara ujung yang baik adalah yang bulat, panjang serta mengalun seperti ada unsur ng. Hal yang patut di hindari suara ujung yang ngerem mendadak dan pendek. Sebisa mungkin hindari suara yang noklak terdengar klaak. Suara ujung yang baik terdengar kuuung. Komposisi nilai suara ujung yaitu bulat 3, panjang 3, mengalun 3, total nilai ialah 9.

Dari 5 kriteria suara burung perkutut yang dinilai, tiap kriteria akan mendapatkan nilai maksimal 9. Jadi nilai sempurna totalnya adalah 9×5 kriteria suara 45. Bermodal suara depan, tengah, dan ujung yang bagus maka burung perkutut kesayangan Pins pun sudah bisa menjadi juara.

Baca Juga : Melatih Mental Kolibri Untuk Lomba

Download Suara Perkutut

Biasanya juri akan memberi nilai dasar suara dan irama hanya 8,5. Jarang burung perkutut yang mendapatkan nilai 9 pada irama dan dasar suaranya, kecuali burung itu istimewa dan banyak bunyi yang stabil.

Dan burung yang memperoleh nilai 9 di kedua kriteria ini ialah burung yang suara depan, tengah dan ujungnya mendapat 9. Burung ini akan mendapatkan koncer 4 warna hitam ke atas.

Untuk bisa menjadi juara, suara Burung Perkutut Perkutut harus memiliki nilai minimal 43. Suara burung perkutut dengan kualitas minim ini bisa juara dengan syarat dapat koncer 2 warna 4 babak dan bisa bunyi, sayangnya banyak burung bagus yang tidak bunyi. Posisi yang aman setidaknya burung Pins berkualitas koncer 2 warna plus hitam dengan nilai 43,25.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Perkutut

Walaupun perkutut Pins memiliki kualitas 2 warna hitam namun hanya 2 babak bunyi, Pins tidak bisa jadi juara. Burung dengan kualitas 2 warna plus, bila bunyi 2 babak saja dan keduanya mendapat koncer 2 warna plus hitam biasanya juara.

Agar burung perkutut Pins bisa memenangkan lomba, perhatikan suara burung perkutut tersebut termasuk pada 5 kriteria yang memiliki nilai sempurna atau tidak.

Suara Burung Perkutut Bangkok
(Damai 9)

Download Suara Burung Perkutut Bangkok Asli dan Lokal

Bagi Pins yang ingin mendengarkan beberapa suara burung perkutut mp3, di bawah ini kami sudah menyediakan link download suara burung sesuai permintaan para pecinta burung di Indonesia. Jadi kamu bisa langsung memilih suara mana yang sesuai dengan kriteria Pins.

Daftar Suara BurungLink Download
Suara Perkutut Lokal V1Download
Suara Perkutut Lokal V2Download
Suara Perkutut Lokal V3Download
Suara Perkutut Bangkok V1Download
Suara Perkutut Bangkok V2Download
Suara Perkutut Bangkok V3Download
Suara Cendet Betina Untuk Pikat Atau Masteran BurungDownload

Kesimpulan

Jadi untuk menghasilkan suara Burung Perkutut Bangkok yang bagus dan rajin bunyi tentunya tidak lepas dari perawatan harian burung perkutut dan melakukan pemasteran terhadap burung tersebut.

Baca Juga : Perawatan Murai Batu Untuk Lomba

————————————————-

Temukan beragam pilihan terlengkap rumah dijual di Balikpapan di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel