Strategi Pemasaran Usaha Rumahan Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha dan Diperbarui oleh Achlisia Putri ∙ September 12, 2022 ∙ 3 menit membaca

Bila kamu seorang pemula dalam dunia usaha, dan ingin memulai bisnis dengan modal kecil, memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha adalah sebuah alternatif terbaik untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Tentunya jenis usaha yang kamu lakukan harus sesuai dengan lingkungan tempat tinggal, agar tidak mengganggu ketenangan orang lain.
Bisnis rumahan merupakan plihan terbaik bagi pemula untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Selain bisa menghasilkan income untuk membantu perekonomian keluarga, biasanya bisnis rumahan bisa ikut membantu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Sehingga bisa menekan angka pengangguran khususnya di lingkungan sekitar tempat usaha.

Strategi pemasaran bisnis rumahan

Memanfaatkan Brosur

Untuk membangun bisnis rumahan tentu memerlukan proses yang berbeda dengan bisnis-bisnis besar lainya. Bisnis rumahan memerlukan strategi yang sederhana yang mudah untuk diaplikasikan langsung, tentu dengan budget yang murah. Lalu bagaimana cara membuat bisnis rumahan yang menghasilkan pendapatan yang besar? Tentu hal ini tidak lepas dari strategi pemasaran yang baik dan tepat. Berikut beberapa strategi bisnis rumahan yang bisa diterapkan di bisnis yang kamu bangun.

1. Brosur

Menyebarkan brosur merupakan cara lama untuk mempromosikan produk. Tapi cara ini masih efektif jika kita menyebarkan brosur di tempat-tempat yang strategis. Selain menyebarkan brosur kamu juga bisa menggunakan pamphlet sebagai media promosi, tempelkan pamphlet di tempat-tepat dimana target marketmu lewat. Semakin banyak orang yang melihat brosur yang kamu sebarkan, semakin besar juga peluang kamu untuk menemukan konsumen atau pelanggan.

2. Memanfaatkan media online

Memasarkan produk melalui media online sangatlah efektif. Selain murah cara ini juga lebih efektif dan efesien untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Ada beberapa cara untuk mempromosikan produk melalui media online, misalnya membuat blog toko online, atau melalui akun media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk bergabung ke dalam forum-forum online yang memungkinkan kamu untuk mmenjalin hubungan secara lebih luas, hal ini akan memudahkanmu dalam pemasaran produk.

3. Dari mulut ke mulut

Strategi Mulut ke mulut

Dalam memasarkan produk rumahan memang tidak mudah, apalagi produk yang kita buat belum terlalu banyak orang yang tahu. Cara awal yang paling efektif untuk memasarkan bisnis rumahan adalah dari mulut ke mulut. Maksudnya adalah dengan merecomendasikan produk kamu kepada orang. Dengan meminta bantuan teman, saudara atau tetangga untuk memberitahukan bisnis kamu kepada teman-temanya. Bila produk yang kamu buat memiliki kualitas yang bagus, maka akan tercipta efek viral yaitu orang-orang akan dengan suka rela mempromosikan produk kamu kepada kayalak luas.

4. Mengikuti berbagai bazar

Bisnis rumahan tidak akan bisa berkembang menjadi besar bila kamu hanya duduk diam saja di rumah tanpa melaukan usaha apapun. Salah satu strategi pemasaran untuk mengenakan produk kamu adalah dengan megikuti pameran atau bazar. Dengan mengikuti bazar kamu mempunyai kesempatan untuk memamerkan produk rumahan kamu. Selain itu dengan mengikuti pameran kamu bisa membangun relasi untuk mengembangkan produk buatanmu.

5. Pasarkan ke toko-toko

Jika dirasa perlu kamu bisa memasarkan produk dari usaha rumahan kamu ke toko-toko yang berada jauh dari tempat usahamu. Dalam menerapkan strategi ini kamu harus memahami bagaimana karakter pembeli dari toko tersebut. Apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana dampak bagi bisnis kamu.

6. Buatlah kartu nama

Kartu nama kadang dianggap tidak penting oleh sebagian pengusaha pemula. Padahal kartu nama juga penting untuk bisnis kamu. Selain untuk memudahan orang lain menghubungi kamu, kartu nama juga berfungsi sebagai media untuk mebranding produk yang kamu jual. Buatlah kartu nama tentang bisnis kamu, desain kartu nama kamu sesuai dengan tema bisnis yang kamu jalani.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti Apa Itu Kota Mandiri? Ini 5 Rekomendasi Perumahan di Kota Mandiri

Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman, tidak hanya dinilai dari

Gadget
Gadget 5 Cara Cek Baterai Health Samsung dengan Cepat

Sejak beberapa tahun terakhir, Samsung membekali gawai rilisan terbarunya dengan kapasitas yang bes

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Oppo 3 Jutaan

Mengumpulkan uang berjumlah Rp4 jutaan untuk membeli handphone memang terasa banyak dan berat. Deng

Gadget
Gadget 8 Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe Secara Otodidak

Sebagai salah satu brand gawai pintar ternama di dunia, produk dari Xiaomi juga tak luput dari erro

Gadget
Gadget 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Bagi yang baru memiliki Xiaomi sebagai merek gadget-nya, kamu wajib tahu tips dan hacks untuk menja

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia