Status Paket JNE Delivered (Terkirim) tapi Barang Belum Diterima

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Pernahkah kalian mengecek nomor resi JNE pesanan barang kalian statusnya delivered (terkirim) tapi merasa belum menerima paket? Bukan cuma kalian. Banyak yang mengalami hal seperti ini. Memang ini membingungkan, apalagi nama yang tertera sebagai penerima paket adalah orang yang tidak dikenal. Apa barang nyasar atau gimana? Mau komplain juga ke mana?

Paket yang dikirimkan lewat JNE ada tanda bukti berupa resi pengiriman. Di kertas resi terdapat informasi-informasi seputar kiriman, seperti pengirim, penerima, termasuk nomor resi pengiriman. Jika kalian membeli barang lewat online, usahakan untuk meminta nomor resi sebagai bukti pengiriman. Nomor resi tersebut bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket, sudah sampai mana paket itu berada.

Jika nomor resi benar, maka setelah dicek akan muncul informasi terkait paket tersebut, seperti pengirim dan penerima. Jika tidak muncul, ada kemungkinan nomor resi salah atau web yang digunakan untuk mengecek sedang error.

Untuk mengecek nomor resi JNE, kalian bisa melakukannya di web resmi JNE (www. jne.co.id) atau web lainnya yang menyediakan layanan cek resi. Melalui web tersebut, kalian bisa memantau sampai di mana paket kalian. Jika paket sudah dekat dengan daerah kalian, seharusnya tidak lama lagi paket akan diantarkan.

Setelah barang sampai, jika nomor resi paket tersebut dicek, maka stausnya DELIVERED, beserta nama penerima paket. Nah, masalahnya adalah bagaimana kalau status paket sudah terkirim (delivered), tapi paket belum diterima, dan nama penerima paket tidak dikenal. Apakah barang salah terkirim ke orang lain, atau gimana?

Jika kalian mengalami hal sepeti ini, kalian bisa datangi JNE terdekat untuk menanyakan paket kalian. Datangi JNE terdekat lalu sampaikan maksud kalian. Petugas JNE biasanya meminta nomor resi pengiriman. Untuk itu, sebelum datang ke JNE, siapkan dulu nomor resi pengiimannya.

Pengecekan di web resmi JNE (www. jne.co.id) dengan di web admin JNE berbeda. Kalau di web admin JNE bisa diketahui siapa kurir yang mengurusi paket tersebut. Kalau sudah tahu siapa kurir yang mengurusi paket kalian, kalian bisa minta nomor HP kurir tersebut ke petugas JNE untuk bertanya lebih lanjut tentang paket kalian.

Barang yang tidak sampai ke penerima ada kemungkinan dikembalikan ke pengirim. Namun, jika status paketnya sudah DELIVERED, seharusnya paket tidak dikembalikan, tinggal diambil.

Jika status paket sudah terkirim, sedangkan kalian merasa belum menerima paket, ada kemungkinan paket nyasar ke orang lain, atau paket dititipkan ke JNE terdekat, tapi kurir bikin laporan kalau paket tersebut terkirim.

Lalu bagaimana kalau status paket terkirim, nama penerimanya sesuai dengan nama kalian sebagai penerima paket, tapi kalian merasa belum menerima paket? Mengenai status terkirim, ini tergantung kurir JNE, kalau kurir tersebut bikin laporan terkirim, maka status paket bisa berubah jadi terkirim, entah barang benar-benar dikirimkan atau belum.

Bisa jadi ada paket yang belum sempat dikirimkan kurir, tetapi kurir bikin laporan paket tersebut terkirim, kemudian paket baru diantakan keesokan harinya.

Nah, jika kalian mengecek nomor resi paket kalian statusnya delivered tapi barang belum diterima, ada beberapa kemungkinan.

1. Paket dititipkan di JNE terdekat
Jika ini yang terjadi, kalian tinggal datang ke JNE terdekat untuk mengambil barang. Beritahukan nomor resi pengiriman kepada petugas JNE. Usahakan untuk membawa kartu identitas (KTP) untuk berjaga-jaga siapa tahu diperlukan.

2. Paket nyasar ke orang lain
Hubungi ke JNE terdekat, minta pihak JNE mengurusi paket tersebut. Kalau alamat penerima paket sesuai dengan alamat kalian, tapi paket nyasar ke orang lain, itu adalah kesalahan pihak JNE.

Namun, kalian merasa kenal dengan nama penerima paket, coba tanya baik-baik ke orang tersebut. Coba tanya juga ke orang rumah atau tetangga apakah ada kurir JNE datang ke rumah kalian atau tidak.

3. Paket masih ada di kurir
Kurir membuat laporan kalau paket tersebut sudah terkirim, tapi belum sempat dikirimkan, dan baru dikirimkan keesokan harinya. Kalau ini yang terjadi, besabarlah menunggu hari berikutnya. Jika barang belum sampai juga, silakan hubungi JNE terdekat.

Untuk permasalahan terkait paket kiriman JNE, kalian bisa datang ke JNE terdekat, atau menghubungi JNE melalui telepon. Tapi, kalau ada JNE yang dekat dengan daerah kalian, sebaiknya datang saja ke JNE tersebut, biar petugas JNE di situ yang mengurus, ketimbang telepon buang-buang pulsa belum tentu mendapat kejelasan.

Bagaimana? Apakah sudah cukup menjawab kenapa status paket JNE delivered tapi barang belum diterima? Jika ada yang kurang jelas, atau ada pertanyaan seputar paket kiriman JNE, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia