Pinhome

Uncategorized

Standar Desain Rumah yang Bagus

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Seperti apakah sandar desain rumah yang bagus? Jawabanya bisa bervariasi menurut harapan serta selera masing-masing pribadi, namun secara umum dapat kita kelompokan menurut bagusnya beberapa aspek yang diharapkan tersedia dengan baik saat merencanakan, membangun, menghuni, merenovasi sampai membongkarnya kembali. Berikut ini beberapa standar kualitas yang perlu diperhatikan dalam membuat desain rumah idaman keluarga.

Keselamatan

Ini merupakan faktor terpenting yang kehadiranya harus ada, contohnya ditepi tangga atau void perlu diberikan ralling untuk mengantisipasi bahaya jatuh, instalasi listrik ditata sedemikian rupa agar anak-anak aman dari bahaya tersetrum,

Kesehatan

Beberapa bagian rumah bisa didesain agar mendukung dalam menjaga kesehatan keluarga, misalnya adanya jendela untuk ventilasi udara yang cukup, sinar matahari yang cukup didalam ruangan sehingga tidak lembab dan menjadi tempat berkembangbiak kuman-kuman,.

Kenyamanan

Contohnya rumah dilengkapi dengan dinding peredam suara agar kebisingan diluar tidak mengganggu aktifitas didalam ruangan, ruangan yang terlalu panas bisa ditambahkan AC dengan jumlah cukup agar sejuk namun tidak terlalu dingin.

Keamanan

Misalnya rumah dilengkapi dengan pagar untuk buka tutup akses orang asing, jendela rumah dilengkapi dengan penutup besi agar tidak digunakan sebagai akses keluar masuk pencuri.

Keindahan

Contohnya model rumah bisa dibuat indah dan menarik, di halaman rumah diberi tanaman hias. material dinding, lantai dan plafond dipilih yang indah.

Kemudahan

Mudah ketika hendak beralih satu ruang ke ruangan lain untuk menjalankan aktifitas yang berhubungan, misalnya dapur berdekatan dengan ruang makan.

Keawetan

Ini menyangkut dengan pemilihan material dengan kualitas terbaik, misalnya untuk bagian luar rumah akan lebih awet jika menggunakan alumunium dibanding kayu.

Privasi terjaga

Contohnya pintu kamar tidur tidak langsung menghadap ruang tamu, agar tidak langsung terlihat oleh tamu ketika bangun tidur, badan bau belum mandi dan dalam kondisi jelek 🙂

Murah

Ya, kita ingin membangun rumah dengan sebagus mungkin namun sebisa mungkin biayanya paling murah.

desain rumah bagus

Dalam mendesain rumah terkadang salah satu dari faktor tersebut tidak bisa dipenuhi secara maksimal, namun setidaknya tetap memenuhi standar meskipun prosentasinya kecil, mengingat ada banyak masalah yang mungkin menjadi penyebab hasil desain rumah tidak bisa optimal. Contohnya bagian samping kanan kiri yang sebaiknya dipasang jendela untuk ventilasi terpaksa ditutup rapat karena berbatasan langsung dengan tanah tetangga,

Tags :

Bagikan Artikel