10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia, Intip Di Sini!

Diperbarui oleh Muhammad Khadafi ∙ January 5, 2023 ∙ 6 menit membaca

Salah satu cabang olahraga di dunia yang terkenal sampai saat ini adalah sepak bola. Berbicara tentang sepak bola, tentu tidak bisa dilepaskan dengan tempatnya yang selalu dipakai untuk bermain sepak bola yaitu stadion. Rupanya cukup banyak stadion sepakbola terbesar dengan kapasitas hingga puluhan ribu penonton di dunia.

Tiap stadion memiliki keunikannya masing-masing. Belum lagi arsitekturnya yang kadang memanjakan mata Pins. Berikut ini Pinhome merangkum 10 stadion tebesar di dunia yang berdiri megah di masing-masing kotanya:

Baca juga: 10 Stadion Indonesia Berstandar FIFA

Stadion Salt Lake-India sebagai Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia

(Wikipedia)

Stadion Salt Lake atau yang terkenal dengan sebutan nama stadioan Yuva Bharati Krirangan adalah stadion sepakbola terbesar di dunia yang berada di India. Stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 120 ribu. Dengan kapasitas sebesar ini, stadion ini kerap digunakna untuk berbaga pertandingan lokal dan internasional.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Nasional Bukit Jalil-Malaysia sebagai Stadion Sepakbola Terbesar Keduadi Dunia

stadion sepakbola terbesar
(Goal)

Malaysia memiliki stadion terbesar di dunia yaitu stadion Nasional Bukit Jalil yang terletak di Kuala Lumpur. Stadion ini mendapati posisi kedua karena pada tahun 1998 saat pertama kali dibuka dalam pertandingan, stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 110 ribu.

Bukit Jalil sendiri dibangun pada tahun 1995 oleh arsitek yang berasal dari Malaysia. Stadion ini berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun, tepatnya pada tanggal 1 Januari 1998 yang segera digunakan untuk Commonwealth Games.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia

Stadion Azteca-Meksiko

(Twitter)

Stadion terbesar ketiga di dunia adalah stadion Azteca yang terletak di Meksiko. Stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 105.064 orang.

Penamaan Azteca sendiri di kasih sebagai penghormatan kepada warisan Azteca. Pada tahun 1970 dan 1986 stadion ini pernah dipakai untuk final Piala Dunia. Stadion ini pernah mengukir 3 momen bersejarah dunia dalam sepak bola.

Momen bersejarah tersebut adalah saat Jerman Barat berhasil dikalahkan oleh Italia dengan kor 4-3 saat ada tambahan waktu di salah satu pertandingan semifinal Piala Dunia. Gengsi tinggi dalam permainan ini bahkan membuatnya disebut dengan “Game of Century“.

Selain itu, stadion ini juga menjadi saksi Hand of God Goal dan Goal of Century oleh pemain Diego Maradona saat Argentina melawan Inggris pada perempat final Piala Duni tahun 1986.

Baca juga: Stadion Bulu Tangkis Terbaik di Dunia

Stadion Azadi-Iran

stadion sepakbola terbesar
(Detik)

Iran rupanya memiliki stadion terbesar ke empat di dunia. Stadion ini di bangun pada tahun 1970 karena pada tahun 1974 Iran menjadi tuan rumah Asian Games dan pada tahun 1976 menjadi tuan rumah AFC Asian Cup.

Stadion ini mampu menampung 100 ribu penonton. Kemegahan dari stadion ini menjadikan Azadi sebagai stadion utama kebanggaan masyarakat Iran.

Kini, stadion yang berada di Azadi Sport Complex ini digunakan sebagai markas Pesepolis FC dan Esteghlal FC, dan juga sebagai stadion timnas Iran.

Stadion Azadi memiliki desain yang berbeda dari yang lain, yaitu bisa mengeraskan suara di dalam stadion. Artinya, sorakan suara dapat kian keras. Bisingnya inlah yang akan mengganggu konsentrasi pemain, walaupun mereka dalam kondisi prima sebelumnya. Karena keunikannya ini, Azadi sering disebut dengan “Most Intimidating Stadium in Asia”

Baca juga: Sejarah Awal Berdiri Klub Chelsea Inggris

Camp Nou-Spanyol

Camp Nou Spanyol menjadi satdion terbesar di dunia
(Detik)

Mungkin Pins tidak asing lagi dengan nama club Barcelona. Nah, Barcelona ini memiliki stadion terbesar kelima di dunia yaitu stadion Camp Nou.

Stadion Camp Nou dibangun pada tahun 1957 dan kemudian diperluas pada tahun 1982 sehingga jumlah penonton yang bisa ditampung oleh stadion ini adalah 99.786 orang.

Bahkan, pada tahun 1986 penonton pernah berjumlah 120 ribu orang yang sampai memenuhi lapangan. Ini terjadi karena waktu itu Barcelona sedang bertanding melawan Juventus.

Di dalam stadion terdapat museum FC Barcelona yang menjadi museum dengan pengunjung terbanyak ke dua di dunia setelah museum Pocasseo yang sama berada di Spanyol. Jumlah setiap tahunnya adalah 1,2 juta pengunjung.

Johannesburg-Afrika Selatan

stadion sepakbola terbesar
(Sportsmatik)

Pada tahun 2010, Afrika Selatan pernah menjadi tuan rumah piala dunia. Stadion yang dipakai adalah stadion First National Bank (FNB) terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. Kapasitas penonton yang dimilikinya adalah sekitar 94.736 orang.

Tepat sebulan sebelum Piala Dunia 2010 berlangsung, stadion ini berubah nama menjadi Soccer City. Ini karena FIFA menolak nama First National Bank (FNB) yang merujuk pada nama sponsor. 

Stadion ini memiliki keistimewan bagi kalangan masyarakat Afrika Selatan. Soccer City merupakan tempat pertama pidato Nelson Mandela setelah keluar dari penjara pada tahun 1990 dan juga tempat terakhirnya muncul di publik sebelum meninggal dunia.

Rose Bowl-Amerika Serikat

Rose Bowl amerika serikat
(Pikiran Rakyat)

Amerika Serikat memiliki stadion legendaris yang juga megah. Stadion ini bernama Rose Bowl dan pernah digunakan pada saat Amerika Serikat terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994. Kapasitas yang bisa ditampung oleh stadion ini adalah 94 ribu penonton.

Baca juga: Jumlah Pemain Sepak Bola dan Posisinya

Stadion Wembley-Inggris

stadion sepakbola terbesar
(Si)

Stadion Wembley menempati posisi ke 8 dalam stadion terbesar di dunia. Stadion ini terletak di London Borought of Bent yang dapat menampung 90 ribu penonton. Sekarang ini, Stadion Wembley menjadi stadion terbesar kedua di Eropa. Stadion Wembley sendiri merupakan kandang club Tottenham Hotspur dan markas tim nasional Inggris sampai tahun 2018.

Dengan besarnya stadion ini, Wembley memiliki keunikan tersendiri. Dalam stadion ini terdapat 2618 toilet dan menjadi vanue toilet terbanyak di dunia.

Selain dipakai untuk olahraga, Stadion Wembley juga sering dipakai konser dunia. Artis yang pernah mengisi pada konser ini adalah Ed Sheeran, One Direction, Adele, Beyonce, dan banyak lagi artis lain yang pernah mengisi konser di stadion ini.

Baca juga: 6 Jenis Formasi Sepakbola Terbaik yang Digunakan Tim Besar

Stadion Utama Gelora Bung Karno-Indonesia

(Idntimes)

Indonesia patut berbangga karena rupanya memiliki salah satu stadion terbesar di dunia. Gelora Bung Karno (GBK) adalah stadion terbesar ke sembilan di dunia. Stadion GBK dibangun pada tahun 1962 di Jakarta, Indonesia.

Kapasitas stadion ini dapat menampung 88.083 penonton. Oleh karena itu, stadion ini sering digunakan pada saat klub-klub ternama di dunia datang ke Indonesia. Misalnya seperti Roma (2015), Juventus (2014), Liverpool (2013), Chelsea (2013) dan Arsenal (2013).

GBK juga diandalkan pada saat ada event-event besar. Misalnya GBK menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan AFC U-19 Championship pada tahun 2018. Ini juga memang karena GBK ssalah satu stadion berstandard International di Indonesia.

Baca juga: Ukuran Gawang Sepakbola Standar Internasional

Stadion Borg El Arab-Mesir

stadion sepakbola terbesar
(arabcont)

Stadion terbesar ke sepuluh adalah stadion Borg El Arab yang berada di Mesir. Tempat sepakbola ini dibuka pada tahun 2007 dan dapat menampung 86 ribu penonton. Stadion Borg El Arab adalah stadion terbesar kedua di benua Afrika.

Baca juga: Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional & Internasional

Nah, itulah dia 10 stadion terbesar di dunia dengan keunikannya masing-masing. Semoga bisa menambah wawasan Pins mengenai olahraga sepak bola.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: meyersound.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia