14 Stadion Indonesia Berstandar FIFA

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh rahman ∙ January 17, 2023 ∙ 7 menit membaca

Salah satu olahraga yang digemari di Indonesia bahkan di dunia adalah sepak bola. Peminat olahraga satu ini terkadang tidak hanya sekedar menjadi penonton saja, tapi juga memiliki pemahaman mendalam mengenai sepak bola, termasuk formasi sepak bola, pola permainan sepak bola, hingga perkembangan sepak bola.

Mungkin saja hal ini karena penggemar sepak bola gemar menonton pertandingannya sehingga menjadi paham mengenai olahraga satu ini. Tentunya, menonton pertandingan secara langsung akan lebih memuaskan.

Makanya tidak heran apabila kita melihat banyak stadion di dunia, bahkan negara kita juga, memiliki stadion yang megah.

Nah, pada kali ini kita akan membahas 14 stadion di Indonesia yang sudah bertaraf Internasional atau FIFA. Bila ada kesempatan, kalian dapat mengunjungi stadion ini, Pins!

Baca juga:

Stadion Indonesia Berstandar FIFA

Berikut daftar 14 stadion Indonesia yang memenuhi standar FIFA. Artinya stadion-stadion ini dapat digunakan dalam pertandingan Internasional.

NoNama Stadion
1Stadion Gelora Bung Karno
2Gelora Bandung lautan Api
3Satidon Utama Palaran
4Stadion Aji Imbut
5Stadion Utama Riau
6Stadion Utama Gelora Bung Tomo
7Stadion Mugowoharjo
8Stadion Sriwijaya
9Stadion Patriot
10Stadion Pakansari
11Stadion Si Jalak Harupat
12Stadion Manahan
13Stadion I Wayan Dipta
14Jakarta International Stadium
Tabel 14 Stadion Indonesia Standar FIFA

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno
(The Stadium Guide)

Salah satu stadion termegah di Indonesia dan merupakan stadion yang dapat menampung banyak penonton adalah Stadion Gelora Bung Karno, stadion ini juga menjadi masrkasnya PSSI.

Stadion ini adalah stadion Indonesia yang sudah berstandar FIFA, atau sudah masuk ke stadion internasional.

Tidak hanya stadionnya saja yang sudah masuk skala Internasional, akan tetapi komplek olahraga yang berada di dalam stadion juga telah masuk taraf internasional.

Pada tahun 1955, stadion ini mulai dibangun, dan selesai di bangunya adalah tahun 1962. Sebelum stadion ini di renovasi besar-besaran, kapasitas penonton yang dapat di tampung oleh stadion ini mencapai 100.000 penonton.

Setelah dilakukan renovasi besar-besar, saat ini Stadion Gelora Bung Karno hanya menampung penonton sekitar 77.000 saja.

Gelora Bandung Lautan Api

(Wikipedia)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api adalah stadion baru yang menjadi kandang Persib Bandung. Salah satu yang menjadikan stadion ini bertaraf Internasional adalah rumput yang digunakannya.

Tipe rumput yang digunakan pada stadion ini adalah rumput yang berjenis Zoycia Matrella [Linn] Merr, salah satu rumput kelas satu standar FIFA

Pada tahun 2014, stadion ini sudah dijadikan homebase untuk Maung Bandung. Stadion ini mampu menampung peonton kurang lebih 38 .000 penonton.

Stadion Utama Palaran

Stadion Utama Palaran
(Tribun News)

Stadion Utama Palaran dibangun pada tahun 2005 yang terletak di Samarinda, Kalimantan Timur. Klub Persisam dulu telah menjadikan Stadion Utama Palaran sebagai kandang mereka.

Daya tampung yang dapat dicapai oleh stadion ini mencapai 55.000 sampai 60.000 penonton. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun stadion megah ini kurang lebih mencapai 800 miliyar.

Salah satu prestasi yang di dapatkan oleh stadion ini adalah PSSI pernah menunjuk stadion ini untuk menjadi ajang pertandingan 8 besar divisi utama liga indonesia.

Stadion Aji Imbut

Stadion Indonesia Berstandar FIFA
(NYSN Media)

Kandang Mitra Kukar ini mampu menampung penonton sebanyak 35.000 orang. Stadion ini terletak di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Tipe stadion ini adalah tipe olimpik. Stadion ini memiliki fasilitas yang bagus dan memadai serta menjadi salah satu stadion yang bertaraf internasional.

Selain bertaraf internasional, stadion ini juga sering disebut stadion yang berkonsep mewah ala negara-negara timur tengah.

Baca juga: Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Bagian-Bagiannya

Stadion Utama Riau

stadion utama riau
(Wikipedia)

Bangunan megah ini pertama kali dibangun pada tahun 2009. Stadion Utama Riau memiliki kapasitas yang cukup luas yaitu mencapai 44.000 penontn.

Letaknya sendiri berada di kawasan Universitas Riau. Pada ajang pembukaan Pekan Olahraga Nasional atau PON VIII dan juga kualifikasi Piala Asia menggunakan stadion Utama Riau.

Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Indonesia Berstandar FIFA
(Times Indonesia)

Stadion Gelora Bung Tomo adalah stadion yang dijadikan kandang oleh klub persebaya. Stadion ini berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Kapasitas yang dimilki oleh stadion ini mencapai 55.000 sampai 60.000 penonton.

Karena stadion ini begitu luas dan megah, maka lampu yang digunakan untuk menarangi stadion ini sebesar 1600 lux.

Dengan kekuatan lampu sebesar itu, maka tidak heran saat pertandingan malam, cahaya yang dihasilkan begitu terang sehingga nyaman untuk bermain.

Selain itu, jenis rumput yang digunakan untuk lapangan ini adalah jenis Zoycia matrella.

Stadion Mugowoharjo

Stadion Mugowoharjo
(My Jogja)

Salah satu klub yang berlokasi di Sleman, Jogjakarta yaitu PSSI Sleman menjadikan Stadion Maguwohara sebagai kandang mereka.

Rumput yang digunakan oleh lapangan ini adalah rumput yang sangat baik sehingga masuk dalam kategori A FIFA.

Stadion Maguwoharjo adalah salah satu stadion yang memiliki fasilitas lengkap dan sudah berstandar Internasional.

Pertama kali dibangun stadion ini adalah tahun 2005, dan pada tahun 2007 stadion ini direnovasi, karena pada tanggal 25 Mei 2006 stadion ini terkena dampak gempa bumi.

Konsep bangunan yang digunakan pada stadion ini adalah tipe modern dengan julukan ‘ mini san siro ‘ dengan ciri khas yang dimiliki oleh stadion ini memiliki 4 menara yang terletak di penjuru stadion.

Seperti halnya stadion yang berada di Eropa, stadion ini juga tidak memiliki lintasan atletik sehingga penonton merasa nyaman dan bisa lebih dekat dengan pemain.

Stadion Sriwijaya

Stadion Indonesia Berstandar FIFA
(Jakabaring Sports City)

Stadion Gelora Sriwijaya adalah stadion yang lebih dikenal dengan nama Stadion Jakabaring. Stadion ini adalah stadion terbesar di Indonesia yang bisa digunakan dengan multifungsi.

Letak stadion ini berada di Palembang, Sumatera Selatan dan menjadi salah satu stadion terbaik yang bertaraf internasional.

Pada tahun 2007 Klub Sriwijaya pernah meraih gelar juara Liga Indonesia dan stadion ini menjadi saksi kejuaraan klub tersebut.

Pada tahun 2018, Stadion Jakabaring pernah digunakan menjadi salah satu venue gelaran Piala AFF dan mewakili Nusantara sebagai penyelenggara.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Stadion Patriot

Stadion Patriot
(CNN Indonesia)

Pada tahun 1980 Stadion Patriot mulai dibangun. letaknya di daerah Bekasi dan pernah digunakan sebagai awal untuk pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat yang ke IV pada tahun 1984.

Setelah lama digunakan, maka stadion ini mulai direnovasi pada tahun 2012 dan pada tanggal 11 Maret tahun 2014 mulai diresmikan. Kapasitas yang dimiliki oleh stadion ini adalah 30.000 penonton.

Stadion ini pernah dijadikan sebagai kandang Klub Persipasi Bekasi dan Persija Jakarta juga pernah menjadikan stadion ini sebagai kandang sementara.

Stadion Pakansari

Stadion Indonesia Berstandar FIFA
(Tribunnewswiki)

Stadion Pakansari adalah salah satu stadion yang bertaraf internasional yang letaknya di daerah Cibinong, Bogor. Stadion ini dapat menampung penonton sebanyak 31.000 kursi. Pengerjaan yang dilakukan pada stadion ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun.

Stadion Pakansari pernah menggelar pertandingan Timnas Indonesia beberapa kali sejak awal berdirinya stadion ini.

Klub yang pernah menjadikan Stadion Pakansari sebagai kandang mereka adalah Persikabo Bogor dan PS TIRA/PS TNI.

Stadion Si Jalak Harupat

(Republika)

Bekas kandang Persib ini memiliki kapasitas 25.000 penonton. Saat ini, stadion yang terletak di Soreang ini sedang mengalami berbagai perawatan. Ini karena Stadion Si Jalak Harupat tengah dipersiapkan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-23 2023.

Baca juga: 13+ Teknik Dasar Sepak Bola yang Bisa Kamu Kuasai

Stadion Manahan

(Wikipedia)

Salah satu stadion terbaik di Jawa Tengah adalah Stadion Manahan. Stadion ini kini telah menjadi stadion berstandar FIFA. Dengan kapasitas penonton 20.000, Stadion Manahan juga dilengkapi dengan rumput berstandar FIFA.

Saat ini, stadion Manahan Solo sedang mengalami perawatan untuk menjadi venue di Piala Dunia U-23.

Stadion I Wayan Dipta

(Kompas)

Stadion yang terletak di Gianyar Bali ini juga jadi salah satu stadion berstandar FIFA di Indonesia. Dengan kapasitas 18.000 penonton, stadion  ini dilengkapi dengan fasilitas yang lumayan mumpuni.

Bahkan, saat ini stadion I Wayan Dipta sedang mempersiapan diri menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Jakarta International Stadium

(Tribun)

Stadion yang masih terbilang baru ini memiliki kapasitas sampai 82.000 penonton. Meskipun sempat terdengar kabar tidak lolos verifikasi, nyatanya stadion ini memenuhi standar yang ditetapkan FIFA.

Salah satu keunggulannya yang nampak adalah stadion ini menggunakan rumput dengan standar FIFA. Selain itu, tampilan stadion ini layaknya mirip seperti stadion-stadion yang ada di Eropa.

Saat ini Indonesia memiliki cukup banyak stadion dengan standar FIFA, namun sayangnya tidak sedikit di antara stadion tersebut tidak terawat dengan baik.

Semoga informasi tentang 14 stadion Indonesia berstandar FIFA ini bermanfaat.

Baca juga: Berikut Macam-Macam Olahraga yang Harus Kamu Ketahui


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Landmark Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Feature image source: IDN Times

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia