Green Gumuk Candi, Wahana, Lokasi, dan Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh ∙ 22 August 2018 ∙ 5 menit membaca

Banyuwangi memiliki berbagai destinasi wisata yang unik untuk dikunjungi, khususnya destinasi wisata alam. Salah satu wisata alam yang wajib untuk dikunjungi adalah Green Gumuk Candi Songgon Banyuwangi. 

Sesuai dengan namanya, tempat wisata menawarkan pemandangan hijau yang menyegarkan dari atas bukit dan memiliki sebuah candi. Dari ketinggiannya kamu bisa melihat pemandangan hijau desa Songgon.

Area wisata ini juga memiliki tempat bersantai dari kayu. Dikelilingi pula dengan pepohonan tinggi sehingga menambah keasriannya.

Informasi Seputar Green Gumuk Candi Songgon Banyuwangi

Spot utama di lokasi ini berupa Songgon yakni kolam dengan bentuk melengkung lengkap dengan air mancur mini. Kamu bebas berenang di kolam tersebut tanpa batas waktu. 

Sambil bermain air, pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau dari ketinggian 650 mdpl. Terdapat tulisan ikonik Green Gumuk Candi di pinggir kolam yang begitu estetik.

Beberapa orang suka sekali berfoto di sekitar tulisan ikonik tersebut. Kolamnya sendiri memiliki konsep infinity pool sehingga langsung menghadap ke area perbukitan. 

Selain itu terdapat rumah pohon dan gazebo untuk bersantai. Dari sisi timur terdapat pemandangan biru berupa lautan. Kemudian ada Gunung Raung dan Gunung Ranti pada sisi barat.

Sementara sisi selatan terlihat pegunungan Tumpang Pitu yang menawan. Tempat ini dijadikan lokasi strategis untuk menanti matahari terbit maupun tenggelam.

Baca Juga :

Fasilitas Green Gumuk Candi Songgon Banyuwangi

(Pexels)

Jalan-jalan di tempat ini dijamin tidak akan bosan apalagi bila bersama keluarga. Kolamnya selalu terisi air bersih dan menyegarkan. Cocok untuk menghabiskan waktu selama musim kemarau tiba.

Ada berbagai fasilitas lainnya untuk menunjang liburan yang disediakan oleh pihak pengelola. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mushola lengkap dengan peralatan sholat berupa sajadah dan mukena
  • Kantin yang menyediakan aneka snack dan makanan instan seperti mie dan aneka minuman hangat serta makanan khas Banyuwangi
  • Saluran air bersih untuk mandi maupun dikonsumsi
  • Homestay atau penginapan bagi pengunjung yang berasal dari luar kota
  • Tersedia pula camping dan outbound area
  • Toilet umum
  • Area parkir kendaraan yang luas untuk berbagai moda transportasi
  • Spot foto instagenic
  • Gazebo dan tempat duduk yang langsung menghadap ke area hutan
  • Pusat informasi untuk mengetahui hal-hal seputar wisata dan penginapan

Wahana Permainan Green Gumuk Candi Songgon Banyuwangi

(Kompasiana)

Walaupun tergolong tempat wisata yang masih sangat asri namun jaringan listrik disini sudah sangat memadai. Wisata Green Gumuk Candi juga memiliki banyak spot foto menarik.

Kamu bisa berfoto mulai dari tepi kolam renang dan beberapa spot lainnya. Wahana permainan yang bisa dinikmati disini adalah gardu pandang, properti kayu, sayap burung, dan lain-lain.

Tersedia pula wahana sky bike atau sepeda angkasa. Wisatawan bisa menaiki sepeda diatas seutas tali di ketinggian. Disekeliling wahana ini terdapat banyak pohon hijau yang rindang dan terlihat jelas dari sepeda angkasa.

Soal keamananya tak perlu diragukan lagi. Ada pendamping yang siap mendampingi sehingga aman untuk semua kalangan. Kamu juga bisa memacu adrenalin untuk sampai mengayuh sepeda hingga ujung pos.

Mayoritas material yang digunakan pada setiap wahana terbuat dari bambu. Bambu-bambu ini diikat dengan tali karet dan ada pula yang dibentuk menyerupai matahari sebagai spot foto pengunjung.

Lokasi Green Gumuk Candi Banyuwangi

Green Gumuk Candi Songgon Banyuwangi terletak di Dusun Gumuk Candi, Desa Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Dusun tersebut memiliki sejarah tersendiri sehingga disebut Gumuk Candi. 

Menurut orang jaman dahulu, di dusun tersebut terdapat gundukan batu menyerupai candi untuk tempat persembahyangan. Sejak itu tempat ini kerap dikunjungi banyak orang.

Baca Juga : Kawah Ijen Banyuwangi

Rute Menuju Green Gumuk Candi Banyuwangi

Tempat wisata ini bisa kamu jangkau oleh kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika dari pusat kota membutuhkan waktu perjalanan selama 1 jam. 

Rute yang bisa dipilih adalah menuju Rogojampi. Usai menemukan perempatan di dekat kantor pos belok ke kanan hingga sampai di desa Songgon.

Setelah sampai di Pasar Songgon kamu bisa ambil jalan ke kanan di pertigaan sebelum Indomaret. Petunjuk menuju Green Gumuk Candi Songgon banyak tertera di sepanjang jalan sehingga tinggal ikuti saja.

Jika masih bingung kamu dapat mengikuti arahan dari Google Maps dibawah ini :

Harga Tiket Masuk Green Gumuk Candi Banyuwangi

(Travel Paket Wisata)

Harga tiket terbilang murah sebab setiap pengunjung hanya dikenai tiket sebesar Rp 5.000 g. Untuk harga karcis parkir motor ditetapkan senilai Rp 2.000 dan karcis mobil senilai Rp 5.000.

Jika ingin datang kesini sebaiknya persiapkan dari jauh hari. Ikuti beberapa tips dibawah ini :

  1. Kunjungi obyek wisata Banyuwangi ini di pagi hari sehingga bisa ada banyak waktu untuk beristirahat di lokasi
  2. Siapkan baju ganti sehingga bisa turut berenang. Pastikan kondisi tubuh dalam kondisi prima
  3. Siapkan uang lebih dan kamera untuk berburu spot cantik. Datanglah saat musim kemarau untuk menghindari hujan.
  4. Jangan lupa cicipi kopi asli daerah Gumuk Candi berupa varietas Robusta

Ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Bahkan ada papan berisikan himbauan bahwa yang nyampah akan kesulitan jodoh. Jadi selama di Green Gumuk Candi Banyuwangi bersikap sopan dan ikuti aturan yang ada ya!


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah