Bukit Indah Simarjarunjung Simalungun

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh pandu.pamungkas ∙ 20 January 2018 ∙ 5 menit membaca

Sumatera memang gudangnya wisata alam yang patut dikunjungi pecinta alam. Salah satunya adalah Bukit Indah Simarjarunjung. Bukit Indah Simarjarunjung menyuguhkan keindahan Danau Toba yang sangat menakjubkan. 

Dari ketinggiannya, kamu dapat melihat jelas pesona keindahan Danau Toba. Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di kawasan Asia dan menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera.

 Bukit Indah Simarjarunjung berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Pengunjung lebih suka menyebutnya dengan BIS. Jika kamu punya rumah di Medan pasti sering datang ke BIS.

(Wikimedia Commons)

Daya Tarik Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung menjadi wisata alam yang sangat favorit buat warga Medan dan sekitarnya. Ada banyak spot menarik dan aktivitas seru yang bisa kamu habiskan disini. 

Baca Juga :

Gardu Pandang

Kamu bisa berfoto di gardu pandang untuk menyaksikan indahnya alam perbukitan yang menghadap langsung ke Danau Toba. lokasi ini juga sering dijadikan latar foto prewedding.

Konsepnya hampir mirip dengan wisata alam di Jogja, yaitu wisata Kalibiru. Dari atas gardu selain dikelilingi jajaran pepohonan hijau juga ada Danau Toba yang menjadi landscape backgroundnya.

Dari ketinggian gardu pandang, Danau Toba terlihat terkadang berwarna biru namun sesekali juga menampakan warna hijau. Gardu pandang ini sendiri sudah dibuat sejak 2016 silam.

Biasanya pengunjung gemar mengambil foto disini menjelang matahari terbenam. Selain pemandangan danau ada pula hamparan kebun teh dan kopi serta area persawahan terlihat jelas dari gardu tersebut. 

Sepeda Gantung

Jika ingin merasakan aktivitas yang lebih menantang bisa mencoba sepeda gantung. Jadi ada sepasang sepeda yang ditarik dari ketinggian tertentu sehingga seperti melayang.

Mirip sekali dengan wahana yang ada di Maribaya, Jawa Barat. Selain sepeda kamu juga bisa menikmati perahu di atas ketinggian, meja dan kursi melayang.

Ada pula ayunan yang dibangun di atas bukit. Kamu akan merasakan sensasi berayun langsung mengarah ke danau. 

Spot Foto Buatan

(Pixabay)

Kamu juga bisa berfoto di spot-spot instagramable disini. Misalnya saja Panorama Indah Sipintu Angin, Pinus Hill Simarjarunjung, Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) Annex, Salsabila Hils dan Pesona Indah Simarjarunjung

Ada pula flying fox, tangan tengadah yang terbuat dari rotan serta patung kingkong 3D. Besarnya patung ini melebihi tubuh manusia dan sebagai tanda 

Rumah Pohon

Tersedia juga spot foto favorit berupa rumah pohon bagi para penggiat selfie. Ketika hari libur biasanya pengunjung semakin banyak, dan kamu harus rela mengantri untuk bisa naik rumah pohon tersebut.

Pengunjung menyebutnya dengan rumah pohon cinta sebab dari lokasi ini dapat melihat pemandangan khas hutan tropis yang romantis.

Dikarenakan berada di ketinggian dan dikelilingi pepohonan maka kawasan rumah pohon cenderung lebih dingin. Kondisi tubuh juga harus fit agar dapat menikmati segala keindahan di wisata Simarjarunjung ini.

Gunakan sweater atau pakaian yang cukup tebal apalagi jika kamu datang menjelang sore hari. Di sekitar tempat wisata juga banyak warung yang menyediakan beragam makanan khas karo.

Lokasi Bukit Indah Simarjarunjung Simalungun

(Wikimedia Commons)

Alamat Bukit Indah Simarjarunjung ini berada di Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Adapun jalan menuju Simarjarunjung cukup mudah yakni bila dari Medan bisa melewati Berastagi menuju ke arah parapat. Kamu bisa pula menuju arah Samosir. 

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Simalungun. Kemudian langsung menuju ke Jalan Simarjarunjung.  Kira kira dari kota Medan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 jam 30 menit.

Jika bingung kamu bisa mengikuti arahan dari Google Map dibawah ini!

Hati-hati dalam berkendara sebab jalan menuju area bukit cenderung menukik. Pastikan performa kendaraan optimal sehingga dapat menuju ke puncak bukit.

Kamu bisa menuju ke BIS dengan naik motor maupun naik mobil. Cek pula cuaca sebelum keberangkatan. Jika hujan jalannya akan lebih licin dan sulit untuk dilalui.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Bukit Indah Simarjarunjung Simalungun

Untuk bisa menikmati segala keindahan alam yang tersaji di wisata alam ini cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000/ orang. Bila membawa kendaraan roda dua dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 10.000.

Jika membawa kendaraan roda empat perlu membayar sekitar Rp. 30.000 per kendaraan. Kamu juga harus membayar biaya tambahan bila ingin berselfie di tiap-tiap spot foto yang disediakan di sana. 

Tarifnya sekitar Rp 5.000  per spotnya seperti di atas pohon cinta, I Love BIS dan perahu. Cek tabel dibawah ini untuk mengetahui tarif tiket masuk untuk semua wahananya !

Jenis TiketHarga Tiket
Pohon Cinta, Perahu, Bulan, I Love BISRp. 5.000
Wahana Sepeda Roda 2Rp. 20.000
Wahana BecakRp. 20.000
Wahana Sepeda Roda 2 Untuk 2 OrangRp. 30.000
Wahana Becak Untuk 2 orangRp. 30.000

Jam Operasional

Objek wisata ini dibuka setiap harinya bahkan saat tanggal merah. Jam operasionalnya mulai dari 07.00-19.00 WIT. jika ingin menginap disini tersedia penginapan dengan harga mulai dari Rp. 300.000-Rp. 400.000 per malamnya.

Tak jauh dari BIS kira-kira 10 meter terdapat sebuah cafe yang menyuguhkan pemandangan Danau Toba. Pengelola juga menyediakan mushola dan pondok peristirahatan di sekitar bukit.

Bukit Indah Simarjarunjung Simalungun merupakan objek wisata alam yang menyuguhkan pemandangan Danau Toba dari ketinggian. Kamu juga bisa berselfie di spot-spot instagramable-nya.


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah