Inilah Sosok Umar bin Khattab Sebelum Masuk Islam

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 18 February 2022 ∙ 3 menit membaca

Bagi Pins yang beragama Islam, tentu sudah mengetahui siapa itu Umar bin Khattab. Sosok ini merupakan salah satu sahabat nabi besar kita Muhammad SAW yang telah membantunya dalam menyebarkan agama Islam. Tak hanya itu saja, sosok Umar bin Khattab sebelum masuk Islam juga sudah dikenal sebagai pribadi yang cerdik, pemberani, dan tegas.

Berkat semua kelebihannya tersebutlah yang membuat sosok Umar bin Khattab sangat disegani oleh beberapa suku di Arab. Tak lupa dengan ketulusan dan kebaikan hatinya yang sangat mulia juga membuat nabi Muhammad sangat dekat dengannya. Bahkan, Umar adalah salah satu sahabat nabi Muhammad yang paling disayangi karena ketulusannya tersebut.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Umar bin Khattab sebelum masuk Islam, dan mengapa nabi besar kita Muhammad sangat menyayanginya? Berikut ini akan kami bahas secara lengkap.

Baca juga: Silsilah Umar bin Khattab dengan Nabi Muhammad

Umar bin Khattab Sebelum Masuk Islam

Umar bin Khattab Sebelum Masuk Islam
(Idn.times)

Sosok Umar bin Khattab sebelum masuk islam adalah seorang pemuda yang mandiri dan pemberani. Ketika Umar masih kanak-kanak, ia sudah diberi tanggung jawab oleh orang tuanya untuk memelihara domba dan unta, sebagaimana orang Quraisy pada umumnya. Umar ikut orang tuanya berdagang ke luar negeri.

Ketika Umar menginjak dewasa, ia sudah teruji keberaniannya. Dia pernah menjadi pemenang pacuan kuda di lapangan pasar Ukaz dan banyak lagi lomba-lomba yang pernah diikutinya. Umar memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki anak lainnya. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, ia sering menjadi duta dalam setiap peristiwa penting dengan suku-suku lain di tanah Arab.

Tak hanya itu saja, berkat keberaniannya Umar sangat disegani di suku-suku Arab. Berbagai suku di Arab bahkan memberi julukan kepada Umar sebagai \\\\\\\”Singa Padang Pasir\\\\\\\”. Kecerdikan yang dimilikinya dalam berdiplomasi Umar diberi julukan \\\\\\\”Abu Faiz\\\\\\\”. Umar juga diberi gelar atau julukan \\\\\\\”Al Faruq\\\\\\\”, karena tegas dalam memisahkan antara kebenaran dan kebatinan.

Karena keberanian dan kecerdikan Umar itulah Rasulullah berdoa untuknya: \\\\\\\”Ya Allah kuatkanlah agama Islam dengan salah satu dari dua Umar (Umar bin Khattab dan Amru bin Hisyam/Abu Jahal).

Sebelum masuk Islam, Umar sangat benci kepada ajaran Islam. Dia tidak segan-segan menyiksa keluarganya dari Bani \\\\\\\’Ad yang ketahuan memeluk ajaran Islam, sebagaimana yang dilakukan terhadap Labibah dan Zinnirah (keduanya adalah budak dari Bani \\\\\\\’Ad) karena keduanya tidak mau meninggalkan ajaran Islam. Begitu pula yang dilakukan kepada adiknya yang bernama Fatimah, karena ketahuan memeluk ajaran Islam.

Namun seperti yang kita ketahui sekarang, Umar akhirnya resmi memeluk agama Islam berkat ketulusan nabi Muhammas yang diberikan kepada Umar. Bahkan, nabi besar Muhammad SAW juga menjadikannya sebagai sahabat. Hingga kini, nama Umar bin Khattab masih diagungi dan bahkan dikenang sebagai tokoh Islam yang paling populer.

Demikianlah ulasan Pinhome tentang sosok Umar bin Khattab sebelum masuk Islam. Jika ingin mengetahui lebgih lanjut tentang sosok, sifat, serta akhir khayat Umar bin Khattab, Pins bisa membaca artikel di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Kabel Listrik Rumah Per Meter, Terlengkap! 

Setiap rumah pasti membutuhkan listrik untuk kebutuhan sehari-hari seperti lampu, AC, perangkat ele

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia