Inilah Sosok Umar bin Khattab Sebelum Masuk Islam

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ October 31, 2022 ∙ 3 menit membaca

Bagi Pins yang beragama Islam, tentu sudah mengetahui siapa itu Umar bin Khattab. Sosok ini merupakan salah satu sahabat nabi besar kita Muhammad SAW yang telah membantunya dalam menyebarkan agama Islam. Tak hanya itu saja, sosok Umar bin Khattab sebelum masuk Islam juga sudah dikenal sebagai pribadi yang cerdik, pemberani, dan tegas.

Berkat semua kelebihannya tersebutlah yang membuat sosok Umar bin Khattab sangat disegani oleh beberapa suku di Arab. Tak lupa dengan ketulusan dan kebaikan hatinya yang sangat mulia juga membuat nabi Muhammad sangat dekat dengannya. Bahkan, Umar adalah salah satu sahabat nabi Muhammad yang paling disayangi karena ketulusannya tersebut.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Umar bin Khattab sebelum masuk Islam, dan mengapa nabi besar kita Muhammad sangat menyayanginya? Berikut ini akan kami bahas secara lengkap.

Baca juga: Silsilah Umar bin Khattab dengan Nabi Muhammad

Umar bin Khattab Sebelum Masuk Islam

Umar bin Khattab Sebelum Masuk Islam
(Idn.times)

Sosok Umar bin Khattab sebelum masuk islam adalah seorang pemuda yang mandiri dan pemberani. Ketika Umar masih kanak-kanak, ia sudah diberi tanggung jawab oleh orang tuanya untuk memelihara domba dan unta, sebagaimana orang Quraisy pada umumnya. Umar ikut orang tuanya berdagang ke luar negeri.

Ketika Umar menginjak dewasa, ia sudah teruji keberaniannya. Dia pernah menjadi pemenang pacuan kuda di lapangan pasar Ukaz dan banyak lagi lomba-lomba yang pernah diikutinya. Umar memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki anak lainnya. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, ia sering menjadi duta dalam setiap peristiwa penting dengan suku-suku lain di tanah Arab.

Tak hanya itu saja, berkat keberaniannya Umar sangat disegani di suku-suku Arab. Berbagai suku di Arab bahkan memberi julukan kepada Umar sebagai \\\\\\\\\\\\\\\”Singa Padang Pasir\\\\\\\\\\\\\\\”. Kecerdikan yang dimilikinya dalam berdiplomasi Umar diberi julukan \\\\\\\\\\\\\\\”Abu Faiz\\\\\\\\\\\\\\\”. Umar juga diberi gelar atau julukan \\\\\\\\\\\\\\\”Al Faruq\\\\\\\\\\\\\\\”, karena tegas dalam memisahkan antara kebenaran dan kebatinan.

Karena keberanian dan kecerdikan Umar itulah Rasulullah berdoa untuknya: \\\\\\\\\\\\\\\”Ya Allah kuatkanlah agama Islam dengan salah satu dari dua Umar (Umar bin Khattab dan Amru bin Hisyam/Abu Jahal).

Sebelum masuk Islam, Umar sangat benci kepada ajaran Islam. Dia tidak segan-segan menyiksa keluarganya dari Bani \\\\\\\\\\\\\\\’Ad yang ketahuan memeluk ajaran Islam, sebagaimana yang dilakukan terhadap Labibah dan Zinnirah (keduanya adalah budak dari Bani \\\\\\\\\\\\\\\’Ad) karena keduanya tidak mau meninggalkan ajaran Islam. Begitu pula yang dilakukan kepada adiknya yang bernama Fatimah, karena ketahuan memeluk ajaran Islam.

Namun seperti yang kita ketahui sekarang, Umar akhirnya resmi memeluk agama Islam berkat ketulusan nabi Muhammas yang diberikan kepada Umar. Bahkan, nabi besar Muhammad SAW juga menjadikannya sebagai sahabat. Hingga kini, nama Umar bin Khattab masih diagungi dan bahkan dikenang sebagai tokoh Islam yang paling populer.

Demikianlah ulasan Pinhome tentang sosok Umar bin Khattab sebelum masuk Islam. Jika ingin mengetahui lebgih lanjut tentang sosok, sifat, serta akhir khayat Umar bin Khattab, Pins bisa membaca artikel di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia