Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Simak Tips Sehat Sebelum Menjalani Olahraga Saat Puasa

Kesehatan

Simak Tips Sehat Sebelum Menjalani Olahraga Saat Puasa

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Saat bulan Ramadan, seluruh umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama 30 hari. Pada saat berpuasa kita banyak kekurangan asupan makanan dan minuman dalam tubuh sehingga karbohidrat dan lemak yang tersimpan dalam tubuh akan habis, terlebih lagi saat kamu melakukan olahraga. Yuk, simak beberapa tips sehat bagi kamu yang ingin menjalani olahraga saat puasa!

Banyak dari Pins yang memanfaatkan momen ini untuk menurunkan berat badan. Tapi Pins tahu tidak jika berolahraga saat puasa dilakukan dengan tidak benar dapat berdampak buruk? Olahraga saat puasa akan menghabiskan sendiri kalori dan energi sehingga memperlambat metabolisme dalam tubuh.

Tips Olahraga Saat Puasa

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips sehat untuk melakukan olahraga saat puasa supaya ibadah tetap lancar, Pins.

Carilah waktu yang tepat

Pins bisa memilih waktu sebelum atau sesudah berbuka puasa. Karena setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda beda. Ada yang dapat melakukan olahraga dengan kondisi perut kosong ada juga yang harus dengan kondisi perut terisi. Jadi pahami kondisi tubuh kamu ya Pins!

Hindari resiko gangguan pencernaan akibat berolahraga di saat yang kurang tepat (pexels)

Jangan melakukan olahraga ketika perut kamu masih penuh ya, karena akan menyebabkan mual dan muntah. Maka dari itu berilah jeda 1 – 2 jam setelah makan.

Pilih jenis latihan yang akan kamu lakukan

Penting buat kamu untuk memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuh kamu sebelum dan sesudah kamu melakukan olahraga, karena ini juga dapat menentukan latihan apa yang sesuai untuk kamu. Seperti contohnya latihan kekuatan pada umumnya membutuhkan lebih banyak karbohidrat daripada kardio. Sementara kardio dapat dilakukan dengan konsumsi karbohidrat yang lebih rendah.

Sesekali, cobalah kardio ringan di sekitar rumah (pexels)

Sesungguhnya, intensitas olahraga yang disarankan pada bulan Ramadhan adalah dari yang ringan hingga sedang. Contohnya berjalan berkeliling, berlari santai, bersepeda, treadmill, dan renang.

Baca juga: Apakah Mandi Junub Saat Puasa Diperbolehkan?

Pilihlah makanan yang tepat setelah latihan untuk membangun atau mempertahankan otot kamu

Jangan asal asalan memilih makanan ya Pins, kamu tidak mau kan olahraga yang kamu lakukan menjadi sia sia? Maka dari itu Pins harus mengatur waktu latihan dan menu makanan yang tepat saat sahur atau berbuka, sehingga kebutuhan nutrisi kamu terpenuhi dengan baik. Contohnya, jika kamu melakukan angkat berat, penting buat kamu untuk mengonsumsi protein saat berbuka untuk membantu regenerasi otot kamu.

Usahakan memilih makanan yang seimbang supaya energi tetap stabil selama Ramadan (Unsplash)

Itu dia beberapa tips mengenai olahraga yang sehat saat berpuasa, berolahraga saat berpuasa memiliki banyak manfaat lho Pins. Diantaranya mudah membakar lemak, mengembalikan waktu biologis otot dan otak, meningkatkan produksi hormon testosteron, menurunkan depresi, meningkatkan kemampuan atletis dan masih banyak lagi. Yuk tingkatkan kesehatan kamu selagi berpuasa!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel