Pinhome

Kesehatan

Simak Tips Jauh dari Lalat dengan Ampuh!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Siapa sih yang gak terganggu dengan lalat, Pins? Bunyi dengung yang mereka hasilkan di dekat telinga, kelakuan mereka yang suka menghinggapi sampah kita lalu mengkontaminasi makanan, ditambah lagi penyakit yang mereka bawa. Duh, enggak banget deh! Mau tahu tips mengusir lalat dengan cepat dan efisien? Kali ini Pinhome akan jelasin strateginya!

Bukan hanya mengganggu, tapi lalat dapat membawa ratusan spesies bakteri yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia loh, Pins. Berdasarkan studi yang dilakukan di Nanyang Technological University di Singapura, patogen yang dibawa lalat dapat menyebabkan maag dan juga dicurigai sebagai faktor kanker lambung. Gak main-main ya kerugiannya!

Libas Habis Lalat Pada Seluruh Siklus Hidupnya

Supaya gak kerja berkali-kali dalam mengusir lalat, kamu perlu tau siklus hidupnya, Pins! Lalat dewasa bertelur di benda organik yang lembab (seperti sampah atau kotoran hewan), lalu hanya dalam sehari telurnya bisa berubah jadi larva. Tahu gak kalau lalat sekali bertelur bisa bertelur lebih dari 150 telur? Aduh, pusing banget kalau semuanya bertelur di rumah kamu!

Larvanya atau yang lebih kita kenal sebagai belatung nanti berpindah ke tempat yang kering untuk berubah menjadi pupa setelah mengalami proses ganti kulit. Pupa atau kepompong hidup dan mengembangkan sayap, kaki, dan beberapa bagian tubuh dewasa lainnya, kemudian jadi lalat dewasa yang siap bertelur lagi.

Di iklim tropis seperti di Indonesia ini, lalat bisa berkembang biak dengan cepat. Misalnya seekor lalat dewasa bisa hidup 15-30 hari, kemudian sekali bertelur menghasilkan ratusan telur. Jadi tahu kan kenapa banyak lalat di rumah kamu? Supaya bisa mengusir lalat dengan ampuh, kamu perlu menghancurkan siklus perkembangbiakannya, yaitu dengan membasmi banyak lalat dewasa. Caranya? Akan Pinhome bahas dibawah ini!

Tips dan Trik Mengusir Lalat

#1 Gunakan Fly Trap

Pernah lihat lampu menyala-nyala dengan banyak lalat atau serangga mati di bawahnya, Pins? Itulah Fly Trap atau Perangkap Lalat. Dengan lampu UV (biasanya biru), lalat akan tertarik untuk masuk, dan saat mereka melakukannya, lalat akan mati tersengat listrik.

Lalat-lalat yang sudah mati juga akan menarik lalat hidup untuk masuk lagi. Ada dua versi flytrap yaitu fly trap indoor dan outdoor. Jangan pasang di dekat pintu dan jendela ya, sobat Pins! Nanti makin banyak lalat datang ke rumahmu karena tertarik dengan lampu UV biru dari Fly Trap tersebut.

#2 Tanam Tanaman Anti Lalat

Kalau kamu memiliki lahan atau taman di rumahmu, kamu bisa menanam beberapa tanaman pengusir lalat, seperti kemangi, daun salam, lavender, nasturtiums, dan mint. Selain itu kamu juga bisa membeli tanaman di pot dan menaruhnya di dalam sudut-sudut rumah, Pins.

#3 Pakai Lilin Citronella dan Kamper

Lalat gak suka bau citronella, kamper, dan asap. Kamu bisa pasang lilin citronella atau kamper di daerah rumahmu. Untuk lilin, kamu bisa pasang di meja makan atau ruang tidur, Pins. Sementara kamper bisa kamu sebarkan di bagian sudut-sudut rumah, terutama yang dekat dengan tempat sampah agar tidak dihinggapi lalat.

#4 Bersihkan Tempat Sampahmu Dengan Rajin dan Seksama

Dimana ada setumpuk sampah, pasti disana ada lalat. Lalat bisa bertelur di atas sampah, jadi kamu harus rajin membersihkan tempat sampahmu ya, Pins. Keranjang sampah dengan kotoran-kotoran yang menempel di pinggirannya saja sudah cukup untuk memanggil lalat datang. Bersihkan tempat sampahmu dengan rutin dan sering.

#5 Jaga Kebunmu Tetap Bersih

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, pastikan tidak ada kotoran mereka di kebunmu untuk mencegah lalat datang. Selain itu, selalu bersihkan kebun atau taman yang kamu miliki secara rutin supaya terhindar dari serangga lainnya.

#6 Pakai Semprotan Lalat (Insektisida)

Tips mengusir lalat yang terakhir adalah menggunakan semprotan lalat, Pins. Kamu bisa pakai insektisida untuk mencegah lalat kembali. Semprotkan insektisida pada daerah pintu masuk rumah, dan lalat akan mati.

Cara terbaik untuk mengusir lalat adalah dengan tidak melakukan hal yang memancing hinggapnya lalat, seperti meletakkan makanan di luar, sampah popok bayi yang menumpuk, atau bekas kotoran hewan. Enam hal diatas merupakan tips dan trik mengusir lalat dengan ampuh, semoga membantu sobat Pinhome, ya!

Baca juga 7 Cara Mengusir Lalat Dengan Ampuh

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel