Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Simak Cara Budidaya Ikan Nila dan Apa Saja Jenisnya

Hobi

Simak Cara Budidaya Ikan Nila dan Apa Saja Jenisnya

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Kamu berniat berbisnis ikan nila, Pins? Keputusan yang tepat! Bukan hanya dapat menjadi sarana penyaluran hobi, budidaya ikan nila juga bisa jadi ladang bisnis untukmu, Pins. Budidaya ikan nila disukai karena ikan ini mudah dipelihara, cepat besar dan cepat berkembang biak.

Ikan nila juga dikenal kuat menghadapi hama dan penyakit. Bahkan dalam buku Budidaya Ikan Nila karya Yuli Andriani, ikan nila disebut-sebut sebagai “chicken fish”, karena seperti halnya ayam, ikan nila adalah ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Supaya semakin yakin untuk membudidayakan ikan nila, simak caranya dibawah ini!

Jenis Ikan Nila

Ikan Nila adalah ikan air tawar yang berasal dari sungai Nil dan terkenal karena memiliki daging yang enak dan tebal. Ada tiga macam ikan Nila, yaitu ikan nila biasa, nila merah, dan nila albino.

Cara Budidaya Ikan Nila

Pembudidayaan ikan nila yang bertumbuh dengan cepat dan sehat dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang perlu kamu perhatikan, Pins! Faktor internal yaitu dari dalam tubuh ikan nila itu sendiri, seperti keturunan, jenis kelamin, dan umur. Faktor eksternal atau luar tubuh yang mempengaruhi pertumbuhan ikan nila adalah makanan, jumlah populasi, parasit, penyakit, dan kualitas tempat tinggal.

Pilih Lokasi Yang Tepat
Lokasi yang bisa Pins pilih untuk pemeliharaan ikan nila bisa dari dataran rendah sampai agak tinggi (500 m DPL). Untuk persiapan kolam pemeliharaan, gunakan tanah liat/lempung. Tanah liat bisa menahan massa air yang besar dan tidak bocor. Kemiringan tanah juga perlu dibuat untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.

Kualitas air juga penting, Pins! Jaga kebersihan air, jangan sampai air keruh dan tercemar bahan beracun atau limbah pabrik. Air yang ditumbuhi plankton hijau kekuningan atau hijau kecoklatan masih bisa ditoleransi, namun plankton atau alga biru kurang baik untuk pertumbuhan ikan. Supaya merangsang pertumbuhan organisme yang baik, seperti ganggang, Pins bisa juga memberi pupuk kandang untuk kolam ikan nila.

Ikan nila juga tidak dapat berkembang biak di arus air yang deras. Selain itu, pH air juga sebaiknya kamu jaga, Pins. Nilai normal untuk ikan nila hidup adalah di angka 6 – 8.5 dengan suhu air 25-30 derajat Celcius.

Pilih Bibit Yang Unggul
Pemilihan bibit ikan nila dan induk yang unggul juga perlu diperhatikan supaya ikan nila kamu berkembang biak dengan baik, Pins. Berikut ciri induk dan bibit nila yang unggul:

  • Mampu bereproduksi dengan kualitas dan kuantitas tinggi.
  • Pertumbuhan cepat
  • Responsif terhadap makanan yang diberikan
  • Tidak mudah sakit
  • Mudah beradaptasi

Untuk menjaga kualitas ikan nila di kolammu, Pins juga dapat melakukan pemijahan sendiri dengan memilih ikan nila jantan dan betina untuk proses pembibitan. Kamu pun harus memperhatikan dengan seksama proses perkembangbiakan ikan nila tersebut supaya larva ikan nila tetap terjaga hingga berukuran 2 – 3 cm di kolam pendederan. Setelah siap, lakukan penebaran benih ikan nila seperti biasa secara merata. Idealnya, untuk budidaya ikan nila, Pins harus menyiapkan kolam khusus bagi masing-masing proses di atas. Inilah keunggulan budidaya ikan nila, karena ikan jenis ini dapat dibudidayakan di kolam terpal sekalipun.

Beri Pakan Yang Berkualitas
Jika sobat Pins memberi pupuk, di kolam nila akan tumbuh binatang-binatang seperti plankton, cacing, siput, jentik nyamuk, dan lain-lain. Binatang-binatang ini bisa menjadi makanan ikan Nila. Namun, pemberian pelet pada ikan nila juga dianjurkan, dengan pelet yang mengandung protein 30-40%. Kamu juga bisa menambahkan kuning telur pada peletnya. Unsur-unsur gizi yang dibutuhkan oleh ikan adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Pemberian vitamin dan suplemen tambahan yang mengandung vitamin E dan C juga disarankan.

Lokasi, bibit, dan pakan merupakan tiga hal yang perlu kamu perhatikan saat membudidayakan ikan Nila. Kalau kamu masih baru belajar, jangan malu untuk bertanya kepada peternak ikan yang lebih berpengalaman, sobat Pins!

Baca juga: Kamu Suka Ikan Nila? Kenali Bahayanya Bagi Kesehatan

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel