BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Motif Cat Kamar yang Unik dan Menarik
0
0

10 Motif Cat Kamar yang Unik dan Menarik

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 28, 2024

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamar adalah salah satu ruangan penting di dalam rumah. Selain sebagai tempat untuk beristirahat, kamar sering digunakan sebagai tempat bersantai atau menyendiri ketika Pins  membutuhkan privasi. Bosan dengan warna cat kamarmu yang hanya itu-itu saja? Jangan khawatir, di sini Pinhome akan memberikan pilihan motif cat kamar yang unik dan menarik untuk kamu dan cara pengaplikasiannya!

Kamu dapat memiliki rumah minimalis yang bagus di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Bila kamu berencana untuk membangun rumah menggunakan KPR, kamu dapat mengetahui biaya estimasi pembangunannya terlebih dahulu loh di Kalkulator KPR.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Kamar

Motif Cat Kamar yang Unik dan Menarik

motif cat kamar unik
Source : Pinterest

Memiliki kamar yang bagus adalah keinginan semua orang. Mulai dari luas ruangan hingga interior dapat mendukung kenyamanan ruangan penting yang satu ini. Oleh karena itu banyak sekali orang yang membuat kamarnya berpenampilan bagus, salah satunya dengan mengubat dinding kamar. 

Jika Pins  ingin merombak tampilan kamar namun memiliki budget yang sedikit, merubah dinding kamar bisa menjadi alternatif yang cukup murah. Pins  bisa membuat dinding menjadi bermotif hanya dengan cat tembok lho!

Bagi Pins yang tertarik untuk merubah tampilan dinding kamar, yuk simak daftar motif cat kamar unik dan cara mengecat dinding yang unik pada ulasan di bawah ini.

1. Motif Cat Kamar Batu Bata

Source : Houzz

Jika kebanyakan orang memiliki dinding bermotif batu-bata dari wallpaper dinding, ternyata motif yang satu ini bisa dibuat sendiri lho di rumah! Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pins  bisa menggunakan spons busa berbentuk balok sesuai dengan ukuran batu-bata sesungguhnya. 

Jangan lupa untuk menyiapkan cat berwarna lain sebagai warna dasarnya. Jika dinding sudah dilapisi dengan cat yang akan dijadikan sebagai dasar, Pins  bisa mulai membuat motif batu-bata menggunakan spons busa yang telah disiapkan. 

Celupkan permukaan salah satu sisi balok ke dalam cat, celupkan sampai sisi tersebut penuh dengan cat. Jika sudah, Pins  bisa menempelkannya ke tembok dengan membuat ilusi susunan batu-bata.

Jangan lupa untuk menggandakan tembok dengan pensil agar susunan batu bata yang Pins buat lurus dan rapi.

2. Motif Cat Kamar Unik Polkadot

motif cat kamar unik
Source : Pinterest

Polkadot adalah salah satu motif yang sering digunakan, entah pada pakaian, tas bahkan hingga dijadikan sebagai motif pada dinding. Model cat tembok unik yang satu ini biasanya dilakukan dengan menggunakan cetakan berbentuk bulat kecil-kecil. 

Namun jika Pins tidak memilikinya, Pins  bisa menggunakan benda lain lho! Sama seperti dinding bermotif batu bata, Pins bisa menggunakan spons busa atau bekas tissue gulung sebagai alat mengecat. Pins  bisa memotong spons busa menjadi berbentuk lingkaran kecil. 

Setelah spons dipotong bulat, Pins  bisa mencelupkan salah satu sisi spons ke dalam cat yang kemudian ditempelkan ke dinding untuk membuat motif polkadot.

Sebelum membuat motif polkadot pada dinding, sebaiknya Pins mengecat dinding kamar dengan warna dasar terlebih dahulu agar membuat motif polkadot menjadi lebih kontras pada dinding.

Baca juga: Menggunakan Dinding Rumah Bersama, Untung atau Rugi?

3. Dinding Bermotif Garis Abstrak

Source : Pinterest

Meski terdengar sederhana, motif cat kamar unik ini telah banyak digunakan lho pada dinding kamar. Cara mengecat dinding yang unik ini pun cukup sederhana, hanya memerlukan lakban dan gunting. Sebelum mengecat, tempelkan lakban membentuk garis-garis abstrak sesuai dengan keinginan Pins.

Pastikan tempelan lakban sudah terpasang rapi dan sesuai yang Pins  rencanakan. Jika sudah terpasang dengan rapi, Pins  bisa memulai kegiatan mengecat. Warna yang Pins pilih harus berbeda dengan warna cat pada dinding sebelumnya. 

Hal ini untuk membuat motif garis lebih kontras dan terlihat pada kamar. Usahakan untuk mengecat dengan satu arah. Jika cat telah selesai dan kering, Pins bisa mulai membuka lakban satu persatu.

Baca juga: Tips & Trik Ini Akan Ringankan Pekerjaan Mengecat Warna Rumah Kamu!

4. Dinding Bermotif Garis Arsir

motif cat kamar unik
Source : Pinterest

Motif cat kamar unik ini kini banyak diaplikasikan pada motif-motif wallpaper dinding. Padahal motif yang satu ini bisa dibuat sendiri lho! Cara mengecat dinding yang unik ini pun tidak sulit. Pins dapat menggunakan kemoceng untuk membuat motif arsir pada dinding kamar. 

Pertama, Pins hanya perlu mengecat dinding kamar seperti biasa. Setelah selesai, sapukan kemoceng pada dinding yang baru saja dicat.

Usahakan untuk menyapukan dinding dalam keadaan cat setengah basah supaya arsiran dapat terbentuk dengan lebih mudah. Jika sudah selesai, Pins hanya perlu membiarkannya hingga mengering.

5. Dinding Bermotif Floral atau Daun

Source : Pinterest

Siapa bilang memiliki dinding kamar dengan motif floral atau bunga hanya bisa dilakukan dengan menggunakan wallpaper dinding? Pins bisa membuatnya sendiri hanya dengan cat dinding lho! Pins bisa membeli cetakan berbentuk bunga di toko perlengkapan rumah atau online shop. 

Kemudian, Pins hanya perlu mengecatnya dengan warna yang berbeda pada warna dasar dinding yang telah dicat sebelumnya. Usahakan untuk berhati-hati saat membuat motif agar tidak keluar garis cetakan. Hal ini supaya motif dapat terbentuk dengan rapi saat cat telah kering.

Baca juga: Mengenal Jenis Hingga Harga Model Wallpaper Dinding Rumah

6. Dinding Bermotif dengan Roller Cat 

motif cat kamar unik
Source : Pinterest

Saat ini peralatan tukang semakin berkembang lho! Tidak hanya pada alat-alat mesin, salah satunya juga pada roller cat. Alat yang satu ini telah banyak dijual baik pada toko perlengkapan rumah, toko bangunan maupun online shop

Alat yang satu ini juga tersedia dengan berbagai ukuran dan motif, jadi Pins tidak perlu khawatir jika alat ini hanya memiliki satu motif saja. Demi mendapatkan model cat tembok unik, Pins  tidak perlu kesulitan dalam membuatnya. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah sama dengan menggunakan roller cat biasa. Pins cukup mencelupkan roller ke dalam cat dan menempelkannya ke dinding.

Usahakan untuk memilih warna cat yang lebih terang atau lebih gelap dibandingkan warna cat dasar pada dinding agar warna motif lebih kontras.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan dan Mewah

7. Motif Cat Kamar Warna-Warni

Source : Pinterest

Kamu dapat menciptakan motif cat kamar yang unik dan menarik dengan membuatnya menjadi penuh warna-warni. Pilihlah warna-warna yang cerah untuk menghasilkan warna cantik seperti pelangi. Kamar kamu akan terlihat indah!

8. Dinding Bermotif Garis Berjarak

Source : Pinterest

Inspirasi selanjutnya adalah dengan mewarnai dinding dengan motif garis berjarak. Motif satu ini harus kamu buat dengan 2 perbedaan warna agar hasil perbedaan garisnya terlihat. Gunakan warna yang kontras agar perbedaannya terlihat.

Buatlah garis tersebut berjarak dengan jarak yang sama besar dan lebar yang sama lebar.

Baca Juga: Warna Cat Dinding Bisa Mempengaruhi Mood, Fakta atau Mitos?

9. Motif Cat Kamar Ombre

Cat kamar unik
Source : Okezone Lifestyle

Ombre merupakan efek gradasi warna dari warna yang lebih gelap sampai warna yang lebih terang. Biasanya warna yang digunakan masih senada dan kamu bisa menyusun gradasinya sesuai dengan keinginan kamu. Bisa vertikal dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas, horizontal dari kiri kanan atau kanan ke kiri, maupun diagonal.

Tembok kamar unik dengan teknik ombre semacam ini dapat kamu mainkan dengan elemen rumah lainnya untuk menimbulkan efek dramatis

10. Dinding Bermotif Stencil

Cat kamar unik
Source : Shopee

Stensil ini akan membantu mewujudkan nuansa tertentu yang kamu inginkan di dalam kamar tidur. Jika kamu ingin mengaplikasikan pola yang lebih kompleks, kamu bisa gunakan teknik stenciling ini Pins.

Pola kompleks yang biasanya terdiri dari banyak elemen seperti titik, garis lurus, garis yang berkelok-kelok, asimetris, atau pola – pola bentuk lain seperti bunga, wajik, daun-daunan dan bentuk populer lainnya. Untuk penerapannya, buatlah cetakan pola lalu gunakan sebagai alat bantu untuk mengecat pola.

Itu dia beberapa motif cat kamar yang unik dan menarik yang dapat menjadi referensi kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: RonaGriya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download