BlogLifestyleEdukasiSholawat Munjiyat, Makna, Manfaat Hingga Tulisan Latinnya
0
0

Sholawat Munjiyat, Makna, Manfaat Hingga Tulisan Latinnya

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
solattop-right-banner

Shalawat merupakan doa untuk Nabi Muhammad SAW dan sekaligus doa untuk diri sendiri bagi pembacanya. Dan tentunya kita sudah tahu bahwa shalawat memiliki berbagai macam fadhilah (keutamaan). Ada banyak macam shalawat salah satunya yaitu shalawat Munjiyat (penyelamat). 

Pinhome – Sobat Hijrah, sudahkah kamu mendengar tentang sholawat munjiyat? Apa sebenarnya sholawat munjiyat dan keutamaannya? Lalu, seperti apa bacaan sholawat munjiyat? Yuk simak penjelasannya di bawah ini,.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Hajat Yang Mustajab

Apa itu Sholawat Munjiyat?

Source : GoBekasi

Shalawat munjiyat berarti shalawat penyelamat yang berarti dengan membaca sholawat munjiyat ini, maka yang membaca shalawat munjiyat berharap agar dapat selamat dari segala musibah yang sedang atau akan menimpanya dan dikeluarkan dari kesulitan yang sedang dihadapinya. Baik kesulitan dalam hal materi maupun ekonomi dan kesulitan mental ataupun fisik.

Baca Juga: Bacaan Doa Solat Istikharah Jodoh Lengkap Dengan Bacaan Setelah Solatnya

Singkatnya shalawat munjiyat mempunyai fadilah atau keutamaan untuk mendatangkan hajat dan keselamatan serta meninggikan derajat bagi pembacanya.

Lalu, apa sih keutamaan dan sholawat munjiyat ini? 

Keutamaan Membaca Sholawat

Source : Republika

Rajin membaca selawat mampu mempermudah dikabulkannya doa serta hajat yang sedang diinginkan oleh seseorang. Selain itu, perintah membaca selawat pun tercantum dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS. Al-Ahzab: 56)

Di antara banyaknya selawat kepada baginda Rasul, salah satunya adalah shalawat munjiyat yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan. Seperti apa bacaan Sholawat Munjiyat? 

Bacaan Sholawat Munjiyat

Source : Correcto

Berikut ini merupakan bacaan shalawat munjiyat lengkap dengan artinya:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-hajati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa biha aqshal-gaayaati min jami’il-khairaati fil-hayati wa ba’dal-mamaati

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.

Sejarah Sholawat Munjiyat

Bacaan Shalawat Munjiyat disebut berasal dari sebuah peristiwa yang dialami oleh salah satu orang ‘arif yang kemudian dalam kitab al-Fajr al-Munir fi as-Shalat ala al-Basyir wa an-Nadzir, disebutkan bahwa orang arif yang dimaksud adalah salah satu pemuka tarekat Syadziliyah, yakni Syekh As-Shalih Musa ad-Dharir.

“Syekh Shalih Musa ad-Dharir rahimahullah mengabarkan kepadaku bahwa beliau mengendarai perahu, lalu berkata: “Badai yang dikenal dengan sebutan Aqlabiyah menyerang kami, sangat sedikit orang yang selamat dari tenggelam sebab badai tersebut. Manusia berteriak karena khawatir akan tenggelam.

Lalu aku diserang rasa kantuk, hingga akhirnya aku tertidur. Dalam mimpi Aku melihat Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: ‘Katakan pada penumpang perahu, agar mereka membaca selawat berikut:

‘Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât.’ 

Lalu aku terbangun dan aku beritakan pada penumpang perahu tentang mimpi yang aku alami, kami pun membaca selawat tersebut, dan ketika mencapai sekitar bilangan 300, badai pun reda,” (Syekh Umar bin ‘Ali bin Salim al-Fakihani, al-Fajr al-Munir fi as-Shalat ala ala al-Basyir wa an-Nadzir, hal. 25)

Apa Hukum dari Membaca Sholawat Munjiyat?

Source : Bincang Syariah

Membaca shalawat menjadi salah satu amalan dengan banyak berkah dan keutamaan Akan Tetapi, para ulama sendiri ternyata tidak satu suara terkait hukum membaca shalawat. Para ulama berbeda pendapat terkait hukum membaca shalawat, apakah wajib, sunnah, ataupun mubah.  Ada 10 kelompok yang memberikan pendapat mengenai hukum bershalawat. Apa sajakah itu?

Kelompok pertama menyatakan bahwa hukum membaca shalawat adalah sunnah. Salah satu ulama yang mendukung pendapat ini adalah Ibn Jarir at-Thabari. At-Thabari menyebutkan bahwa pendapat ini sudah menjadi kesepakatan para ulama.    

Kedua, pendapat yang menyebutkan bahwa hukum shalawat adalah wajib tanpa ada batasan apa pun. Salah satu pendukung pendapat ini adalah Ibn al-Qishar. 

Ketiga, pendapat Abu Bakr al-Razi, salah satu ulama Hanafiyah, dan Ibn Ḥazm yang menyebutkan bahwa hukum shalawat adalah wajib, sebagaimana wajibnya kalimat tauhid, yang harus diucapkan pada waktu melakukan shalat wajib dan shalat sunnah. Pendapat ini juga didukung oleh al-Qurthubi dan Ibn ʽAthiyyah.

Keempat, pendapat Imam al-Syafiʽi dan para pengikutnya, yang menyebutkan bahwa hukum shalawat adalah wajib, namun hanya pada waktu duduk di akhir shalat (duduk tahiyyat akhir), antara ucapan tasyahud dan salam. 

Kelima, pendapat al-Syaʽbi dan Ishaq ibn Rahawaih, yang menyebutkan bahwa hukum shalawat adalah wajib pada saat tasyahud shalat.

Keenam, pendapat Abu Jaʽfar al-Baqir yang menyatakan bahwa hukum shalawat adalah wajib pada saat shalat tanpa batasan. Sehingga dalam pendapat ini shalawat bisa dibaca kapanpun, asalkan dalam keadaan shalat. 

Ketujuh, pendapat Abu Bakr bin Bukair, ulama Malikiyyah, yang menyebutkan bahwa diwajibkan memperbanyak shalawat tanpa batasan jumlah.    

Kedelapan, pendapat Imam al-Thahawi, Ibn ʽAraby, al-Zamakhsyari dan beberapa ulama lain, yang menyebutkan bahwa diharuskan membaca shalawat saat nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam disebutkan, ini sebagai bentuk kehati-hatian. Jadi saat ada yang menyebut nama Rasulullah kita diharuskan untuk membaca shalawat.    

Kesembilan, pendapat al-Zamakhsyari, yang menyebutkan bahwa wajib membaca shalawat satu kali di setiap majelis, walaupun dalam majelis itu, kita sering menyebut nama Rasulullah berulang-ulang.   

Kesepuluh, membaca shalawat diwajibkan dalam setiap doa yang kita panjatkan, hal ini juga disebutkan oleh al-Zamakhsyarî.  

Kapan Waktu Terbaik untuk Membaca Sholawat Munjiyat?

Menjadi salah satu wadah manusia dalam memohon doa, Shalawat Munjiyat biasanya dibaca sebagai awalan bacaan doa-doa, khususnya saat tahlil.

Sebagai selawat penyelamat, Shalawat Munjiyat yang dibaca di awalan doa akan menyempurnakan doa tersebut sehingga cepat terkabul atas izin Allah SWT.

Selain itu, usai melaksanakan salat hajat dianggap sebagai waktu terbaik untuk membaca Shalawat Munjiyat, apalagi saat kita sedang memiliki doa serta harapan agar hajat yang diinginkan dapat segera terpenuhi.

Itulah penjelasan lengkap tentang bacaan shalawat munjiyat lengkap beserta terjemahannya. Semoga dengan membacanya hajat yang kita inginkan dapat terlaksana dan selalu diberi keselamatan oleh Allah Swt, aamiin. 


Temukan beragam pilihan rumah, apartemen, atau tanah seperti tanah dijual di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download