Pinhome

  • Blog
  • Berita Pinhome
  • She Loves Tech Indonesia 2020 Fireside Chat: Indonesia’s Women in Tech

Berita Pinhome

She Loves Tech Indonesia 2020 Fireside Chat: Indonesia’s Women in Tech

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Harus diakui bahwa peranan perempuan di dunia startup & teknologi semakin meningkat dan perlu didukung. Tajuk inilah yang diusung oleh She Loves Tech Indonesia pada Jumat, 2 Oktober 2020. Bersama Dayu Dara Permata, CEO & Founder Pinhome yang juga menjadi Country Ambassador untuk She Loves Tech. Seperti apa? Simak artikel berikut ini!

Kompetisi startup teknologi terbesar di dunia dengan konsep dari dan untuk perempuan ini berlangsung 100% virtual, menampilkan 10 ide dan visi startup dari perempuan-perempuan hebat yang akan mewakili Indonesia di tingkat global nanti. Dara sendiri memberikan pandangannya mengenai peran perempuan Indonesia di bidang teknologi pada sesi Fireside Chat bersama dengan Svida Alisjahbana, CEO GCM Group dan Virginia Tan, Founding Partner Teja Ventures & Co-Founder She Loves Tech.

Mengawali diskusi, Dara menyorot sebuah data yang menyatakan bahwa ketika perempuan bekerja, mereka akan menginvestasikan 90% pendapatan mereka kembali ke keluarga mereka, baik digunakan untuk kebutuhan anak, pendidikan, kesehatan, dan bahkan bagi shelter yang membutuhkan. Fakta tersebut mengimplikasikan bahwa perempuan sadar dan tahu bagaimana harus berinvestasi di tempat yang tepat. Oleh karena itu, ketika perempuan membangun bisnis dan organisasi yang inovatif, maka kemajuan ekonomi, perluasan pasar, dan peningkatan pendidikan dan kesehatan bagi semua orang akan dapat tercapai. Sayangnya, masih terdapat sebuah tradisi dimana perempuan dalam keluarga Indonesia harus menghormati kodrat suami untuk mencari nafkah, dan sebagai gantinya, fokus menjadi ibu rumah tangga. Stigma inilah yang ingin dipatahkan oleh Dara, khususnya melalui teknologi.

Dara tumbuh dalam keluarga yang menjunjung tinggi nilai equality, dimana perempuan dan laki-laki harus diperlakukan dengan setara. Bebas, mandiri, dan bertanggung jawab adalah atmosfer yang tercipta di keluarga Dara dan hal itulah yang membuatnya jatuh cinta dengan dunia teknologi sejak dini. Ya, Dara menyukai bidang yang tidak identik dengan perempuan. Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini, perempuan masih dikotak-kotakkan dalam memilih karirnya, sehingga ketika ada perempuan yang ingin berkarir di bidang teknologi maupun properti, tidak banyak perempuan lain yang bisa dijadikan sebagai sosok inspirasi.

Nyatanya ada banyak perempuan, khususnya di Indonesia dengan cita-cita luar biasa yang ingin berkarir dan berkontribusi di bidang teknologi, namun belum diberikan kesempatan. Dara berharap agar perempuan dapat lebih diikutsertakan dalam komite, pemerintahan, atau bahkan industri dimana mayoritas anggotanya adalah laki-laki. Seperti halnya ketika ia membangun Pinhome, sebuah platform e-commerce untuk mempermudah transaksi properti masyarakat Indonesia secara gratis dan menyeluruh. Walaupun industri properti berbasis teknologi tidak lazim digerakkan oleh perempuan, Dara tidak takut dalam merealisasikan aspirasinya, karena ia yakin dengan potensi yang ia miliki dan nilai-nilai yang sudah tumbuh dalam dirinya sejak dini.

Work from home (WFH) di masa normal baru menjadi udara segar bagi para wanita karir yang bukan hanya memiliki tanggung jawab bagi perusahaan, tapi juga bagi keluarganya. Kini para ibu yang bekerja tidak perlu lagi galau mengambil keputusan sulit antara pergi bekerja ke kantor atau mengurus anak di rumah. Para super women bisa tetap menyelesaikan pekerjaan, mengurus anak dan suami secara bersamaan. Keren deh, Pins!

Perempuan sudah mulai diperhitungkan dan akan semakin diperhitungkan di berbagai sektor, khususnya teknologi. Jangan sampai sesuatu yang tidak lazim menghambat perempuan hebat Indonesia untuk semakin mengembangkan potensi yang dimiliki. Jadikanlah keunikan yang dimiliki menjadi nilai tambah untuk terus berkontribusi, berinovasi, dan mendisrupsi kemajuan teknologi Indonesia!


Nantikan terus event-event menarik Pinhome lainnya yang pasti bermanfaat dan menarik buat Pins. Sampai berjumpa lagi, Pins!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel