Pinhome

Uncategorized

Setelan Perawatan Harian Burung Cucak Ijo Juara

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Burung yang memiliki warna bulu yang full hijau ini saat ini sedang banyak digandrungi dikalangan pecinta burung tanah air. selain memiliki perawakan yang bagus burung cucak ijo memiliki suara/ kicauan yang gacor, ada beberapa karakter kicauan yang bisa dikeluarkan oleh cucak ijo diantaranya ngebren, ngekek, nembak, nyrecet, ngerol, dan lainnya. Sehingga tidak heran burung ini sering diperlombakan dalam ajang kejuaran antar kota, kabupaten, bahkan nasional.

Namun untuk menjaga postur badan burung cucak ijo anda agar tetap ideal, dan ingin tampil prima pada saat lomba. Hal ini tentunya tidak mudah, kita harus ekstra dalam pola perawatannya, kemudian dari segi pakannya yang harus seimbang. Ingin tahu bagaimana setelan harian burung cucak ijo juara?

Perawatan Dan Setelan Harian Burung Cucak Ijo Juara

Untuk perawatan hariannya burung cucak ijo tidak ada yang istimewa hampir sama dengan burung-burung kicau lainnya. simaklah berikut beberapa cara perawatan setelan harian burung cucak ijo :

  1. Setiap pagi burung harus dimandikan kemudian angin-anginkan di luar rumah sekitar 20-30 menit, waktu penjemuran bisa dilakukan pada pukul 08.00 – 11.00 itulah waktu yang paling bagus.
  2. Saat burung dalam proses penjemuran , pastikan burung cucak ijo anda tidak melihat burung sejenis atau burung lainnya, karena untuk menjaga kondisi burung tidak birahi.
  3. Berikan pakan jangkkrik 3 ekor pada cepuk EF, dan yang harus diingat adalah jangan memberikan jangkrik secara langsung. Karena kaki-kaki pada jangkrik sedikit tajam takitnya bisa menyakiti tenggorongan si burung.
  4. Setelah dijemur selama 20-30 menit selanjutnya angin-angin selama kurang lebih 10 menitan.
  5. Kemudian pada sore harinya burung cucak ijo di master dengan menggunakan CD master natural therapy plus atau cd master bird contest, tujuannya untuk melatih suara si burug.
  6. Sekitar jam 15.00 atau 16.00 burung diangin-angin kembali diteras depan rumah.
  7. Berikan pakan jangkrik atau pakan ekstra food lainnya seperti ulat hongkong atau kroto. Jangan memberiikan EF secara berlebihan karena dapat mengganggu kualitas dan performa burung ccak ijo.

Adapun untuk jenis makanannya, bisa disimak sebagai berikut :

1. Buah-buahan Segar

Buah-buah segar seperti pepaya, apel, pir, pisang, tomat sangat disukai burung cucak ijo.  Namun yang baik untuk dijadikan pakan cucak ijo adalah pepaya karena selain mudah untuuk dicerna, pepaya juga kaya vitamin C sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Voer

Voer yang cocok untuk cucak ijo juara yang kadar proteinnya sedang yaitu sekitar 12 %-18 %. Voer ini diberikan hanya sebagai pakan pelengkap kebutuhan nutrisinya.

3. Extra Fooding

Extra fooding bisa berupa jangkrik,  ulat hingkong, kroto, belalang, ulat bambu, orong-orong dan lain-lain.  Pemberian EF ini bertujuan untuk membantu tumbuh kembang si burung cucak. Untuk pemberiannya harus lebih diperhatikan karena untuk pemberian EF jenis ulat hongkong dan kroto. Jika pakan kroto dan ulat hongkong diberikan secara berlebihan justru akan meningkatkan suhu panas pada tubuh burung. Dengan begitu burung cucak ijo menjadi galak, dan burung menjadi over birahi.

Itulah beberapa Setelan Harian Burung Cucak Ijo Juara yang bisa kami share. Semoga memberikan manfaat terutaama bagi para penggemar dan pecinta burung cucak ijo.

Tags :

Bagikan Artikel