6 Serum Vitamin C Untuk Mencerahkan Kulit Terbaik 2021 - Pinhome

Pinhome

Rekomendasi Serum Vitamin C Untuk Mencerahkan Kulit

Dipublikasikan oleh Rhaniyah Ulfa ∙ 11 November 2021 ∙ 8 menit membaca

Vitamin C merupakan salah satu zat aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dalam sebuah serum vitamin C, zat aktif ini sering kali menjadi komponen utama, karena terbukti efektif mengatasi beberapa masalah kulit.

Vitamin C pada skincare memiliki beberapa manfaat penting yang antara lain, mencegah terjadinya penuaan dini, mencegah terjadinya reaksi negatif pada kulit akibat radikal bebas, polusi, dan juga sengatan matahari.

Serum Vitamin C mulai digemari di Indonesia setelah tren perawatan kulit dari Korea cukup sukses digemari. Ia juga terbukti mampu mencerahkan wajah, mengembalikan elastisitas wajah, dan merangsang produksi kolagen pada kulit.

Baca juga: 5 Rekomendasi Serum Wajah Untuk Kulit Kering Terbaik

Serum Vitamin C

Mengingat fungsinya yang sangat baik sebagai perawatan kulit wajah. Tentu, banyak produsen yang berlomba-lomba memberikan produk serum vitamin C terbaiknya ke pasaran.

Lalu apa saja sih rekomendasi serum Vitamin C yang terbukti efektif dan affordable? Ini dia rekomendasinya!

Azarine C White Lightening Serum

Azarine C White Lightening Serum
Klaim dan ManfaatIngredients
1. Mencerahkan kulit
2. Meratakan warna kulit
3. Menghidrasi kulit
4. Memperbaiki skin barrier
Aqua, Glycerin, Terminalia ferdinandiana (Kakadu Plum) fruit Extract, Carica Papaya Fruit Extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propanediol, Sodium Hyaluronate, Pachyrhizus erosus Root Extract*, Xanthan Gum*, DMDM Hydantoin, Portulaca oleracea Extract*, Fragrance, Allantoin, Niacinamide, Picea Abies Leaf Extract.

Harga: Rp 42.500,-

Serum dengan kandungan utama ekstrak buah Plum Hijau ini memiliki tekstur yang cukup thick, yaitu cenderung lebih kental, dan berwarna kuning keruh.

Ekstrak Plum Hijau dipercaya memiliki manfaat yang mampu mencerahkan kulit dan sebagai antioksidan. Serum vitamin C dari Azarine Cosmetics ini juga mengandung ekstrak buah Pepaya di dalamnya.

Manfaat ekstrak buah Pepaya dalam produk perawatan kulit adalah sebagai kandungan eksfoliasi alami. Enzim yang terkandung dalam ekstrak buah ini dapat meredakan inflamasi, mencegah timbulnya komedo akibat penumpukan sel kulit mati, dan juga mencegah timbulnya jerawat.

Baca juga: 15 Rekomendasi Serum Korea

Elsheskin Vitamin C Serum

Elsheskin Vitamin C Serum
Klaim dan ManfaatIngredients
1. Menjadikan kulit tampak lebih cerah
2. Menjaga kelembaban kulit
3. Melindungi kulit dari radikal bebas
Aqua, Ethyl ascorbic acid, Propylene glycol, PEG-400, Glycerin, Sodium citrate, Retinyl palmitate, Methylparaben, Citric acid, Disodium EDTA, Tocopheryl acetate, Cyclopentasiloxane, Dimethiconol, Ethylhexyl cocoate, Phenyl trimethicone, Dimethicone, Lecithin, Glycolipids, Caprylyl glycol, Sodium Metabisulfite, Carbomer, Potassium hydroxide, Xanthan gum.

Harga: Rp 250.000,-

Serum Vitamin C berikutnya masih dari salah satu brand lokal, yaitu Elsheskin. Dengan kandungan utama Ethyl Ascorbic Acid, membuat serum ini menjadi salah satu serum vitamin C yang cukup digemari dan naik daun.

Ethyl Ascorbic Acid merupakan salah satu turunan dari vitamin C yang paling stabil. Hal ini menjadikan serum ini lebih stabil dan tidak mudah teroksidasi ataupun mudah bereaksi ketika digunakan dengan skincare yang memiliki kandungan bahan aktif lain.

Tekstur dari serum ini juga cukup kental, tidak berbau, dan tidak berwarna. Produk yang tidak berwarna ini juga memudahkan kita untuk mengetahui masa kadaluarsanya. Sebab, jika ia mengalami oksidasi meskipun baru sedikit, warnanya akan cenderung lebih keruh.

Pastikan kamu menyimpan serum dengan kandungan bahan aktif seperti Vitamin C dan Niacinamide di bawah suhu 30°, agar tidak mudah teroksidasi, dan hindarkan produk-produk tersebut dari sinar matahari langsung ya, Pins.

Baca juga: 14 Rekomendasi Serum Anti Aging

Envygreen Intensive Vitamin C Serum

Envygreen Intensive Vitamin C Serum
Klaim dan ManfaatIngredients
1. Melembabkan kulit
2. Menyejukkan kulit
3. Mencerahkan kulit
4. Sebagai antioksidan
Water, Sodium Ascorbyl Phosphate, Aloe Vera Extract, Polyacrylate Crosspolymer-6, Glycerine, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin.

Harga: Rp 105.000,-

Masih merupakan turunan dari vitamin C, serum vitamin C yang satu ini mengandung Sodium Ascorbyl Phosphate yang tak kalah stabil. Bahkan, SAP ini mampu bertahan pada pH hingga 7 atau netral. 

Tekstur dari serum ini cenderung cair, memiliki aroma yang lembut dan tidak terlalu menyengat. Serum ini berwarna kuning namun transparan, ringan, dan cepat meresap pada kulit. Ia juga tidak meninggalkan rasa lengket setelah dibiarkan meresap.

Sayangnya, meskipun ia mengandung ekstrak Aloe Vera, ia masih terlalu kering ketika diaplikasikan pada kulit. Sehingga, untuk kulit yang cenderung kering, ada baiknya menggunakan hydrating toner terlebih dahulu ya, Pins.

Baca juga: 7 Rekomendasi Serum Wardah Sesuai Jenis Kulit

Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop
Klaim dan ManfaatIngredients
1. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV
2. Menstimulasi produksi kolagen
3. Memperbaiki tekstur kulit
4. Meratakan warna kulit
Water, Propylene Glycol, Ascorbic Acid(5%, Hydroxyethylcellulose, Centella Asiatica Extract, Citrus Junos Fruit Extract, Illicium Verum(Anise) Fruit Extract, Citrus Paradisi(Grapefruit) Fruit Extract, dll..

Harga: Rp 350.000,-

Mengandung 5% L-Ascorbic Acid, membuat satu serum vitamin C dari Klairs ini bisa dikatakan memiliki konsentrasi yang cukup tinggi. Mengapa begitu?

Ascorbic Acid merupakan pure Vitamin C yang kurang stabil dan sulit untuk diformulasikan. Karena ia merupakan kandungan murni, pada konsentrasi 5% hingga 20% ia terbukti mampu menstimulasi produksi kolagen, menyamarkan noda-noda gelap pada kulit.

Tekstur dari serum ini cair layaknya air, tidak berwarna dan tidak mengandung fragrance. Meskipun begitu, untuk kulit sensitif, kami tidak sarankan untuk langsung menggunakannya pada seluruh wajah ya, Pins. 

Karena vitamin C ini juga berpotensi mempercepat proses regenerasi sel, maka ada kemungkinan ia akan menimbulkan sensasi tingling juga saat dipakai, dan mungkin pada beberapa kasus dapat menimbulkan iritasi jika kulitnya tidak dapat mentoleransi.

Baca juga: 9 Rekomendasi Sheet Mask Korea Terbaik

Votre Peau Vitamin C Serum

Votre Peau Vitamin C Serum
Klaim dan ManfaatIngredients
1. Menghidrasi kulit
2. Mencerahkan kulit
3. Menstimulasi pembentukan kolagen
4. Menghambat pembentukan melanin yang bersifat abnormal
Water, Propylene Glycol, Ethyl Ascorbic Acid, Hydroxyethylcellulose, Salicylic Acid, Alcohol, Tocopheryl Acetate, Sodium Benzoate, Tetrasodium EDTA, Chlorphenesin, Fragrance.

Harga: Rp 250.000,-

Tergolong dalam minimal ingredients skincare, serum vitamin C dari Votre Peau ini mengandung Ethyl Ascorbic Acid. Seperti yang sudah author bahas sebelumnya, Ethyl Ascorbic Acid ini merupakan turunan vitamin C yang cukup stabil.

Tekstur dari serum ini mirip seperti gel yang cukup rich saat diaplikasikan pada kulit, berwarna putih, dan memiliki aroma citrus yang segar namun tidak terlalu menyengat.

Meskipun teksturnya cukup rich, ia belum terlalu menghidrasi terlebih untuk kulit yang kering. Ada baiknya dibarengi dengan penggunaan hydrating toner atau moisturizer.

Di dalam serum ini juga terkandung Salicylic Acid yang berfungsi sebagai mild exfoliator agar pori-pori semakin bersih, dan mengurangi timbulnya jerawat.

Baca juga: 15 Rekomendasi Pelembab Wajah Untuk Kulit Berjerawat

By Wishtrend Pure Vitamin C 21.5% Advanced Serum

By Wishtrend Pure Vitamin C 21.5 Advanced Serum
Klaim dan ManfaatIngredients
1. Mencerahkan wajah
2. Memperbaiki tekstur kulit
3. Meredakan kemerahan
4. Meratakan warna kulit
Hippophae Rhamnoides Water (70%), Ascorbic Acid (21.5%), Sodium Lactate, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate, Panthenol, Cassia Obtusifolia Seed Extract, Allantoin, Xanthan Gum, Ethyl Hexanediol

Harga: Rp 250.000,-

Seperti yang tertera pada ingredients list dari serum vitamin C dari By Wishtrend ini, ia mengandung 21.5% Ascorbic Acid yang adalah vitamin C murni.

Dapat dikatakan bahwa produk ini memiliki konsentrasi vitamin C yang sangat tinggi. Itulah mengapa, sangat dianjurkan untuk menyimpan produk ini dalam lemari pendingin. Hal ini perlu dilakukan karena semakin tinggi konsentrasi dari vitamin C, maka akan semakin mudah teroksidasi.

Tekstur dari serum ini cair, berwarna kuning terang, dan memiliki aroma citrus yang cukup lembut. Produk ini juga dilengkapi dengan pipet terpisah di dalam kemasannya. Produk ini juga cukup ringan dan mudah terserap pada kulit.

Untuk ukuran serum vitamin C dengan kandungan pure vitamin C, produk ini cukup melembabkan, bahkan mampu mengunci kelembaban pada kulit.

Baca juga: 4 Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Bruntusan

Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum

Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum
ManfaatIngredients
1. Mencerahkan noda hitam dan bekas jerawat
2. Melindungi kulit dari radikal bebas
3. Mencegah penuaan dini
Aqua/​Water, Glycerin, Alcohol, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, PEG/​PPG/​Polybutylene Glycol-8/​5/​3 Glycerin, Niacinamide, Hydroxyethylpiperazine Ethane Sulfonic Acid, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Isononyl Isononanoate, BHT, Linalool, Geraniol, Parfum/​Fragrance, Salicylic Acid, dll.

Harga: Rp 100.000,-

Lagi-lagi serum Vitamin C yang sedang naik daun yaitu Garnier Light Complete Vitamin C 30x Booster Serum. Sesuai dengan namanya, serum ini memiliki klaim mengandung brightening agent yang setara dengan 30x vitamin C.

Di dalam produk ini, terkandung pula niacinamide dan juga senyawa turunan dari vitamin C, dan bersifat lebih stabil. 

Tekstur dari produk ini hampir sama dengan serum yang lain, yaitu cair, berwarna putih keruh, dan memiliki aroma seperti lemon. Ia mudah menyerap, ringan, dan terasa segar setelah diaplikasikan.

Baca juga: 6 Garnier untuk Kulit Berminyak dan Berkomedo

Some By Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum

Some By Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum
ManfaatIngredients
1. Mencerahkan wajah
2. Melindungi kulit dari radikal bebas
3. Memperbaiki tekstur kulit
4. Mencegah timbulnya jerawat
5. Menyamarkan bekas jerawat
Citrus Junos Fruit Extract (82.37%), Niacinamide, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Propanediol, C12-14 Pareth-12, Water, Trehalose, C12-14 Pareth-7, Carbomer, Citrus Junos Peel Oil (1,500Ppm), Tromethamine, Ethylhexylglycerin, Adenosine, Coptis Chinensis Root Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Agrimonia Eupatoria Extract, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, dll.

Harga: Rp 185.000,- 

Serum Vitamin C terakhir yang akan kami bahas ini merupakan produk keluaran brand Korea nih, Pins!

Mengandung 80% ekstrak buah Yuzu, memiliki tekstur yang sedikit kental, namun akan langsung mudah diratakan saat diaplikasikan pada kulit. Serum ini mudah meresap, ringan, dan memiliki aroma citrus yang menyegarkan.

Serum ini terbukti ampuh mencerahkan wajah dan memperbaiki tekstur kulit, ekstrak Green Tea yang ada di dalamnya membuat ia mampu meredakan peradangan yang biasanya terjadi saat kulit berjerawat. 

Produk ini juga cukup melembabkan, serta membuat pori-pori tampak lebih samar. Sangat menarik bukan?

Demikianlah beberapa rekomendasi serum vitamin C terbaik untuk mencerahkan wajah. Bagaimana Pins, sudah memutuskan untuk membelinya? Apapun produknya, tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajahmu ya, Pins! Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel