Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Serba-serbi Renovasi Rumah Budget Murah, Simak Penjelasan Lengkapnya

Tips Properti

Serba-serbi Renovasi Rumah Budget Murah, Simak Penjelasan Lengkapnya

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 26 April 2021 ∙ 6 menit membaca

Renovasi rumah baik skala besar maupun kecil sangat penting demi mempercantik hunian. Rumah sebenarnya bukan sekadar tempat berteduh melainkan sebagai hunian yang penting untuk sebuah keharmonisan keluarga. Yuk intip renovasi rumah budget murah di bawah ini!

Pinhome – Tak heran jika di awal pembangunannya pun ada banyak pertimbangan mulai dari konsep rumah, lokasi, model atau tipe hingga penambahan desain.

Bisa dibayangkan jika Pins memiliki hunian yang nyaman, cantik, dan enak dipandang tentu akan membuat betah ketika di rumah. Belum lagi jika didalamnya terdapat berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sebuah kebahagiaan tersendiri bahkan menjadi surga dunia yang begitu didambakan banyak orang.

Demi mendapatkan itu semua, banyak orang hampir tiap tahun melakukan renovasi rumah baik menambah atau mengurangi. Tentu dengan konsep sesuai selera masing-masing. Pun juga dengan melakukan renovasi nilai rumah menjadi lebih tinggi dibandingkan tanpa perbaikan. Dan ini berpengaruh terhadap harga ketika nantinya rumah dijual.

Yang menjadi permasalahan, renovasi hunian tentu membutuhkan biaya tidak sedikit. Apalagi jika banyak bagian rumah yang perlu renovasi maka semakin mahal biayanya. Ditambah kini harga properti cenderung melonjak sehingga ada banyak hal yang harus Pins perhatikan sebelum akhirnya melakukan renovasi.

Tanda-tanda Pins Segera Memerlukan Renovasi Rumah

Sumber: SpaceStock

Ketika rumah sudah digunakan bertahun-tahun pasti tak kan seindah saat awal ditempati. Ini bisa Pins lihat dari adanya perubahan yang menjadi tanda hunian harus mulai renovasi. Setidaknya ada beberapa tanda Pins harus mulai melakukan renovasi rumah. Di antaranya adalah cat tembok luntur atau retak, hingga atap sering bocor.

Cat yang luntur atau retak menandakan bahwa tembok sudah lama dan belum ada sentuhan pembaruan. Dan ini jika dibiarkan akan membuat rumah Pins terlihat tidak indah. Pun juga membuat rumah menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, pikirkan untuk mengecat ulang tembok yang sudah usang tersebut agar terlihat baru.

Tak hanya itu, jika Pins memang berniat menjual rumah maka sebaiknya lakukan renovasi terlebih dahulu guna meningkatkan harga jualnya. Bisa dengan melakukan renovasi rumah di bagian tertentu seperti ruang tamu, teras, atau kamar tidur. Upayakan agar calon pembeli berani membeli harga mahal.

Namun, jika memang Pins merasa barang banyak tapi ruang terbatas, tak ada salahnya untuk mulai merenovasi. Misal dengan menambah ruang di bagian belakang atau memanfaatkan tempat kosong yang sebelumnya mangkrak. Ubah sesuai kreativitas Pins agar rumah menjadi lebih nyaman ketika ditempati tanpa harus merogoh kocek dalam.

Kenali Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Renovasi Rumah

Renovasi rumah budget murah
Sumber: Sakura

Sebelum Pins melakukan renovasi hunian sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini. Pasalnya merenovasi sebuah bangunan bukanlah perkara mudah dan tidak boleh sembarangan. Di antara hal yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan anggaran, pemilihan material, keinginan menggunakan jasa renovasi atau tidak hingga harus mengenali struktur bangunan rumah tersebut.

Ketersediaan anggaran menjadi perhatian khusus bahkan utama yang Pins perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi rumah. Hal ini dikarenakan Pins tak akan bisa merenovasi jika tak cukup anggaran. Maka dari itu, jika memang ingin tetap renovasi sebaiknya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki atau bisa juga menabung terlebih dahulu.

Selain itu, sebaiknya sebelum renovasi rumah perhatikan struktur bangunannya. Misalkan jika ingin menambah ruang pertimbangkan apakah bangunan baru tersebut menyatu dengan struktur lama atau tidak. Pun juga upayakan untuk mengenali kekuatan struktur bangunan lama apakah masih bisa dipertahankan atau tidak.

Paling tidak boleh terlupakan upayakan memilih desain dengan fungsi timeless. Artinya desain yang dipilih 10 tahun mendatang diperkirakan tak akan terkesan kuno. Karena itu hanya akan membuat Pins terus-menerus melakukan renovasi rumah dan tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Meski begitu, unsur kenyamanan tetap harus menjadi perhatian utama.

Tak hanya itu, pemilihan material bangunan juga harus Pins perhatikan. Banyak orang kehabisan dana saat membeli material. Padahal proses renovasi rumah belum terlaksana. Alhasil proses tersebut sedikit tersendat dan tak jarang tidak bisa selesai tepat waktu. Tentu ini adalah sebuah kerugian besar.

Untuk mengatasinya sebaiknya pikirkan beberapa pertimbangan tersebut untuk kemudian disesuaikan dengan biaya yang dimiliki. Meski biaya terbatas bukan berarti Pins tak bisa melakukan perbaikan. Renovasi rumah meski beberapa bagian sudah memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan hunian apalagi konsepnya sesuai keinginan.

Tips Renovasi Rumah Tanpa Keluar Banyak Budget yang Menguras Kantong

Renovasi rumah budget murah
Sumber: Dream

Melakukan renovasi hunian memang kebanyakan membutuhkan budget banyak. Tak heran jika banyak orang kesulitan untuk melakukan renovasi padahal rumah dalam kondisi yang sudah harus diperbaiki lantaran ada beberapa bagian terlihat tak menarik lagi. Meski begitu, Pins tak perlu khawatir karena ada tips agar tetap bisa melakukan renovasi rumah.

Yang tak terlalu memakan biaya besar di antaranya adalah dengan mengecat ulang semua bagian rumah. Ketika dirasa rumah tak lagi enak dipandang dan suasana sudah kurang nyaman maka mengecat ulang bisa menjadi solusi. Pins bisa memilih warna cerah yang kekinian namun, tetap harus menyesuaikan dengan perabot di dalamnya.

Selain itu, ketika Pins melakukan renovasi rumah tapi tak banyak mengeluarkan biaya bisa dengan cara menggunakan material bangunan bekas. Meski bekas, namun tetap harus layak pakai. Pemilihan material bekas ini cukup efektif menekan biaya agar pengeluaran tidak membengkak. Tidak hanya itu, Pins juga bisa berhemat atau dialihkan ke kebutuhan lain.

Baca juga: Apa Saja Yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Renovasi Rumah Minimalis

Agar jauh lebih efektif, Pins bisa menyewa jasa kontraktor atau tukang untuk menyelesaikan proses renovasi tersebut. Tentunya dengan cermat ketika memilihnya. Pilih jasa kontraktor atau tukang yang profesional serta berani memberikan jaminan hasil pekerjaan baik. Pun juga akan sangat menguntungkan jika harga sewa renovasi hunian terjangkau.

Tips Memilih Jasa Kontraktor Renovasi Rumah agar Tak Salah Pilih

Renovasi rumah budget murah
Sumber: Grid ID

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika menggunakan jasa kontraktor sangat efektif menekan biaya saat ingin melakukan renovasi hunian. Namun, memilihnya pun tak boleh sembarangan. Setidaknya dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya pilih kontraktor yang terpercaya serta berpengalaman. Lihat berdasarkan rekam jejak dari kontraktor tersebut.

Selanjutnya, pilih jasa kontraktor yang berani memberi garansi. Ini sebagai upaya untuk mengurangi kerugian saat ada kerusakan ketika proyek selesai. Ketika ada garansi tentu Pins bisa langsung klaim dan meminta pihak kontraktor melakukan renovasi rumah kembali dengan biaya gratis. Maka dari itu, tanyakan secara detail layanan yang ditawarkan.

Selain itu, sebaiknya pilih kontraktor yang memberikan kemudahan saat pembayaran. Bukan tanpa alasan mengingat kebanyakan konsumen tak ingin repot dengan sistem pembayaran yang rumit. Usahakan pula memilih kontraktor renovasi rumah dengan harga jasa yang terjangkau namun kualitas pekerjaan terbaik. Sehingga tak menguras kantong Pins.

Yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah pilih jasa kontraktor yang memberikan layanan konsultasi secara gratis. Konsultasi ini sangat penting sebagai sarana untuk Pins bisa bertanya secara detail kepada kontraktor. Pun juga bisa sekaligus meminta saran agar hasil renovasi sesuai harapan Pins.

Jika memang Pins merasa menyewa jasa kontraktor biayanya mahal maka bisa memilih tukang biasa. Selain harganya lebih terjangkau, kualitas pekerjaannya tak kalah berkualitas. Hanya saja Pins harus lebih berhati-hati ketika memilih jasa yang akan digunakan ini. Sehingga proses renovasi rumah budget murah bisa terlaksana dengan lancar.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel