Pinhome

  • Blog
  • Berita Pinhome
  • Pinhome x IT Del: Berbagi Kisah Soal Bekerja di Start-up dan Menjadi Seorang Fullstack Engineer

Berita Pinhome

Pinhome x IT Del: Berbagi Kisah Soal Bekerja di Start-up dan Menjadi Seorang Fullstack Engineer

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 October 2020 ∙ 3 menit membaca

Ternyata ada banyak kisah menarik seputar dunia start-up, Pins! Hal ini yang disampaikan oleh CEO Founder Pinhome, Dayu Dara Permata, dan CTO Founder Pinhome, Ahmed Aljunied, di seminar Pinhome x IT Del: Pinhome & Fullstack Engineering. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

Pinhome – Sebagai start-up proptech yang memiliki ambisi kuat untuk merevolusi sektor properti di Indonesia dan memberikan pengaruh yang besar terhadap perekonomian Indonesia, sudah menjadi komitmen bagi Pinhome untuk berkontribusi secara positif bagi bangsa, termasuk melalui edukasi publik. Pada tanggal 10 September 2020, Pinhome mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk berkolaborasi bersama Institut Teknologi Del dalam menyelenggarakan seminar edukasi terkait Fullstack Engineering bersamaan dengan pengenalan terhadap Pinhome. Dalam seminar kali ini, dua founder Pinhome, yaitu Dayu Dara Permata (CEO Founder of Pinhome) dan Ahmed Aljunied (CTO Founder of Pinhome) berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka sebagai tokoh yang telah lama berkiprah di bidang start-up dan teknologi.

Seminar ini dimulai dengan paparan terkait Pinhome oleh Dayu Dara Permata (selanjutnya akan kami sebut sebagai Mbak Dara) selaku CEO Founder of Pinhome. Mbak Dara menjelaskan jika Pinhome—yang didirikan pada Juli 2019—merupakan start-up properti yang menjadi pionir dalam menyediakan layanan transaksi properti end-to-end dengan berbasis teknologi di Indonesia. Setelah memberikan penjelasan soal Pinhome, Mbak Dara juga melanjutkan pemaparannya dengan berbagai kisah soal pengalaman profesionalnya terlebih ketika berkarir di start-up. Mbak Dara yang juga pernah menjabat sebagai Senior Vice President dan Head of Lifestyle & Commerce Product Group di Gojek menjelaskan jika bekerja di start-up memiliki realita yang sangat berbeda dengan pengalaman bekerja di established corporate karena empat karakteristik: (1) jumlah anggota yang lebih sedikit yang juga berarti tanggung jawab dan dinamika yang lebih besar; (2) dapat memilih proses, fleksibel, dan penuh improvisasi; (3) risiko yang lebih tinggi namun dengan imbalan yang tinggi pula (high risk, high rewards); dan terakhir (4) promosi pekerjaan di start-up dapat dilakukan dengan sangat cepat. Terakhir, Mbak Dara berpesan dan menjelaskan jika untuk bekerja di start-up diperlukan beberapa hard skill dan soft skill yang perlu dikembangkan seperti namun tidak terbatas pada keterampilan analitis, keterampilan melihat peluang, hingga keterampilan komunikasi.

Setelah sesi pemaparan Mbak Dara, Ahmed Aljunied (selanjutnya akan kami sebut sebagai Mas Ahmed) selaku CTO Founder dari Pinhome melakukan pemaparan soal Fullstack Engineering. Terkait dengan topik Fullstack Engineering Mas Ahmed sebagai tokoh yang cukup berpengalaman di bidang industri teknologi dan start-up menjelaskan jika posisi fullstack engineer semakin dibutuhkan karena dari hari ke hari, kebutuhan akan engineer generalis semakin meninggi. Situasi ini disebabkan oleh semakin kompleksnya tuntutan industri dan semakin terkaitnya tiap bidang engineering. Meskipun begitu, Mas Ahmed menjelaskan jika para calon engineer tidak perlu khawatir karena pada dasarnya setiap pengetahuan mendasar yang dimiliki seorang engineer dapat diaplikasikan pada bidang-bidang lainnya karena setidaknya setiap proses engineering selalu melewati tiga tahap esensial yaitu dekomposisi, abstraksi, dan indirection. Terakhir, sesi seminar ditutup dengan quiz dan pembagian merchandise.


Kira-kira bakal ada event apalagi ya dari Pinhome di masa mendatang? Tungguin & jangan lupa untuk simak terus web kita untuk dapetin info-info menarik lainnya Pins!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel