Sekilas Tentang Biografi Ir Soekarno

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ January 25, 2023 ∙ 3 menit membaca

Kepala Pemerintahan Negara Republik Indonesia adalah Presiden. Presiden dibantu oleh Wakil Presiden dan para Menteri yang duduk dalam kabinet. Presiden pertama kali Negara Indonesia adalah Ir. Soekarno. Banyak yang membahas tentang biografi Ir Soekarno untuk mempelajari tentang sejarah bangsa.

Pinhome – Tentunya, mempelajari sejarah bangsa merupakan hal penting untuk diketahui dan diyakini. Selain itu, menumbuhkan jiwa nasionalisme juga sangat penting. Dapat juga dipelajari dari para pahlawan dengan mempelajari kiprahnya. Salah satunya adalah dari Biografi Ir Soekarno ini.

Baca Juga:

Lahirnya Sang Proklamator dan Perjalanan Pendidikannya

biografi ir soekarno
(Kumparan.com)

Soekarno dilahirkan di Blitar, Jawa fimur, pada tanggal 6 Juni 1901. Ayahnya bernama Raden Sukemi Sosrodiharjo yang masih terhitung bangsawan keturunan Sultan Kediri dan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai terhitung bangsawan Bali yang merupakan keponakan Raja Singaraja terakhir.

Soekarno menempuh pendidikan dasar di kota Tulungagung, kemudian melanjutkan pendidikannya di Europeesche Lagere School (ELS) Mojokerto. Hoogere Burger School (HBS) Surabaya, dan seterusnya ke Technische Hoge School, kini Institut Teknologi Bandung (ITB) – di Bandung hingga tamat dan menyandang gelar Ingeniur atau Insinyur.

Debut Politik dan Perjalanan Kepemimpinan

Debut politik pertamanya adalah ikut mendirikan Algemeene Studie Club di Bandung. Klub diskusi tersebut kemudian berubah menjadi Partai Nasional Indonesia (PNI) yang berdiri di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927. Soekarno terpilih menjadi ketua PNI. Karena aktivitas politiknya dianggap membahayakan pemerintah kolonial Belanda,

Soekarno dipenjarakan dan juga diasingkan ke beberapa tempat, di antaranya Soekarno pernah dipenjarakan di penjara Sukamiskin, Bandung, dan juga diasingkan ke Endeh, Flores. Puncak karier politik Sukarno terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 ketika ia bersama Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sehari kemudian, 18 Agustus 1945, Soekarno dilantik menjadi Presiden. Karier politik Presiden Soekarno mulai menembus level internasional. Setelah berhasil menyatukan segenap komponen bangsa Indonesia, ia berusaha menghimpun bangsa-bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Latin dalam Konferensi Asia-Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955.

Konferensi Asia-Afrika kini berkembang menjadi Gerakan Non Blok dengan hasilnya yang dapat anda baca pada artikel 10 prinsip Dasasila Bandung

Pemberontakan G30S/PKI

(Mediaindonesia.com)

Setelah pemberontakan G30S/PKI yang dilancarkan pada tanggal 30 September 1965 gagal. mayoritas rakyat Indonesia menghendaki dibubarkannya Partai Komunis Indonesia (PKI). Presiden Soekarno tidak memenuhi tuntutan tersebut.

Pamor Presiden Soekarno pun meredup dan mencuatlah nama Pangkostrad (Panglima Komando Strategi Angkatan Darat) Mayor Jenderal Soeharto. Lewat Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret), Soekarno akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto pada tanggal 11 Maret 1966. Soekarno wafat di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970. Jenazahnya dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Baca Juga:

Featured Image Source: Liputan6.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia