Sekilas Tentang Asia dan Peradabannya

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ September 9, 2022 ∙ 6 menit membaca

Tapal batas konvensional Asia melukiskan suatu wilayah yang luas dari Pegunungan Ural, Laut Kaspia dan Laut Hitam, pantai Asia Kecil, Laut Tengah bagian timur dan Laut Merah, hingga ke untaian kepulauan Indonesia, Filipina, dan Jepang yang memanjang sampai ke Semenanjung Kamchatka. Asia dan peradabannya yang cukup tua juga menarik untuk dibahas.

Pinhome – Wilayah kutub yang tertutup es di utara dan lautan tropis di bagian selatan membentuk garis depan lainnya dari belahan dunia ini. Asia membentuk sepertiga luas wilayah bumi, memiliki aneka iklim, menaungi kondisi kehidupan manusia yang paling beragam, dan mencakup sejumlah peradaban manusia yang dominan.

Jantung wilayahnya merupakan suatu wilayah yang sangat luas dan besar, yaitu bagian terbesar dari daratan bumi, yang menonjol dari laut seluas ribuan kilometer. Sekaligus daratan Asia meliputi wilayah pulau seperti Sri Lanka, wilayah semenanjung seperti India yang memanjang ribuan kilometer ke Samudra Hindia, dan wilayah kepulauan seperti Indonesia, tempat samudera sekitar berfungsi sebagai bagian lingkungan hidup manusia.

Kunjungi Peta Asia atau di google map

Baca Juga:

Penduduk Asia dan Peradabannya

asia dan peradabannya
(Freepik)

Penduduk Asia tidak hanya mewakili jumlah yang besar, tetapi juga suatu kaleidoskop budaya yang sangat membingungkan, beberapa di antaranya sebenarnya adalah suatu peradaban yang utuh. Awal peradaban manusia dapat dilacak di Asia.

Peradaban lembah Sungai Tigris dan Efrat, kota-kota Mohenjo Daro dan Harappa di Lembah Sungai Indus, serta peradaban Cina Kuno merupakan sebagian dari peradaban manusia yang paling kuno yang dapat dilukiskan yang berasal dari Asia.

Dua ribu lima ratus tahun yang lampau, orang-orang migran dari India Utara, dengan menunjukkan kemampuan mengarungi lautan, tiba di Sri Lanka dan bermukim serta mengembangkan suatu peradaban khas Asia.

Baca Juga:

Pembebasan Budaya dan Perpindahan Penduduk

(imf.org)

Sejarah Asia penuh dengan contoh-contoh perembesan budaya dan perpindahan penduduk serta pengembangan pusat-pusat peradaban segar yang pengaruhnya menjadi rumit dan berbeda pola ragamnya. Oleh karena itu, sejarah Asia merupakan paduan jaringan yang sangat kaya dan beragam.

Agama-agama dunia pun berasal dari Asia. Wilayah timur Laut Tengah telah melahirkan agama Yahudi dan Kristen. Islam datang dari Arabia. Hindu dan Budha juga lahir di Asia. Namun, beberapa agama yang besar ini tidak hanya menetap di daratan Asia saja. Kristen menyebar ke Eropa. Islam menyebar dari Arabia ke seluruh Afrika Utara, India, Asia Tenggara dan berbagai bagian dunia lainnya.

Hindu menjadi agama yang dominan di anak benua India. Pesan Budha yang Pengasih, yang semula disuarakan di India menyebar ke Asia Tenggara, Cina dan Jepang. Budha dibawa ke Sri Lanka oleh Pangeran Mahinda pada saat Kaisar Asoka berkuasa pada abad ke-3 sebelum Masehi dan dengan cepat berkembang di antara rakyatnya.

Baca Juga:

Selama berabad-abad, secara terus-menerus, agama Budha tetap menjadi sumber peradaban utama serta jiwa yang menghidupi penduduk Sri Lanka. Meskipun terhalang oleh berbagai rintangan misalnya pegunungan, wilayah yang tak terjangkau, lautan luas, waktu dan jarak yang sangat luas-pengaruh pusat-pusat peradaban budaya Asia yang subur itu berkembang ke berbagai bagian Asia dan dunia lainnya.

Asia bukanlah suatu daerah yang seragam. Wilayah yang sangat luas, yang mencakup berbagai suku bangsa, tentulah tidak seragam. Oleh karena itu, akan menjadi realistis untuk berbicara tentang banyak sub bagian Asia seperti Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Utara, Asia Selatan, Asia Baratdaya, seperti halnya kecenderungan yang akhir-akhir ini terus berkembang.

Hal ini sesuai dengan pola-pola demografi dan geografi serta membantu membatasi wilayah yang dominan pengaruhnya. Namun, subbagian ini tidaklah mengurangi keberadaan unsur budaya dan penduduk yang ada di seluruh Asia. Hal ini telah menciptakan suatu identitas diri yang menjadi landasan objektif yang menjelaskan bahwa Asia dan orang Asia berbeda dengan Eropa dan orang Eropa serta orang bukan-Asia lainnya.

Tentu saja tidak terdapat suatu lengkung budaya Asia yang mencakup semua bangsa dan wilayah yang berbeda-beda itu. Untuk melihat jati diri Asia, kita cukup hanya dengan memandang unsur-unsur budaya yang sangat membingungkan itu.

Dampak evolusi, perluasan, serta migrasi selama berabad-abad, perlahan-lahan menciptakan suatu identitas terpisah, tidak terstruktur, dan tidak terpusat, seperti halnya ciri dasar masyarakat petani dan masyarakat tradisional Asia.

Baca Juga:

Sentral Identitas dan Integritas Asia dan Peradabannya

asia dan peradabannya
(Unsplash)

Sentral identitas dan integritas Asia terletak di pedesaan dan di berbagai unit masyarakat kecil di wilayah yang sangat luas ini. Tentu saja dari waktu ke waktu telah jatuh dan bangun berbagai kerajaan besar yang gemilang. Terdapat juga identitas yang dibangun atas ras, suku, bahasa, dan agama, tetapi tak satu pun mengisyaratkan kesatuan atau perasaan kesadaran Asia yang menyeluruh.

Dampak Eropalah yang umumnya mengarah kepada perkembangan struktur politik dan sosial di Asia yang menyatu. Di dalam tapal batas yang dibuat oleh para kolonis diciptakan suatu wilayah kesatuan administrasi. Kekuasaan Eropa juga merangsang perasaan kebangsaan di dalam tapal batas ini dan tatkala kekuasaan Eropa menurun, penduduk koloni membentuk suatu negara.

Baca Juga:

Nasionalisme mendengungkan kebangkitan dan kelahiran budaya asli. Hal ini tercermin tidak hanya di dalam kesadaran diri dan kebanggaan kebangsaan, tetapi juga jati diri mereka sebagai negara Asia dan pengalaman sejarahnya yang sama yang telah dijunjung selama zaman kolonial.

Asia kini sedang bangkit dari fase pasca kolonial. Berbagai negara merdeka di Asia mencerminkan vitalitasnya. Beberapa negara besar juga muncul di Asia, yang mewakili pokok kekuasaan dan pengaruh yang utama. Beberapa negara kecil kini semakin meneguhkan kedaulatan dan kemerdekaannya. Masa depan Asia tampaknya tidak lagi berkenaan dengan dampak Eropa terhadap Asia, tetapi dengan sumbangan Asia kepada dunia.

Baca Juga:

Featured Image Source: Knowinsiders.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia