Sekilas sejarah suku Maya Kuno hingga lenyapnya

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Sekilas sejarah suku Maya Kuno hingga lenyapnya – Pernahkah anda mendengar suku yang terkenal di dunia ini? Tahukah bagaimana sejarah suku Maya? Para Arkeolog dunia mengatakan bahwa kebudayaan bangsa Maya mulai terbentuk sejak tahun 2000 sebelum Masehi sampai 250 Masehi.

Tahun 250 M sampai 900 M, budaya suku Maya mengalami masa kejayaan. Suku Maya tinggal terpisah di tiga daerah yang memiliki perbedaan lingkungan dan budaya. Dari ketiga daerah tersebut yang paling terkenal adalah suku Maya dari selatan. Selengkapnya silahkan baca artikel Sejarah Negara di bawah ini:

Suku Maya sangat religius, mereka menyembah berbagai dewa yang berhubungan dengan alam. Dewa-dewa yang mereka sembah antara lain dewa matahari, dewa bulan, dewa hujan, dan dewa jagung. Mereka memiliki kepercayaan bahwa raja merupakan “Kuhul ajaw” (Raja suci) yang merupakan mediator antara para dewa dan manusia di bumi,

Suku bangsa Maya, merupakan salah satu suku paling terkenal dan misterius di dunia. Mengapa mereka terkenal? Mereka memiliki kebudayaan tinggi, pada masanya mereka sanggup mendirikan bangunan-bangunan megah seperti house of the dove di Mesoamerika. Lalu mengapa mereka misterius? Karena mereka menghilang begitu saja dari panggung sejarah dunia.

Menghilangnya Suku Maya

Hingga kini para arkeolog masih terus berusaha menyingkap misteri suku Maya. Sedikit demi sedikit misteri hilangnya suku ini nampaknya mulai terungkap.

Menurut para peneliti yang berasal dari Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, suku ini mungkin punah karena perubahan iklim. Kesimpulan tetapi masih mungkin ini didapat setelah mereka mengamati wilayah Amerika Tengah lewat satelit.

Peta Wilayah Suku Maya

Peta Wilayah Suku Maya
Peta Wilayah Suku Maya

Program satelit yang mengamati kawasan itu disebut servir, yang diluncurkan pada awal tahun 2005. Pada awalnya, satelit ini digunakan pemerintah untuk mengatasi kebakaran hutan, meningkatkan potensi lahan pertanian dan membantu memperbaiki kerusakan lingkungan. Tetapi justru program ini secara tak sengaja menemukan jejak-jejak kuno Suku Maya.

Servir memberikan informasi bahwa perubahan iklim merusak ekosistem dan keanekaragaman hayati lingkungan Suku Maya. Sebelumnya,telah muncul banyak dugaan mengenai penyebab hilangnya Suku Maya. Karena bencana alam, kelebihan penduduk, wabah penyakit hingga pemberontakan petani. Tetapi, Arkeolog Nasa, Sever menyimpulkan bahwa kepunahan suku maya ada kemungkinan disebabkan oleh perubahan iklim yang tajam.

Saat musim kering panjang melanda wilayah suku maya akibat perubahan iklim, lahan pertanian yang subur menjadi kering kerontang dan tak menghasilkan makanan untuk mereka. Mungkin ini merupakan awal kemunduran besar bagi Suku Maya hingga akhirnya mereka lenyap dari sejarah.

Demikian, sekilas tentang sejarah suku Maya yang memang masih merupakan misteri yang sulit terungkap secara mendetail, karena memang tak mudah untuk mengungkap suatu sejarah yang kita sendiri tidak mengalaminya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia