Pinhome

Sejarah Tokoh Komik Kartun Superman

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 11 May 2012 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Tokoh Komik Kartun Superman – Siapa yang tidak tahu Superman? superhero yang satu ini sangat populer di dunia komik ,film ,baik televisi maupun bioskop,karena sudah beberapa kali kisah superhero Superman di angkat ke layar lebar.Namun tahukah anda perjalanan sejarah dari tokoh Superman tersebut mari kita telusuri bersama.

Superman (bahasa Indonesia: “Lelaki Super”), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari penerbit komik DC Comics dari Amerika Serikat. Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat.

Tokoh fiksi ciptaan Jerry Siegel dan Joe Shuster yang memiliki jutaan penggemar, dan komik, film, kartun sudah muncul dalam berbagai cerita. Tapi bagaimana asal mulanya?

Jerry Siegel dan Joe Shuster awalnya menciptakan tokoh jahat berkepala botak dan berkemampuan telepati yang bertujuan menguasai dunia dalam cerita pendek “The Reign of the Super-Man” pada sebuah fanzineyang diterbitkan oleh Siegel pada 1933.

Dikemudian hari, Siegel menyulap karakter tersebut menjadi tokoh pahlawan tanpa adanya persamaan fisik dengan tokoh jahat sebelumnya. Tokoh Superman digambar dengan referensi Douglas Fairbanks Sr dan Clark Kent dimodel berdasarkan Harold Lloyd.

Selamat 6 tahun, Siegel dan Shuster berusaha mencari penerbit untuk karya mereka, yang pada akhirnya diterbitkan dalam Detective Dan: Secret Operative No.48, sebuah komik hitam putih sepanjang 48 halaman.

Walaupun keduanya menerima surat yang menyemangati kedua komikus, pihak penerbit tidak pernah lagi mengeluarkan komik sejenis. Mengalami frustrasi, Shuster membakar semua halaman cerita tersebut, adalah Siegel yang berhasil menyelamatkan halaman muka dari komik tersebut.

Siegel kemudian mengajak beberapa seniman untuk bekerja sama, karena merasa ‘Superman tidak akan berkembang dengan Joe’ Adalah karya seni yang dibuat oleh Russell Keaton berdasar pada campur tangan Siegel yang mengembangkan konsep awal cerita.

Superman dikirim ke masa lalu sebagai seorang bayi oleh manusia terakhir di bumi, dimana ia ditemukan dan dibesarkan oleh Sam dan Molly Kent. Karena kesulitan bekerjasama dengan Keaton, Siegel dan Shuster akhirnya kembali berkolaborasi.

Keduanya, mengembangkan karakter tersebut lebih kepada tokoh pahlawan dengan kemampuan super, diinspirasi oleh tokoh Samson dan Hercules. Pada tahap ini, konsep kostum Superman dikembangkan, adalah Siegel yang mengusulkan agar si tokoh diberikan kostum dengan tulisan S yang besar di dada, diberi jubah dan diberikan warna-warni yang menarik.

Desain kostum juga terpengaruh oleh salah satunya tokoh Flash Gordon. Kostum dengan ‘celana dalam’ diluar sebenarnya bermula dari kostum tradisional para pemain sirkus yang melakukan atraksi angkat berat, yang ternyata menjadi semacam tradisi untuk kostum para pahlawan super yang lahir kemudian hari.

Karena keduanya adalah penggemar film layar lebar, banyak aktor dan aktris kemudian menjadi inspirasi pemberian nama tokoh. Clark Kent sendiri merupakan kombinasi nama dari akhtor Clark Gable dan Kent Taylor. Dan nama kota Metropolis berasal dari film Fritz Lang (Metropolis, tahun 1927).

Kepada penerbit Malcolm Wheeler-Nichloson’s National Allied Publishing, kedua perintis Superman menjual karya mereka, dan mereka memutuskan untuk menggunakan format comic stripdaripada dengan format buku komik tersebdiri. Siegel dan Shuster menawarkan ke Max Gaines yang menolak dan United Feature Syndicate yang menyatakan tertarik tapi akhirnya juga menolak menerbitkan karya mereka dalam surat tolakan pada Febuari 1937.

Adalah Max Gaines yang akhirnya memutuskan untuk menempatkan comic striptersebut dihalaman utama pada terbitan baru mereka, Action Comics dengan syarat agar para komikus untuk mengatur ulang penataan panel menjadi 8panelper halaman.

Keduanya mengindahkan permintaan tersebut dan memanfaatkan pengalaman dan ide mereka untuk susunan halaman, termasuk mencari gambar yang akan digunakan pada halaman depan Action Comic no 1 (Juni 1938). Penampilan resmi pertama dari tokoh terkenal, Superman. Pada Febuari 2010, 72tahun kemudian, Action Comic #1 asli terjual dalam sebuah pelelangan seharga USD 1,000,000.

Baca juga: Sejarah Misterius Dibalik Simbol ‘S’ Pada Superman

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia