Sejarah Berdirinya Kota Makassar

Diperbarui oleh ∙ December 29, 2021 ∙ 3 menit membaca

Kota Makassar di Sulawesi Selatan merupakan pusat perdagangan yang dominan di Indonesia Timur dan kemudian menjadi salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Kota ini tergolong besar dengan berbagai suku bangsa yang tinggal di kota ini. Di kota ini ada suku Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Makanan khas Makassar adalah Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Kue Tori’, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro.

Makassar memiliki wilayah seluas 128,18 km² dan penduduk sebesar kurang lebih 1,25 juta jiwa. Agar lebih detail silahkan kunjungi letak kota Makassar di artikel: Peta Sulawesi Selatan Lengkap 21 Kabupaten 3 Kota

Kota Makassar yang pernah bernama Ujung Pandang adalah wilayah Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo yang terletak pada pesisir pantai sebelah barat semenanjung Sulawesi Selatan. Pada mulanya merupakan bandar kecil yang didiami oleh Suku Makassar dan Bugis yang dikenal sebagai pelaut ulung dengan perahu Pinis atau Palari.

Jika ditinjau dari sejarah kerajaan Majapahit dibawah raja Hayam Wuruk (1350-1389) dengan maha patih Gajah Mada bertepatan dengan masa pemerintahan raja Gowa ke-II Tumasalangga Baraya (1345-1370), Makassar sudah dikenal dan tercantum dalam lembaran syair 14 (4) dan (5) kitab Negarakertagama karangan prapanca (1364) sebagai daerah ke-VI kerajaan majapahit di Sulawesi.

Berdirinya Gowa Tallo

Masa sejak berdirinya kerajaan gowa dan kerajaan tallo

  1. Kerajaan Gowa berdiri kira-kira tahun 1300 masehi dengan raja yang pertama adalah seorang perempuan bernama Tumanurung (1320-1345) yang kawin dengan Karaeng Bayo berasal dari Bonthain yang menurunkan raja-raja selanjutnya.
  2. Pusat kerajaan Gowa ini terletak diatas bukit Takka’bassia yang kemudian berubah namanya menjadi Tamalate, tempat ini menjadi pusat kerajaan sampai kepada masa pemerintahan raja gowa ke-VIII I-Pakere Tau Tunijallo Ri Passukki (1460-1510).
  3. Dalam masa pemerintahan raja Gowa ke-VII Tunatangka Lopi 1445-1460) terjadi pembagian kerajaan, yaitu kerajaan Gowa dan kerajaan Tallo, masing-masing dipegang oleh kedua puteranya yaitu kerajaan Gowa dipegang oleh Batara Gowa Tuniawanga Ri Paralekkanna sebagai raja ke-VII (1460) dan kerajaan Tallo dipegang oleh Karaeng Loe Ri Sero sebagai raja Tallo pertama.
  4. Raja Gowa ke-IX Daeng Matanre Karaeng Mangnguntungi yang bergelar Tumaparisi Kallona kedua kerajaan Gowa dan Tallo disatukan kembali dan diperintah oleh raja Gowa, dan yang menjadi mangkubumi adalah raja Tallo. Kedua kerajaan ini sering disebut kerajaan Makassar.
  5. Pembangunan Benteng Somba Opu dari tanah liat pada tahun 1525 oleh raja Gowa ke-IX Tumaparisi Kallonna (1510-1546). Dalam benteng ini dibangun istana raja. Makassar (kerajaan gowa) menjadi pusat bandar niaga dengan Syahbandar adalah Daeng Pammate yang diangkat pada tahun 1538. Sejak itu Makassar menjadi ibu negeri, dengan bertitik pusat pada kota raja Somba Opu.
  6. Raja gowa ke-XI Manriwagau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tunipallangga Ulaweng (1546-1565) benteng Somba Opu disempurnakan dan dibangun dari batu bata.
  7. Benteng Jumpandang (ujung pandang) yang mulai didirikan pada tahun 1545 pada masa pemerintahan Tumaparisi Kallonna kemudian dilanjutkan oleh Tunipallangga Ulaweng, maka oleh raja Gowa Sultan Alauddin pada tanggal 9 agustus 1634 membuat dinding tembok benteng ujung pandang, dan pada tanggal 23 juni 1635 dibuat lagi dinding tembok kedua dekat pintu gerbang sehingga menyerupai seekor penyu.
  8. Raja gowa ke-XIV I-Mangngarangi Daeng Manrabia dengan gelar Sultan Alauddin memerintah mulai tahun 1593-1639 dengan mangkubumi I-mal-ling.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia