Sejarah Sepeda Awal Abad 18 dan Modifikasinya

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ December 25, 2021 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Negara Com – Dari dugaan para ahli, sejarah sepeda berawal dari negara Perancis. Sejak abad 18 negara ini telah memiliki alat transportasi roda dua yang dinamakan velocipede. Velocipede desainya kuno dan tidak menggunakan besi.

Ada yang mengatakan bahwa sepeda kuno ini tidak menggunakan papan kayuh dan setang/kemudi. Namun, ada juga yang mengatakan sudah menggunakan engkol dan stang tetapi bahannya menggunakan kayu saja.

Pada tahun 1818 seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn memodifikasi velocipede. Untuk pekerjaannya sebagai seorang mandor pengawas hutan Baden ia membutuhkan alat transportasi yang praktis. Modifikasi yang diciptakannya mengkombinasikan sepeda dan kereta kuda. Orang kebanyakan menyebut velocipede yang telah dimodifikasi tersebut dengan dandy horse.

Selanjutnya pada tahun 1839 seorang tukang besi berkebangsaan Skotlandia bernama Kirkpatrick MacMillan menciptakan sebuah mesin khusus untuk sepeda, namun mesin yang diciptakan bukan seperti layaknya mesin sepeda motor sekarang ini.

Tetapi bisa dikatakan sebuah mesin pendorong yang dilakukan dengan engkol, karena kaki masih menggenjot pedal untuk menjalankannya. Uniknya, mesin ciptaan MacMillan ini sudah dikaitkan antara engkol dengan tongkat kemudi.

Catatan sejarah sepeda

Catatan sejarah sepeda selanjutnya, tahun 1855 seorang inventor Perancis bernama Ernest Michaux menciptakan pemberat engkol untuk mendukung mesin sepeda yang tujuannya untuk mengendalikan laju sepeda. Dengan demikian, sedikit demi sedikit modifikasi sepeda semakin sempurna.

Masih berkebangsaan Perancis, seorang bernama Pierre Lallement pada tahun 1865 berhasil meningkatkan kekuatan roda sepeda dengan cara memberikan lingkaran besi. Saat ini, besi melingkar tersebut dikenal dengan nama pelek atau velg. Pierre Lallement juga mengenalkan sepeda menggunakan roda depan lebih besar dari pada roda belakang.

Setelah itu terjadi perkembangan modifikasi sepeda yang mencolok setelah ditemukannya teknologi untuk melubangi baja dan teknik penyambungan besi. Tak hanya sampai di situ, tak lama kemudian juga ditemukan penggunaan karet sebagai bahan baku untuk membuat ban sepeda.

Tetapi meski berbagai modifikasi diciptakan, sepeda masih terasa tidak nyaman karena belum ada peredam atau per sebagai pelentur. Sehingga banyak orang mengatakan bahwa sepeda Lallement dengan boneshaker adalah pengguncang tulang.

Pada tahun 1885 di Coventry, Inggris terjadi trend sepeda roda dua. Tak ayal, trend tersebut membuat para investor tergoda untuk mendirikan pabrik sepeda. Maka dibangunlah sebuah pabrik oleh James Starley tahun 1888.

Setelah tahun itu John Dunlop berhasil menciptakan berbagai penemuan yang membuat sepeda semakin nyaman dikendarai. Berbagai penemuan yang muncul antara lain diciptakannya ban angin agar laju sepeda tidak berguncang, rem untuk menghentikan sepeda, roda gigi (gir) dan rantai untuk menarik roda sepeda dengan engkol (kayuh), dan lain-lain sehingga sepeda pancal makin pantas untuk dikonsumsi menjadi kendaraan masyarakat.

Demikian Sejarah Sepeda Awal Abad 18 dan Modifikasinya, semoga menjadi catatan sejarah teknologi dunia.

Baca juga: Kapan kendaraan bermotor berkembang di Indonesia

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia