Pinhome

Lifestyle

Sejarah Sepak Bola

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 10 July 2021 ∙ 11 menit membaca

Sejarah Sepak Bola –  Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang paling terpopuler  di mata dunia. Di setiap kejuaraan olahraga, pasti kaliam akan menjumpai jenis olahraga yang satu ini dengan banyak suporter dan pendukung dari kalangan tua, muda, bahkan anak-anak.

Biasanya olahraga sepak bola dapat kalian temui di berbagai daerah perkotaan, pedesaan, bahkan di ditempat pelosok-pelosok. Bahkan mudah ditemui di masyarakat-masyarakat yang memainkan bola, khususnya anak muda.

Sepak bola bukanlah permainan yang asing lagi bagi masyarakat seluruh dunia khususnya indonesia. Mulai dari anak-anak muda bahkan hingga orang dewasa dapat melakukan permainan sepak bola.

Nah, selain nilai-nilai positif yang dapat dibawah. Namun, memang dari  olahraga sepak bola itu sendiri  memiliki sejarah yang panjang.

Untuk tahu lebih dalam bagaimana ceritanya hingga sepak bola menjadi sebuah olahraga yang paling terpopuler se-dunia? Yuk, kita simak sejarahnya di bawah ini lengkap dengan penjelasan dan lain sebagainya.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola yang terdiri dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Dari kata “Sepak” jelas sudah dapat kita bayangkan yaitu menyepak atau tendangan dengan menggunakan kaki.

Sedangkan untuk “Bola” adalah alat permainan dalam bermain sepak bola itu sendiri. Dengan bentuk bulat yang terbuat dari karet, kulit atau bahan lainnya.

Secara singkatnya pengertian dari sepak bola adalah itu sendiri permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kesana kemari, mengoper dan lain sebangainya, yang dilakukan oleh pemain dengan sasaran mencetak gawang ke lawan.

Permainan sepak bola adalah permainan dalam bentuk regu, setiap regu berisi 11 orang dengan 1 orang sebagai penjaga gawang dan memiliki beberapa pemain cadangan.

Dalam permainan sepak bola itu sendiri mempunyai tujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan atau musuh.

Yang berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol. Permainan sepak bola dilakukan dalam 2 babak, masing-masing dengan waktu 45 menit dengan waktu istirahat diantara 2 babak tersebut 10 menit atau jelasnya dari seluruh permainan mulai dari babak awal hingga akhir memiliki waktu 90 Menit.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia
Sumber : kamiindonesia.com

Sejarah sepak bola adalah sebagai permainan olahraga yang sudah digemari sejak abad ke-2 M sampai abad ke-3 M di Cina. Pada masa Dinasti Han, masyarakat menggiring bola kulit dengan memasukkan dalam jaring kecil yang disebut dengan Tsu Chu.

Lalu seiringanya waktu dan perkembangan semakin maju permainan sepak bola itu sendiri mulai dimainkan di Jepang dengan nama lain Kemari. Tidak hanya sampai itu saja pada abad ke-16 sepak bola mulai masuk dan digemari di negara Italia.

Lalu permainan sepak bola itu sendiri banyak ditemukan di berbagai negara seperti Inggris, Meksiko, Romawi, Amerika Tengah hingga Romawi Kuno.

Masuk pada tahun 1365 olahraga sepak bola terus mengalami kemajuan hingga akhirnya masuk ke Inggris, disaat olahraga tersebut masuk di inggris raja Edward III melarang pemainan sepak bola, dikarenalkan permainan tersebut penyebabkan terjadinya kekerasan dan tindakan yang brutal.

Dan pada tahun 1360 Raja Edward III mengizinkan kembali dalam berlakunya permainan sepak bola. Akan tetapi permainan sepak bola itu sendiri justru  tidak ada perubahan, atau masih sama adanya kekerasan dan tindakan brutal.

Hingga pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I melarang kembali permainan sepak bola tanpa ada kompromi dan disertai sanksi tegas kepada orang yang masih melakukan permainan sepak bola yaitu dengan memenjarakan orang tersebut. Dan akhir tahun 1680 larangan tersebut di cabut kembali oleh Raja Charless II.

Berikut ini adalah sejarah terbentuknya sepak bola modern berdasarkan tahun dan negara:

  1. Pada tahun 1863 terbentuk asosiasi sepak bola Inggris
  2. Pada tahun 1885 terdapat pertandingan sepak bola diluar wilayah Inggris, yaitu Kanada melawan Amerika
  3. Pada tahun1886 diadakan rapat pertemuan untuk pertama kali yang membahas tentang pembentukan kelompok yaitu asosiasi sepak bola dunia
  4. Pada tahun 1888 terdapat wasit menjadi pemegang penih permainan sepak bola
  5. Pada tahun 1904, dibentuk Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) do Prancis yang beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, Prancis.

Sejarah Penemu Sepak Bola

mengetahui siapa penemu sepak bola dan bagaimana sejarah sepak bola, maka terlebih dahulu kita akan membagi terlebih dahulu asal usul dari sepakbola menjadi dua bagian. Yang pertama adalah zaman Kuno yang kurang lebihnya sekitar 4.500 SM silam dan kemudian zaman modern.

Sepak Bola di Zaman Kuno

Beberapa artifak peninggalan menceritakan bahwa sepakbola sudah dimainkan sejak di zaman Maya Kuno, Mesir kuno, Cina Kuno dan Romawi.

Sepak Bola Bangsa Mesir Kuno

sekitar 2.500 SM, Orang mesir kuno menggunakan bola yang terbuat dari bahan linen. Bola tersebut ditemukan di sebuah makam kuno yaitu peninggalan bangsa mesir kuno. Mereka juga menggunakan bahan dari usus binatang atau kulit binatang dalam membuat bola dengan tujuan meningkatkan pantulan bola.

Para arkeolog berpendapat bahwa orang mesir kuno memainkan permainan seperti sepakbola ketika merayakan pesta kesuburan yakni tanda rasa sukur mereka atas panen yang melimpah.

Sepak Bola Bangsa Maya Kuno

Permainan sepakbola bangsa Maya sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu atau sekitar 1400 SM. Popol  Vuh seseorang yang dapat  menggambarkan bagaimana permainan sepakbola bangsa Maya.

Sepakbola Bangsa Maya bisa dikatakan sebagai olahraga kematian. Sebab Pemain yang menang akan dianggap sebagai pahlawan dan yang kalah akan menghadapi nasib buruk berupa kematian.

Mereka akan dijadikan tumbal untuk dibunuh dan dikorbankan kepada dewa seperti keyakinan bangsa Maya kala itu demi kesuburan dan mendapat keberkahan.

Dalam permainan sepakbola ini, Suku Maya menggunakan bola yang terbuat dari karet dengan diameter sekitar 20 inci. Olahraga ini dimainkan dalam sebuah arena yang dindingnya terbuat dari batu disisi kiri dan kanan dengan ukuran lapangan dari 34 meter hingga yang terbesar 139 meter.

Di dinding tersebut terdapat digantung sebuah batu berbentuk cincin. Dan dari para pemain tersebut, pemain hanya diperbolehkan menggunakan pinggul dan paha saja guna untuk memasuk bola ke dalam lubang batu cincin tersebut. Tanpa boleh menyentuh tangan. Pertandingan biasanya berakhir ketika ada pemain yang berhasil memasukkan bola ke dalam cincin batu tersebut.

Sepak Bola Zaman Cina Kuno

2000 tahun kemudian, permainan mirip sepakbola kemudian muncul di China. tepatnya sekitar 476 SM hingga 221 SM. Orang Cina kuno menyebut permainan sepakbola ini dengan nama Cuju.

Cuju diartikan sebagai ‘menendang bola dengan kaki. Dan bola tersebut terbuat dari sebuah kulit yang diisi dengan bulu boneka. Mereka kemudian memainkannya dalam sebuah lapangan yang berbentuk persegi panjang.

Dan untuk mencetak angka atau skor, mereka harus menembaknya ke ke sebuah lubang yang tergantung diantara dua buah tiang.

Permainan Cuju sendiri hingga menjadi permainan terpopuler karena dimainkanya oleh para prajurit serta pemimpin militer guna untuk menjaga kondisi fisik dan menjaga kesehatan.

Dalam aturan permainan sepakbola cuju, pemain diperbolahkan menyentuh bola dengan menggunakan bagian tubuh apapun kecuali lengan atau tangan. Wasit pun juga dihadirkan dalam peraturan ini guna memastikan para pemain mengikuti aturan permainan.

Dalam permainan Cuju ini, jumlah pemain sangat fleksibel. Mulai dari 2 hingga 10 orang. Namun dalam pertandingan resmi yang disponsori oleh kerajaan, jumlah pemain berkisar hingga 12sampai 16 orang. Namun, masuk pada abad pertengahan ke 17, permainan Cuju itu sendiri mulai menurun popularitasnya.

Sepak Bola Bangsa Romawi

Bangsa Romawi yang mungkin juga memiliki permainan yang mirip dengan sepakbola. Yaitu Sepak bola bangsa Romawi kuno tidak memiliki aturan, strategi maupun taktik.

Permainan ini dimainkan oleh hingga 54 orang yang terdiri dari 27 orang disetiap tim. Tujuan dari permainan itu sendiri adalah guna untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

Dan permainan tersebut hingga menjadi sangat populer ketika dimasukkanya ke dalam ajang olimpiade di romawi. Ini menjadi sangat populer sehingga dimasukkan dalam Olimpiade awal. Tentu saja, banyak pemain yang pulang ke rumah dengan cedera selama pertandingan itu.

Sepak Bola Abad Pertengahan

Di abad pertengahan, Orang Inggris dikenal sebagai bangsa yang terus mengembangkan tradisi sepakbola di Abad pertengahan sekitar abad ke 14. Pada masa itu, permainan sepakbola di Inggris masih dimainkan dengan jumlah pemain yang tak terbatas dan belum ada peraturan seperti sekarang.

Para pemain terus diizinkan bermain selama tindakan mereka kepada lawan tidak mengarah kepada kekerasan. Dan permainan sepakbola ini terkadang menggunakan jalanan dan mengubah sebuah kota menjadi lapangan sepakbola raksasa.

Siapapun dapat bergabung dalam permainan ini sehingga terkadang sering terjadi kerusuhan akibat tidak ada peraturan yang jelas.

Permainan tersebut terus berkembang dan menjadi populer hingga akhir abad ke 14 dan menjadi suatu budaya dalam masyarakat di Inggris. Dan oleh sebab itulah tidak sedikit banyak berpendapat bahwa sepak bola berasal dari Inggris dan banyak yang menganggap inggris adalah rumahnya dari sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola Indonesia
Sumber : wikipedia.com

Sejarah Sepak bola di Indonesia sebenarnya telah di mulai sejak tahun 1914 saat sebagian besar wilayah Nusantara di jajah Pemerintahan Belanda. Kompetisi antar kota di Jawa didominasi dua tim yang saat itu masih ada , yaitu Batavia City, Soerabaja City.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia mengalami pasang surut. Pada abad ke-20 Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia atau lebih dikenal dengan PSSI didirikan oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo tepat di tanggal 19 April 1930 Yogyakarta. Tujuan Utamanya pun jelas  ingin menjadikan sebagai wadah utama dari kegiatan olahraga sepak bola di Indonesia.

Berdirinya PSSI

Tanggal terbentuknya atau berdirinya organisasi PSSI tersebut yaitu pada tanggal 19 April 1930 dan bertempat di kota Yogyakarta. Setelah itu, perkembangan sepak bola di Indonesia semakin baik dengan tergabungnya sepak bola Nusantara dalam kompetisi Piala Dunia pada tahun 1938.

Dalam hal tersebut PSSI mengalami perluasan kompetisi sepak bola yang diadakan di dalam negeri. Salah satu kompetisi diantaranya adalah Liga Super Indonesia, serta berbagai kompetisi sepak bola lainnya.

Tidak hanya itu saja, PSSI bahkan membentuk suatu kompetisi sepak bola khusus wanita dan juga kategori pemain laki-laki dengan umur tertentu. Untuk kategori laki-laki dengan umur-umur tertentu terdiri dari U-15, U-17, U-19, U-21, dan yang terakhir yaitu U-23.

Tidak berhenti disitu saja, perkembangan sepak bola di Nusantara masih terus berlanjut dengan hadirnya klub-klub baru yang bermain sampai saat ini seperti :

  • Club PSM MAKASSAR (1915)
  • Club PPSM Sakti Magelang (1919)
  • Club Persis Solo (1923)
  • Club Persebaya Surabaya (1927)
  • Club Persija Jakarta (1928)
  • Club PSIS Semarang (1932)

Awal Perkembangan Sepak Bola Modern

Sepakbola modern pada awalnya mulai berkembang di negara Inggris dan banyak digemari oleh penduduknya. Dalam beberapa kompetisi yang diadakan, permainan ini banyak menimbulkan kekerasan dan cidera selama pertandingan.

Hal itu disebabkan oleh belum terbentuknya aturan-aturan yang baku dalam sepakbola

Pada tahun 1815, terjadi sebuah perkembangan pesat yang menyebabkan olahraga sepak bola mulai terkenal di lingkungan universitas dan sekolah.

Sepakbola modern terlahir kembali di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika saat itu sebelas sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan baku dalam permainan sepakbola.

Dalam pertemuan tersebut, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dan sepakbola (soccer). Tahun 1869, membawa bola dengan menggunakan tangan mulai dilarang.

Selama tahun 1800an, olahraga tersebut dibawa dan disebar oleh para pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke seluruh penjuru dunia.

Pada tahun 1904, sebuah asosiasi tertinggi sepakbola dunia (FIFA) terbentuk dan pada awal tahun 1900an, berbagai kompetisi sepakbola telah digelar diberbagai negara.

Asal Permainan Sepak Bola

Akar sejarah panjang olahraga sepak bola tercatat berasal dari abad ke-2 dan 3 Sebelum Masehi (SM) di negeri Tirai Bambu, Tiongkok.

Awalnya sepak bola itu sendiri dimainkan dengan cara menggiring bola ke dalam sebuah gawang kecil. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini mulai dibawa ke Eropa, tepatnya Inggris.

Dari Tiongkok ke Inggris

Dari tiongkok ke inggris, sepak bola mengalami perkembangan pesat, dengan pengenalan berbagai regulasi dan peraturan permainan.

Sepak bola di dunia barat bermula di lapangan-lapangan sekolah dan universitas, ditandingkan antar mereka.

Lambat laun, kompetisi tersebut mulai diresmikan secara formal menjadi liga-liga tersendiri. Dan selanjutnya dari olahraga sepak bola itu sendiri terus mengalami berkembang hingga memiliki kompetisi-kompetisi profesional.

Kemunculan Klub Sepak Bola

Kemunculan Klub Sepak Bola dunia
Sumber : gomin.com

Sheffield FC adalah klub sepak bola yang tercatat sebagi klub tertua di dunia. Yang berdiri pada 1857. Hingga kini, dominasi dari sepak bola itu sendiri menjadi sebuah olahraga yang paling terpopuler hingga saat ini.

Berbagai klub-klub sepak bola dunia yang terkenal di antaranya adalah :

Liga Premier League

  • Manchester United
  • Liverpool, Manchester City
  • Arsenal, Chelsea
  • Tottenham

Sejarah Atletik Dunia


Sedangkan yang dari Liga Jerman diantaranya adalah :

Futball Bundesliga

  • Bayern Munchen
  • Borussia Dortmund

Sementara dari Liga Italia diantaranya lebih mengandalkan :

Liga Serie A

  • Juventus
  • AS ROMA

Dua tim raksasa Spanyol yaitu :

La Liga

  • Barcelona
  • Real Madrid

Tim legendaris Belanda yaitu

Liga Eredivisie

  • Ajax Amsterdam.
  • PSV Eindhoven

Berdirinya Federasi Sepak Bola

Sepak bola terus mengalami berkembang pesat hingga menjadi olahraga terpopuler dimata seluruh dunia. Pada tahun 1904, diresmikanlah sebuah Federasi Sepak Bola Internasional atau yang kita dengan FIFA. Setelah FIFA dibentuk, sepak bola mulai menjamur ke berbagai negara, dengan dibentuknya sistem dan struktur mapan untuk mendukung jalannya kompetisi.

Sampai sekarang ini, berbagai liga dan kejuaraan terus diadakan dan dipertandingkan hingga seluruh dunia, mulai level nasional, benua, hingga dunia. Di antaranya dari kompetisi yang paling populer dengan tingkat pasar penyiaran tertinggi adalah Liga Premier Leagu Inggris, UEFA Champions Cup untuk klub-klub Eropa, dan World Cup, kompetisi antar klub nasional negara tingkat dunia.


Manfaat Olahraga


Demikianlah pembahasan-pembahasan mengenai sejarah sepak bola, mulai dari zaman kuno hingga berkembangnya sepak bola modern di zaman ini. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membuat kita lebih paham dan mengerti akan dari semua sejarah ini. Sekian Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel