Pinhome

Sejarah Kesultanan Ternate dan Tidore

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 2 March 2022 ∙ 3 menit membaca

Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore adalah dua dari empat kesultanan Islam di Maluku. Dua kesultanan Islam lainnya adalah Kesultanan Bacan dan Kesultanan Jailolo. Secara geografis, kedua kesultanan tersebut terletak di Kepulauan Maluku, antara Sulawesi dan Papua.

Namun, bukan karena letaknya strategis yang membuat kedua kesultanan ini begitu penting dalam kancah aktivitas dan lalu-lintas perdagangan masa kolonial, melainkan karena posisinya sebagai penghasil rempah-rempah terbesar terutama cengkih dan pala, sehingga dijuluki The Spice Islands yang artinya Kepulauan rempah-rempah.

Rempah-rempah menjadi komoditas utama dalam dunia perdagangan di dunia saat itu, sehingga menarik minta bangsa-bangsa lain terutama Eropa, seperti Spanyol, Belanda, Portugis, Inggris, Belanda untuk datang ke Maluku.

Peta Wilayah Kesultanan Ternate

Peta wilayah Kejayaan Ternate

Kesultanan Ternate dari Tahun 1257 – Sekarang

Kesultanan Ternate didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada tahun 1257, berkuasa dari tahun 1257 sampai 1272. Malamo juga sekaligus menjadi raja (kolano) pertamanya. Kesultanan Ternate memiliki peran penting di kawasan timur Nusantara antara abad ke-13 hingga abad ke-17.

Awalnya, di Ternate terdapat empat kampung yang masing-masing dikepalai oleh seorang momole atau kepala marga. Merekalah yang pertama-tama mengadakan hubungan dengan para pedagang dari segala penjuru mencari rempah-rempah.

Penduduk Ternate semakin heterogen dengan bermukimnya pedagang Arab, Jawa, Melayu, dan Tionghoa. Oleh karena aktivitas perdagangan semakin ramai ditambah ancaman para perompak. Hal ini membuat momole Guna, pemimpin Tobona memprakarsai musyawarah untuk membentuk organisasi yang lebih kuat serta mengangkat seorang pemimpin tunggal sebagai raja.

Tahun 1257 Momole Ciko pemimpin Sampalu terpilih dan diangkat menjadi Kolano (Raja pertama) dengan gelar Baab Mashur Malamo (1257-1272). Kerajaan Gapi berpusat di kampung Ternate, yang dalam perkembangan selanjutnya semakin besar dan ramai, sehingga oleh penduduk disebut juga sebagai Gam Lamo atau kampung besar (belakangan orang menyebutnya Gam Lamo dengan Gamalama).

Ternate sedemikian populer sehingga orang kemudian lebih suka menyebut Kesultanan Ternate dari pada Kesultanan Gapi. Di masa-masa awal, suku Ternate dipimpin oleh para momole. Setelah membentuk kesultanan, jabatan pimpinan dipegang seorang raja yang disebut Kolano. Mulai pertengahan abad ke-15, Islam diadopsi secara total oelh Ternate dan penerapan syariat Islam diberlakukan.

Sultan Zainal Abidin meninggalkan gelar Kolano dan menggantinya dengan gelar Sultan. Para ulama menjadi figur penting dalam kesultanan. Pada masa kejayaannya wilayah kekuasaannya membentang mencakup Maluku, Sulawesi Utara, timur dan tengah, bagian selatan Kepulauan Filipina hingga Kepulauan Marshall di Pasifik.

Baca juga: Puncak kejayaan kerajaan Ternate

Kesultanan Tidore Tahun 1322 Akhir – Abad 18

Kesultanan Tidore berpusat di Tidore, Maluku Utara. Berdiri pada tahun 1322, pada masa jayanya (sekitar abad ke-16 sampai abad ke-18) kesultanan ini menguasai sebagian besar Halmahera selatan, Pulau Buru, Ambon, dan banyak pulau di pesisir Papua Barat.

Raja pertama Tidore yang menggunakan gelar sultan adalah Caliati atau Jamaluddin yang memerintah dari tahun 1495-1512. Sebelumnya tidak terdapat catatan sejarah siapa raja yang berkuasa sebelum Caliati. Sejarawan Belanda F.S.A. de Clercq mencatat pada tahun 1334 Tidore dipimpin oleh seorang yang bernama Hasan Syah.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia