Sejarah Awal Kemunculan Permen di Dunia

Diperbarui oleh ∙ December 28, 2021 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Awal Kemunculan Permen di Dunia – Permen kita ketahui sangat disukai di dunia dan tahu tidak kalau sebenarnya Resep permen sudah tertulis di makam Firaun Tutankhamen dan Ramses yang hidup 40 abad silam. Masa itu permen dibuat dari madu, rempah-rempah ditambah biji-bijian supaya gurih.

Ketika Iskandar Agung dari Masedonia menaklukan Persia, 24 abad yang lalu diketahui tentaranya suka mengisap-isap kand. Permen primitif itu adalah tangkai tanaman yang dicelup ke madu dicampur rempah-rempah.

Karena madu tidak mudah diperoleh, permen merupakan barang mewah. Kenapa tidak memakai gula saja? Habis, waktu itu manusia belum bisa membuat gula.

Sejarah Awal Kemunculan Permen di Dunia

Baru pada aban ke-3 atau ke-4 manusia bisa membuat gula tebu di Persia. Pengetahuan ini menyebar ke Arab,Afrika Utara dan Eropa. Permen pun dibuat dari gula. Dalam bahasa Inggris permen disebut candy. Mungkin berasal dari kata kand (permen serdadu Iskandar Agung itu), mungkin pula dari kata Arab qand yang artinya gula.

Pada akhir abad ke-15, Columbus memperkenalkan tebu dari benua Amerika ke pelbagai tempat. Bermunculah perkebunan tebu dan kemudian pabrik gula di daerah tropis. Abad XIX, di zaman Kaisar Napoleon, produksi gula bit digalakan di Eropa. Di seluruh dinia menjadi lebih banyak dan lebih murah.

Pertengahan abad ke-19 manusia mampu membuat mesin-mesin canggih pembuat permen bisa dibuat banyak dan murah. Kira-kira seabad kemudian , di kota maupun di desa, kita bisa membeli permen.

Dulu di Indonesia, permen disebut “kembang gula” atau “gula-gula”. Kata “permen” Cuma dipakai untuk menyabut permen rasa peppermint yang putih, pipih, bulat, dan pedas. Entah bagaimana, kata permen bisa menggantikan “kembang gula” atau “gula-gula”.

Berikut berbagai jenis permen dan penemunya:

Permen Cokelat

Permen cokelat pertama di dunia diciptakan oleh seorang Belanda, Conrad J. Van Houten pada tahun 1828. Dia yang memeras biji cokelat yang dimasaknya yang kemudian dicampur gula hingga menjadikannya permen.

Permen Karet

Thomas Adams, seorang Amerika yang menciptakan permen dari bahan karet pada tahun 1869. Penemuannya tak sengaja karena awalnya ia ingin membuat mainan dari ban sepeda namun percobaannya selalu gagal.

Ketika ia memasukan karet ke dalam mulutnya timbulah ide untuk menambahkan rasa di karet itu hingga terciptalah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan.

Permen Coklat Susu

Pada tahun 1875, Henry Nestle, seorang pembuat susu kental manis dan Daniel Peter, seorang pembuat cokelat yang memadukan dua unsur ini menjadi satu dan mendirikan perusahaan cokelat susu pertama didunia

Permen Lolly Pop

Lolly Pop, permen bertangkai ini diberi nama oleh George Smith H, berdasarkan nama kuda balapnya pada tahun 1908. Tak banyak diketahui awal dari keberadaan permen lollypop ini. Namun mesin pembuat permen Lolly Pop diciptakan oleh Samuel Born warga Amerika keturunan Rusia.

Permen Mint

Pada tahun 1912 Clarence Crene menciptakan permen mint. Keberadaan permen mint itu sendiri sebenarnya sudah ada di daratan Eropa namun kebanyakan berbentuk persegi. Crene akhirnya mencoba membuat permen mint dengan bentuk yang lain yaitu bulat dan bolong di tengahnya.

‘Life saver’ itulah nama awal permen ini disebut karena memang bentuknya mirip seperti pelambung atau ban menyelamat, dan sekarang permen ini lebih dikenal orang dengan sebutan permen polo.

Baca jugaL Sejarah di Balik Lagu Nina Bobo

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia