Pinhome

Sejarah Asal Usul Makanan Lontong

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 9 March 2012 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Asal Usul Makanan Lontong – Lontong merupakan makanan tradisional Indonesia, Lontong terbuat dari beras yang dikukus di dalam bungkus dari daun pisang, Karena dikukus dalam daun pisang, lontong dapat berwarna hijau di luarnya, sedangkan berwarna putih di dalamnya. Lontong banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia sebagai pengganti nasi putih. Walau juga dibuat dari beras lontong memiliki aroma yang khas.

Lontong banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia sebagai pengganti nasi putih. Walau juga dibuat dari beras, lontong memiliki aroma yang khas. Yang pasti lontong dan ketupat adalah makanan masakan khas asli dan original buatan Indonesia.

Keasliannya tak ubahnya dengan Warok. Kalaupun ada lontong dan ketupat di negara lainnya seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura. Itu tidak lain adalah budaya serapan yang dibawa oleh perantau Indonesia ke negeri tersebut sejak dulu kala.

Di masing daerah-daerah yang terdapat di Indonesia Lontong banyak memilik perbedaan contonya saja:

1. Lontong Balap Surabaya

Makanan yang biasanya didominasi oleh sayuran kecambah ini merupakan makanan berkuah ciri khas kota Surabaya yang diracik dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal.

2. Kupang lontong

Kupang lontong adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya dan Sidoarjo. Bahan utama yang digunakan adalah “Kupang” yaitu hewan laut semacam kerang, bentuknya kecil.

3. Lontong orari Lontong

Orari biasanya dihidangkan dengan dua lontong segitiga yang berukuran jumbo. Kuahnya diguyur dari atas sampai menggenang di bawahnya. Warna kuahnya memang tidak sekuning kuah ketupat kandangan karena tidak memakai kunyit. Lauknya adalah telur rebus dan ikan haruan goreng masak habang yang disajikan dengan piring terpisah.

4. Ketoprak Jakarta

Makanan tradisional Betawi ini memang sudah banyak penggemarnya. Potongan lontong, taburan tauge dan bihun yang di campur dengan bumbu kacang yang kental, pasti akan membuat kenyang perut anda. Tak sulit untuk menemukan makanan ini bila anda sedang berkunjung ke Jakarta, karena hampir di setiap sudut kota Jakarta terdapat tempa-tempat yang menyediakan ketoprak jakarta.

5. Rujak Cingur

Menu ini merupakan makanan yang sangat populer di Surabaya.atu porsi Rujak Cingur terdiri dari campuran lontong, tempe, cingur, irisan mentimun, mangga muda, krai (mentimun khas Surabaya), bengkoang, dan nanas.

Tak ketinggalan beberapa jenis sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung, dan kacang panjang.Bumbu dasar dari Rujak Cingur ialah campuran petis dan cingur, itulah mengapa rujak ini disebut rujak cingur. Campuran ini lalu ditaburi di atas lontong, sayuran, dll. Lebih nikmat lagi bila disantap bersama kerupuk.

6. Lontong opor

Lontong opornya sangat mirip dengan sajian yang secara umum juga dikenal dengan nama lontong capgomeh. Irisan lontong dengan opor ayam dan kuahnya, sambal goreng ati-ampla, sayur buncis, dan setengah telur rebus, ditaburi bubuk kedelai.

7. Gado-gado

Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa lontong dan sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

8. Karedok

Karedok dibuat dengan bahan-bahan sebagai berikut antara lain ketimun,lontong, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

9. Lontong Sate

Lontong sate merupakan hidangan dengan hidangan utamanya sate, sementara lontongnya merupakan pendamping dari sajian teesebut.

Sate yang biasa dibuat untuk sajian ini terbuat dari daging kambing dan daging sapi yang dipanggang di atas arang yang kemudian di atasnya diberi lumuran bumbu kacang dan irisan bawang merah.

Referensi:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia