Pinhome

Ini Dia Tiga Manfaat Sedekah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 18 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Sedekah merupakan salah satu amalan yang bisa menjadi bekal umat muslim untuk meraih keberkahan-Nya. Perintah mengenai sedekah terdapat dalam beberapa hadis dan dalil. Dalam banyak hadis, juga disebutkan manfaat manfaat shadaqah atau sedekah. Untuk itu, Sobat Hijrah tidak perlu lagi dalam menjalankan ibadah mulai ini. 

Pinhome – Lantas, apa sajakah manfaat dari bersedekah? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan ini sampai habis. Dalam ulasan berikut disebutkan tiga manfaat sedekah serta keutamaan lainnya. Selain itu, ada pula penjelasan hadits mengenai bersedekah dalam Islam. 

Baca Juga: Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadhan Bagi Kamu Yang Menjalankannya

Hadis Tentang Perintah Sedekah

(Unsplash)

Baca Juga: Hadist Tentang Sedekah Dalam Islam Dan Penjelasannya

Dalam surah Al-Talaq ayat 7, Allah SWT memerintah umat muslim untuk bersedekah. Daia berjanji akan membalas kebaikan umat muslim yang bersedekah. 

لِيُنفِقْ ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِۦ ۖ وَمَن قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُۥ فَلْيُنفِقْ مِمَّآ ءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَآ ءَاتَىٰهَا ۚ سَيَجْعَلُ ٱللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Arab latin: Liyunfiq żụ sa’atim min sa’atih, wa mang qudira ‘alaihi rizquhụ falyunfiq mimmā ātāhullāh, lā yukallifullāhu nafsan illā mā ātāhā, sayaj’alullāhu ba’da ‘usriy yusrā. 

Artinya: “Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” 

Selain itu, Rasulullah SAW pun bersabda demikian: 

فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Artinya: “Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” – HR. Bukhari Nomor 1413, 3595 dan Muslim Nomor 1016.

Jika merujuk dari surah dan hadis di atas, sedekah dapat dilakukan sesuai kemampuan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW pun mengatakan seorang muslim bisa bersedekah sekalipun hanya sebiji kurma. 

Manfaat Shadaqah atau Sedekah

(Unsplash)

Tak perlu bingung jika diminta untuk sebutkan tiga manfaat sedekah, karena amalan ini memiliki keutamaan yang sangat banyak. Nah, berikut ialah beberapa manfaat sedekah yang didapatkan oleh umat muslim yang melaksanakannya. 

Sedekah dapat melipatgandakan pahala

Sedekah yang dilakukan dengan ikhlas dapat mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya yakni membuat harta lebih berkah. Tak perlu takut miskin, karena Allah SWT justru menjanjikan kepada umatnya balasan yang lebih atas apa yang disedekahkan. Hal ini sesuai dalam bacaan surah Al-Baqarah ayat 261. Berikut bacaannya: 

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” 

Sedekah dapat mendekatkan kita dalam kebaikan

Kebiasaan bersedekah dapat mendekatkan kita dalam kebaikan. Pasalnya, amalan ini bisa menumbuhkan sikap simpati dan empati kepada sesama umat muslim. Terutama untuk mereka yang membutuhkan. 

Selain itu, sedekah juga dapat membantu mengumpulkan pahala kecil yang disukai oleh Allah SWT. Sebagaimana bunyi dalam surah berikut: 

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُم بِٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Arab latin: Allażīna yunfiqụna amwālahum bil-laili wan-nahāri sirraw wa ‘alāniyatan fa lahum ajruhum ‘inda rabbihim, wa lā khaufun ‘alaihim wa lā hum yaḥzanụn. 

Artinya: Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Dalam surah An-Nisa ayat 114 juga disebutkan pahala dari amalan sedekah ini. Berikut bacaannya: 

۞ لَّا خَيْرَ فِى كَثِيرٍ مِّن نَّجْوَىٰهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَٰحٍۭ بَيْنَ ٱلنَّاسِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ ٱبْتِغَآءَ مَرْضَاتِ ٱللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Arab latin: Lā khaira fī kaṡīrim min najwāhum illā man amara biṣadaqatin au ma’rụfin au iṣlāḥim bainan-nās, wa may yaf’al żālikabtigā`a marḍātillāhi fa saufa nu`tīhi ajran ‘aẓīmā. 

Artinya: “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.”

Mendapat perlindungan di hari akhir

Sedekah yang dilakukan semasa hidup dapat menjadi bekal saat hari akhir tiba. Amalan ini bisa melindungi dari siksa api neraka yang menyeramkan. 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda yang artinya demikian:

“Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya.” – HR. At-Thabrani.

Bentuk Sedekah

(Unsplash)

Sedekah tak melulu harus dengan uang. Bahkan melakukan kebaikan kecil (selama kita ikhlas) pun bisa dikatakan sebagai sedekah. 

Rasulullah SAW dalam sebuah hadis bersabda yang artinya demikian: 

“Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” -HR Bukhari.

Jika merujuk dari hadis tersebut, maka tak punya uang bukanlah penghalang untuk bersedekah. Sebab, kamu masih bisa melakukan banyak sedekah atau amalan baik lainnya. Salah satu cara sederhananya yakni dengan melempar senyum kepada sesama umat muslim saat berpapasan. 

Demikian ulasan mengenai manfaat sedekah serta keutamaannya. Semoga bisa menjadi pengingat sekaligus motivasi untuk Sobat Hijrah dalam mengamalkannya.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel