Pinhome

Lifestyle

Sebutkan Ciri-Ciri Orang Munafik dan Akibatnya!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 1 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Munafik adalah suatu perbuatan atau perilaku yang tidak sesuai dengan maksud hatinya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) munafik diartikan sebagai sikap atau orang yang pura-pura percaya dan setia pada agama, padahal sebetulnya hatinya tidak. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa orang munafik ialah bermuka dua. Nah, yuk sebutkan ciri-ciri orang munafik, Pins!

Pinhome – Istilah munafik juga dikenal dengan nama nifak. Perbuatan ini merupakan salah satu hal yang dibenci oleh Allah SWT. Bahkan, ada banyak ayat dan hadis yang menyebutkan seperti apa ciri-ciri orang munafik dan akibatnya. Selengkapnya, simak uraian mengenai ciri-ciri orang munafik dan akibatnya dalam artikel berikut. 

Hadits Mengenai Orang Munafik 

(Tempo)

Di dalam Al-Quran, Allah SWT menyebutkan orang munafik dalam 13 ayat. Bahkan dalam surat An-Nisa ayat 145, Allah SWT bersabda bahwa orang munafik akan ditempatkan di neraka paling bawah. Mereka tidak akan pernah menerima pertolongan. Berikut bacaan ayatnya: 

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

Arab Latin: Innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār, wa lan tajida lahu naṣīrā

Artinya: “Sungguh, orang-orang munafik akan (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.”

Perilaku munafik ini sangat dibenci oleh Allah SWT. Pasalnya, orang munafik kerap bersikap tidak menentu dan susah ditebak kebenarannya.

Nabi Muhammad SAW pun khawatir jika umat muslim memiliki sifat ini. Hal tersebut disampaikannya dalam hadis dengan arti berikut:

“Sungguh yang paling aku khawatirkan atas kalian semua sepeninggalku adalah orang munafiq yang pintar berbicara.” – HR At-Tabrani.

Baca Juga: Orang Yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda Tidak Baik. Simak Detailnya Di Sini!

Ciri-ciri Orang Munafik

sebutkan ciri ciri orang munafik
(Best Life)

Menurut Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, ada tiga ciri-ciri orang munafik. Berikut ini bacaan hadisnya serta penjelasannya. 

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: Tanda orang munafik tiga; apabila berkata ia berbohong, apabila berjanji ia mengingkari, dan bila dipercaya ia berkhianat.”

Untuk mengetahui lengkapnya, Pinhome sebutkan ciri-ciri orang munafik berikut ini:

1. Dusta atau bohong 

Ciri-ciri pertama orang munafik yakni suka berbohong atau berkata dusta. Perbuatan ini tidak disukai Allah SWT karena dapat merugikan orang lain maupun diri sendiri. 

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad Musnad, Rasulullah bersabda:

وَيْلٌ لِلَّذِى يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَ

Artinya: “Celaka baginya, celaka baginya, celaka baginya. Iaitu seseorang yang berdusta agar orang-orang tertawa.” – HR. Imam Ahmad Musnad.

2. Ingkar janji 

Ingkar janji merupakan satu tindakan di mana seseorang tidak dapat menepati janji atau komitmennya. Perilaku ini juga masuk dalam golongan ciri-ciri orang munafik.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan janji yang diucapkan, terlebih jika kamu tidak bisa atau ragu untuk menepatinya. 

Dalam satu ayat, Allah SWT berfirman: 

وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُوْلاً

Artinya: “Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti dimintai pertanggungjawabannya.” – QS. Al-Isra’: 34.

Selain itu, dalam surat An-Nahl ayat 91 pun disebutkan mengenai janji yang tidak boleh diingkari. Berikut arti dari ayat tersebut: 

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah; apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpahmu itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.” – QS. An- Nahl ayat 91.

3. Berkhianat

Ciri-ciri orang munafik berikutnya ialah berkhianat. Umumnya, mereka yang berkhianat tidak pernah konsisten dengan ucapan dan perbuatannya. Mereka akan dengan bangga ‘meninggalkan’ satu komitmen atau janji tertentu.

Selain ketiga ciri-ciri di atas, orang munafik juga digambarkan sebagai seseorang yang memiliki sifat:

  1. Fujur dalam pertikaian atau perbuatan maksiat 
  2. Malas beribadah atau menunaikan kewajiban
  3. Riya
  4. Senang melebih-lebihkan. 

Akibat dan Ganjaran Orang Munafik 

sebutkan ciri ciri orang munafik
(Okezone)

Perilaku atau perbuatan munafik dapat mendatangkan banyak mudarat. Salah satunya yakni menghilangkan kepercayaan orang lain. Selain itu, perilaku ini juga tidak disukai oleh Allah SWT.

Bahkan, dalam salah satu ayat yang disebutkan sebelumnya, Allah SWT berfirman jika orang munafik akan menempati nereka paling bawah. 

Dalam kitab Sunan Tirmidzi, ada sebuah hadis yang menerangkan ganjaran orang munafik. Dalam hadis tersebut dikatakan bahwa orang munafik akan dijepit bumi hingga tulang rusuknya remuk. 

Berikut bacaan hadisnya: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ ، فَيَقُولَانِ : مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ ؟ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُولُ : هُوَ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ ، أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ . فَيَقُولانِ : قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ هَذَا ، ثُمَّ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ سَبْعُونَ ذِرَاعًا فِي سَبْعِينَ ، ثُمَّ يُنَوَّرُ لَهُ فِيهِ ، ثُمَّ يُقَالُ لَهُ : نَمْ ، فَيَقُولُ : أَرْجِعُ إِلَى أَهْلِي فَأُخْبِرُهُمْ ، فَيَقُولَانِ : نَمْ كَنَوْمَةِ الْعَرُوسِ الَّذِي لا يُوقِظُهُ إِلا أَحَبُّ أَهْلِهِ إِلَيْهِ حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ  

وَإِنْ كَانَ مُنَافِقًا قَالَ : سَمِعْتُ النَّاسَ يَقُولُونَ فَقُلْتُ مِثْلَهُ لا أَدْرِي . فَيَقُولَانِ : قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ ذَلِكَ ، فَيُقَالُ لِلأَرْضِ : الْتَئِمِي عَلَيْهِ ، فَتَلْتَئِمُ عَلَيْهِ ، فَتَخْتَلِفُ فِيهَا أَضْلاعُهُ ، فَلا يَزَالُ فِيهَا مُعَذَّبًا حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ   

Artinya: Abu Hurairah berkata, “Rasulullah bersabda: “Apabila mayat telah dikuburkan (salah satu diantaramu dikuburkan) maka datanglah dua malaikat yang hitam dan biru. Salah satunya bernama Munkar dan yang satunya lagi Nakir. Kedua malaikat itu berkata: “Apa yang kamu katakan tentang lelaki ini (Nabi Muhammad SAW)?” 

“Mayit menjawab seperti sebelum ia mati: Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, aku bersaksi bahwa tiada Dzat yang berhak diibadahi selain Allah SWT dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

“Kedua malaikat itu berkata lagi: “Kami tahu engkau akan berkata begitu.”  Lalu, diluaskanlah kuburannya, lebar dan panjangnya tujuh puluh hasta serta diterangi cahaya. Lalu diucapkan kepadanya: tidurlah.”

“Mayit itu berkata: Aku mau pulang kepada keluargaku dan memberitahukan (keadaanku) kepadanya.”

“Kedua malaikat berkata: Tidurlah seperti tidurnya pengantin yang tidak dibangunkan kecuali oleh keluarganya yang paling dicintainya, sampai Allah membangunkannya dari tempat pembaringannya itu.”

“Kalau mayit itu orang munafik, maka dia akan menjawab dengan berkata: “Aku mendengar orang-orang mengatakan demikian, maka akupun mengatakan seperti yang mereka katakan. Aku tidak tahu.”  

“Kedua malaikat itu berkata: Aku tahu kamu akan menjawab seperti itu. Lalu dikatakan kepada bumi: Jepitlah dia (orang munafik).”

Maka bumi menjepitnya sehingga tulang rusuknya remuk dan dia terus menerus dalam siksaan tersebut sampai Allah membangunkannya dari tempat siksaannya itu.”

Setelah Pinhome sebutkan ciri-ciri orang munafik dan akibatnya di atas, mestinya Pins menghindari perilaku ini. Hal ini perlu dilakukan supaya kita sebagai umat muslim makin dekat dengan berkah dan ridha-Nya. Tidak inginkan masuk ke neraka paling bawah atau dijepit bumi saat disiksa neraka?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel