Pinhome

Tips Properti

Satu dinding untuk dua rumah di Perumahan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Jika kita melihat sejenak beberapa perumahan di indonesia khususnya jakarta, bekasi, bogor ,depok, tangerang serta daerah lainya maka akan menemukan suatu kondisi dimana ada yang satu dinding untuk dua rumah di perumahan tersebut. Jadi masing-masing rumah sebenarnya hanya berhak memiliki setengah dinding saja. Tentunya banyak pertimbangan sehingga harus dibuat seperti ini, ada macam-macam keuntungan serta kerugian dengan menerapkan keputusan ini, untuk itu disini kita kan mencoba membahasnya secara detail, barangkali dapat bermanfaat 🙂

Alasan dibuat satu dinding untuk dua rumah

  1. Faktor penghematan, jadi developer perumahan bisa menghemat biaya bangun rumah sehingga bisa memperkecil harga jual. dengan begini diharapkan rumah bisa cepat laku habis terjual.
  2. Untuk memperbesar keuntungan pengembang perumahan. dinding dibuat satu untuk dua rumah tapi harganya tetap dihitung masing-masing dengan dinding sendiri, jadi pihak developer bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
  3. Untuk mempercepat proses pembangunan, ada efisiensi waktu dan tenaga sehingga rumah dapat terbangun lebih cepat.
  4. Mengoptimalkan tanah yang tersedia agar bisa terbentuk unit rumah sebanyak mungkin.
  5. Agar ruangan rumah tetap lebar meskipun tanah yang tersedia terbatas.
  6. Menghemat bahan bangunan.

Kerugian jika dibuat satu dinding untuk dua rumah

  1. Jika kualitas dindingnya tidak bagus maka ada kemungkinan terjadi lobang yang tembus tetangga. contohnya ketika memasang paku untuk centelan baju, maka harus berhati-hati pada situasi ini.
  2. Bunyi aktifitas keluarga tetangga akan sangat terdengar dirumah sebelah, jadi ada sisi privasi yang terbuka.
  3. Saat tetangga melakukan renovasi maka ada kemungkinan rumah sebelahnya menjadi terganggu aatau bahkan bangunan mengalami kerusakan, misalnya atap menjadi bocor dan sebagainya.
  4. Jika ingin merubah rumah menjadi 2 lantai, maka harus memasang dinding dan kolom lagi, sehingga ada kemungkinan ruangan menjadi menyempit.

Apapun kerugian dan keuntunganya, intinya adalah diperlukan sikap rukun antar tetangga pada rumah yang dindingnya hanya satu untuk berdua, dengan begini sebanarnya ada suatu keuntungan besar yang timbul yaitu munculnya rasa  persatuan dan kesatuan antar warga, kerukunan semakin erat karena sudah berbagi berbagi dinding rumah 🙂

Tags :

Bagikan Artikel