Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Sampah Organik Adalah Sampah yang Mudah Terurai. Ini Detailnya!

Lifestyle

Sampah Organik Adalah Sampah yang Mudah Terurai. Ini Detailnya!

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 16 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sampah diartikan sebagai benda atau barang yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya; kotoran seperti daun dan kertas. Sampah dinilai masyarakat sebagai hal yang tidak penting yang tidak ada lagi kegunaannya. Padahal sebenarnya sampah tersebut juga berperan penting bagi kehidupan yang dibagi atas dua jenis. Sampah organik adalah varian sampah yang mudah terurai pada prosesnya, sedangkan sampah anorganik sangat sulit terurai.

Pinhome – Perbedaan yang signifikan akan kedua jenis sampah masih sulit diidentifikasi oleh sebagian masyarakat. Maka dari itu, edukasi tentang sampah ini memang perlu dilakukan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Pada dasarnya jenis sampah terbagi atas dua jenis yaitu sampah organik dan anorganik. Contoh sampah organik adalah sayur, mayur, kebanyakan limbah rumah tangga dan sampah anorganik berasal dari benda-benda industri seperti plastik, kaleng, kaca, besi dan lainnya.

Bila kita mengetahui dengan benar pengolahannya dan bagaimana perannya bagi kehidupan. Seharusnya sudah tidak ada lagi hal-hal yang dapat merusak bumi tempat kita tinggal. Dalam artikel kali ini, Pinhome akan lebih menekankan pada pengertian apa itu sampah organik dan penjelasan manfaat sampah tersebut. Mari kita simak bersama-sama!

Apa itu Sampah Organik?

(unsplash)

Seperti pada pemaparan yang telah disebutkan pada alinea di atas, sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai yang berasal dari limbah industri maupun limbah rumah tangga. Contoh sampah organik adalah sampah seperti sisa-sisa makanan, buah-buahan, sayur mayur dan juga ranting, kayu, dan daun kering.

Apa itu sampah organik dapat terlihat dari sifatnya yang mudah hancur dan busuk sekaligus menimbulkan aroma yang tidak sedap yang dapat menimbulkan bakteri berlebih bila tidak disisihkan dengan baik. Bakteri tersebut bisa berbahaya pula bagi tubuh manusia, maka dari itu sebaiknya untuk sampah organik agar secepatnya ditempatkan terpisah dari kehidupan rumah tangga agar tidak membahayakan. Namun dengan bantuan bahan kimia, sampah organik dapat sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Jenis- Jenis Sampah Organik

(unsplash)

Sampah organik pun memiliki jenis yang dapat dengan mudah dibedakan menurut kategori, sebagai berikut:

Sampah Basah

Ciri-ciri utama sampah organik memang terletak dari kandungan air yang banyak pada setiap jenisnya. Hal tersebut yang membuat sampah organik basah mudah terurai. Contoh-contohnya seperti kulit buah, sampah makanan sisa, sayur-sayuran, kulit bawang, biji-bijian hingga kotoran manusia maupun hewan. Selain pengolahan secara langsung, sampah organik basah juga dapat diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu lewat panas matahari. Ini pula yang menjadikannya bisa dijadikan kerajinan tangan.

Sampah Kering

Jenis selanjutnya adalah sampah organik kering. Contoh sampah organik adalah sampah kering yang dihasilkan oleh mahluk hidup. Namun, perbedaannya dengan anorganik adalah sampah ini tetap sampah yang dihasilkan secara alami tanpa bantuan tangan manusia seperti batang pohon, kulit telur, daun kering, kayu, tempurung kelapa, gergaji, sampai kerang. Inti utamanya adalah kandungan air di dalamnya sedikit.

Perbedaan Sampah Organik dan Anorganik

(unsplash)

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, contoh sampah organik adalah sampah yang dihasilkan dari sisa makhluk hidup mudah terurai secara alami yang termasuk dalam golongan limbah rumah tangga maupun kotoran makhluk hidup. Mengapa mudah terurai dikarenakan sebagian besar jenis kandungannya adalah air yang menimbulkan kelembaban tinggi. Dengan sifatnya tidak heran sampah organik lebih cepat membusuk.

Lain hal dengan sampah anorganik. Sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari percampuran tangan manusia, tidak mudah untuk diurai dan pada barang tertentu membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai secara alami. Sampah yang termasuk sampah anorganik adalah botol kaca, kantong plastik, besi, aluminium, dan botol plastik. Jenis sampai satu ini dapat didaur ulang dan dapat membahayakan bumi bila tidak dimanfaatkan dengan baik.

Manfaat Sampah Organik Bagi Kehidupan

(unsplash)

Mayoritas masyarakat masih membiarkan sisa-sisa sampah organik dikirim ke tempat penampungan sampah tanpa mempedulikan keuntungannya. Salah satu contoh sampah organik adalah sisa makanan sehari-hari yang Pins konsumsi. Walaupun sampah organik terkadang mengganggu akan bakteri dan aroma tidak sedap yang keluar tetapi ternyata sampah organik juga bermanfaat bagi kehidupan, antara lain:

  • Tambahan untuk makanan hewan ternak, jenis dedaunan yang dihasilkan dari sampah organik memang menjadi konsumsi tambahan untuk makanan hewan ternak. Sebelum memberikan kepada hewan ternak, bersihkan sampah dan pilihlah yang baik.
  • Dapat dibuat karya kerajinan tangan, keunikan dari ragam kerajinan tangan yang dibuat di pasaran memiliki nilai jual tinggi untuk beberapa barang. Hal tersebut tidak terlepas dari peran bahan yang digunakan. Beberapa sampah organik memang dapat dibuat menjadi sebuah karya yang layak diperjualbelikan. Seperti batok kelapa menjadi bahan bakar, maupun peralatan masak ataupun kerang laut menjadi souvenir.
  • Sampah organik dapat menjadi kompos, manfaat sampah organik yang terkenal adalah menjadi kompos. Apa itu sampah organik yang dapat dijadikan pupuk kompos bisa berasal dari sisa makanan dan sayuran yang diolah secara benar (hasil pelapukan) Tempatkan di dalam lubang tanah, tunggu dan unsur hara yang dihasilkan dapat menyuburkan tanaman.
  • Pendapatan Sampingan, mempelajari dengan benar pengolahan sampah organik memang dapat menghasilkan pundi-pundi tambahan. Seperti menjual kerajinan tangan, membuat pupuk rumahan, hingga berjualan makanan ternak tambahan.
  • Dapat dijadikan bahan utama pembuatan energi, untuk cara satu ini memang tergolong lebih rumit. Kamu memerlukan teknologi canggih dalam prosesnya. Pengolahan kotoran ternak, manusia maupun tahu tempe dengan cara benar bisa menghasilkan energi listrik maupun gas untuk memasak. 

Itulah penjelasan rinci mengenai apa itu sampah organik dengan manfaatnya bagi kehidupan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel