Berapa Besaran Saldo Minimal Mandiri? - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Apa Itu Saldo Minimal Mandiri dan Berapa Besarannya?

Apa Itu Saldo Minimal Mandiri dan Berapa Besarannya?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 29 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Bank Mandiri masih menjadi salah satu lembaga perbankan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bank yang merupakan milik negara ini dapat dengan mudah diakses karena tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Selain itu, besar setoran dan saldo minimal Mandiri juga cukup terjangkau bagi nasabahnya.

Saat memutuskan untuk membuka tabungan, ada berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh calon nasabah. Beberapa hal yang mempengaruhi keputusan tersebut di antaranya yaitu jenis tabungan, jumlah setoran awal, biaya administrasi, dan juga saldo minimal. Selain itu, keuntungan lain seperti bunga dan jenis kartu juga menjadi pertimbangan nasabah.

Setiap bank tentunya memiliki kebijakan yang berbeda terkait tabungan yang disediakan. Seperti halnya Bank Mandiri yang membuat ketentuan saldo minimal Mandiri yang berbeda dengan bank lainnya. Buat Pins yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang saldo minimal, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Kode Bank Mandiri Dan Langkah-Langkah Transfer Uang Via ATM

Apa Itu Saldo Minimal Rekening?

(Denpono Blog)

Saldo minimal merupakan batas saldo paling rendah yang harus ada di tabungan milik nasabah. Setiap bank menetapkan jumlah saldo minimal yang berbeda-beda. Ada yang mengharuskan nasabahnya untuk memiliki saldo paling kecil yaitu Rp 100.000 ada juga yang membatasinya sampai Rp 200.000.

Selain bergantung pada bank penyedia layanan, saldo minimal juga dipengaruhi oleh jenis tabungan yang dipilih. Secara umum, tabungan berjenis reguler memiliki saldo minimal sebesar Rp 50.000 sampai Rp 200.000. Sedangkan untuk tabungan khusus bisnis akan memiliki ketentuan saldo yang lebih tinggi misalnya yaitu antara Rp 1.000.000 hingga Rp 10.000.000.

Baca juga: Beda Kode Bank Mandiri Syariah dan BSI Pasca Merger

Mengapa Saldo Minimal Diperlukan?

(Atursaja)

Bank menetapkan adanya saldo minimal bukan tanpa alasan. Adanya saldo ini akan menjaga rekening milik Pins untuk selalu aktif. Meskipun Pins tidak bertransaksi dalam waktu tertentu, asalkan masih ada saldo di rekening, maka tabungan akan tetap aktif.

Hal lain yang perlu diketahui tentang saldo minimal yaitu waktu penyimpanannya. Apabila selama satu bulan hanya terdapat saldo minimal saja di sebuah rekening, maka pada bulan berikutnya nasabah akan dikenai denda untuk saldo minimum. Besaran dendanya sendiri berbeda-beda tergantung masing-masing bank, biasanya antara Rp 5.000 – Rp 250.000.

Jika Pins terus membiarkan rekening dengan saldo minimal, maka setelah jangka waktu tertentu, tabungan milik Pins akan otomatis dinonaktifkan oleh bank. Hal ini juga menjadi alasan lain tentang perlunya saldo minimal. Uang yang berada di dalam rekening tersebut akan digunakan bank untuk biaya administrasi penutupan rekening.

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Dan Mengirim Uang Via ATM Mandiri

Saldo Minimal Mandiri

(Lifepal)

Bank Mandiri menyediakan banyak jenis tabungan yang bisa dipilih oleh calon nasabah. Setiap jenis tabungan memiliki fasilitas, keuntungan, dan biaya yang berbeda-beda, salah satunya yaitu saldo minimal. Berikut ini saldo minimal Mandiri untuk jenis-jenis tabungan yang tersedia.

TabunganKu Mandiri

Jenis tabungan pertama yang disediakan oleh Bank Mandiri yaitu TabunganKu Mandiri. Simpanan ini banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena ditujukan khusus untuk menabung.

Pins yang ingin memiliki rekening TabunganKu Mandiri, cukup mendaftarkan diri ke Bank Mandiri. Selain syarat seperti identitas, Pins perlu melakukan setoran awal sebesar Rp 20.000 atau Rp 10.000. Kemudian, untuk saldo minimalnya sendiri yang harus ada di rekening yaitu sebesar Rp 20.000.

Tabungan Bisnis

Sesuai dengan namanya, Tabungan Bisnis dari Bank Mandiri ditujukan untuk para pelaku bisnis. Tabungan ini disediakan supaya perusahaan bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi keuangan. Selain itu, keuntungan lainnya dari tabungan ini yaitu bisa digunakan dalam mata uang Rupiah maupun Dollar Amerika.

Bagi pelaku usaha yang ingin memiliki rekening ini, maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Syarat setoran awalnya yaitu Rp 10.000.000. Sedangkan untuk saldo ditahan yaitu Rp 10.000 dan saldo minimal akhir bulan harus sejumlah Rp 10.000.000.

Baca juga: 5 Bank Terbesar di Indonesia dan Cara Jadi Nasabah

Tabungan Rupiah

Tabungan Rupiah juga menjadi salah satu jenis tabungan yang banyak digunakan oleh nasabah Bank Mandiri. Bisa dibilang, tabungan ini merupakan tabungan reguler yang disediakan Bank Mandiri. Nasabah akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM, buku tabungan, dan lain-lain.

Setoran awal yang diperlukan untuk pembukaan tabungan ini yaitu sebesar Rp 500.000. Saat mendaftar, Pins jangan lupa untuk membawa identitas diri dan juga nomor pajak jika punya. Setelah berhasil membuka rekening, nasabah akan diminta untuk memiliki saldo minimal tabungan yaitu sebesar Rp 100.000.

Tabungan Valas Mandiri

Khusus bagi nasabah yang ingin menyimpan menabung dengan menggunakan mata uang asing, bisa memilih Tabungan Valas Mandiri. Pins bisa menyimpan berbagai jenis mata uang asing seperti Dollar Amerika, Euro, Yen Jepang, dan lain-lain.

Syarat pendaftaran dan juga biaya administratif untuk tabungan ini bergantung pada mata uang yang digunakan. Sebagai contoh, saldo minimal untuk Dollar Amerika yaitu sebesar USD 100. Sedangkan bagi yang menggunakan Dollar Singapura, saldo minimal yang ditetapkan yaitu sebesar SGD 200.

Mandiri Tabungan Haji

Bank Mandiri juga menyediakan layanan bagi masyarakat yang ingin menabung untuk menunaikan ibadah Haji. Calon nasabah hanya perlu membuka rekening ini dan melakukan setoran awal sebesar Rp 100.000. Kemudian, supaya rekening tetap aktif, saldo minimal di tabungan ini haruslah sebesar Rp 100.000.

Sebelum Pins membuka rekening di Bank Mandiri, pastikan sudah mengetahui jumlah saldo minimal Mandiri yang ditetapkan sesuai dengan jenis tabungan. Setelah menemukan tabungan yang cocok, segeralah melakukan pembukaan rekening baik secara online atau pun datang ke kantor cabang terdekat.

Baca juga:

Kontributor: Safina

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel