Sabun Perontok Daki di Indomaret / Alfamart

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Pernah nggak sih waktu mandi, udah pakai sabun, begitu kulit digosok pakai tangan, eh masih banyak dakinya. Kalau dibiarkan, bisa bikin kulit kusam. Gimana sih cara membersihkannya? Apakah ada sabun perontok daki di Indomaret / Alfamart?

Daki yang menempel di tubuh bisa berasal dari debu yang berterbangan di udara, kemudian menempel ke kulit, bercampur dengan keringat yang dihasilkan tubuh, ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang melekat di kulit.

Menurut penjelasan dr Taneya Putri Zahra lewat situs alodokter.com, cara membersihkan daki secara umum adalah dengan menggunakan sabun dan menggosok secara tepat. Adapun sabun yang digunakan adalah sabun yang bersifat basa, karena yang bikin daki menempel di kulit adalah keringat dan bakteri kulit yang bersifat asam.

Kalau bahas asam basa, aku jadi ingat pelajaran kimia waktu SMA. Suatu zat dikatakan asam jika pH-nya di bawah 7, dan dikatakan basa jika pH-nya di atas 7. Sedangkan kalau suatu zat pH-nya 7, berarti netral.

Lalu bagaimana cara mengecek pH suatu zat? Cara mudahnya bisa dengan menggunakan kertas lakmus, yang bisa didapatkan dengan mudah lewat marketplace.

Tapi, sebetulnya kalian tak perlu repot-repot mengukur pH sabun demi mendapatkan sabun yang bersifat basa. Pada umumnya, sabun mandi bersifat basa.

Kalau sabun mandi biasa, tentu banyak dijual di Indomaret maupun Alfamart, contohnya sabun Lifebuoy, Nuvo, Giv, dan sabun Dettol.

Sabun wajah juga ada. Tapi, kalau sabun wajah sebaiknya untuk wajah, kalau untuk membersihkan badan, jadi kurang efektif.

Masalahnya adalah, sudah pakai sabun mandi, tapi begitu digosok pakai tangan, masih banyak daki. Memang banyak sedikitnya daki tergantung dari lingkungan dan juga aktivitas seseorang. Kalau orang yang beraktivitas di luar ruangan, sangat berpotensi terkena banyak debu, bercampur dengan keringat, jadilah daki.

Tapi, kalau orang yang aktivitasnya di dalam ruangan, apalagi di ruangan ber-AC, atau dalam kondisi cuaca dingin, dakinya tidak banyak.

Nah, kalau tau dakinya banyak, untuk membersihkannya juga perlu waktu ekstra. Kalau banyak daki, tapi mandinya cepat, apalagi pakai sabunnya asal-asalan, gimana mau bersih?

Bila perlu gunakan scrub
Jika menggunakan sabun mandi dirasa kurang optimal untuk membersihkan daki, kalian bisa gunakan scrub untuk luluran setelah mandi. Ada banyak merk scrub dan lulur yang beredar di pasaran. Scrub dan lulur itu beda, tekstur scrub lebih halus ketimbang lulur. Baik lulur maupun scrub bisa dibeli di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Beberapa contoh merk lulur yang terkenal diantaranya adalah lulur Herborist, Purbasari Lulur Mandi, Sari Ayu Body Scrub, dan Marina Body Scrub. Kalau mau pakai scrub yang dijual lewat online juga silakan, tapi sebaiknya pilih yang sudah terdaftar di BPOM.

Penggunaan scrub tidak setiap hari, cukup 2-3 kali seminggu. Penggunaan scrub untuk kulit badan, bukan untuk kulit wajah. Kalau untuk wajah, bisa menggunakan masker.

Demikian pembahasan tentang sabun perontok daki yang dijual di Indomaret / Alfamart. Jadi, sebenarnya sabun mandi biasa saja sudah cukup untuk membersihkan daki. Sedangkan untuk perawatan kulit ekstra, kalian bisa menggunakan scrub.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia