BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Rumah Dingin Tanpa AC Terbaik
0
0

10 Ide Desain Rumah Dingin Tanpa AC Terbaik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 27, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ketika Pins ingin membuat rumah menjadi lebih nyaman dan segar. Tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya membuat desain rumah dingin tanpa ac. Karen ketika menggunakan AC, selain berdampak pada lingkungan. Pengunaan listrik juga jadi lebih boros ketika menggunakan AC.

Untuk itu penting membuat desain rumah adem tanpa AC. Apalagi cuaca di Indonesia mendukung untuk membuat hunian tetap dingin meskipun tanpa menggunakan AC sama sekali. Kamu bisa menemukan desain rumah seperti itu pada rumah second di Kec Bandung Kidul di sekitar RS Mayapada Bandung atau rumah baru di Kabupaten Bekasi misalnya Nismara Harapan Indah.

Manfaatkan fitur Pengajuan KPR dari Pinhome agar mampu segera mewujudkan rumah dingin tanpa AC yang diinginkan.

Tips Membuat Rumah Dingin Tanpa AC

Source : Rawpixel

Rumah yang sejuk tanpa AC harus memiliki banyak bukaan agar angin bisa masuk dan keluar dari dalam ruangan dengan mudah. Selain itu ada banyak hal yang perlu diperhatikan termasuk material bangunan. Cek poin lengkapnya di bawah ini agar rumahmu bisa memiliki suhu dingin walaupun tidak menggunakan AC:

  • Buat jendela dengan bukaan yang lebar dan buka setiap malam hari ketika matahari mulai tenggelam
  • Tirai memang bagus menahan cahaya masuk sehingga sinar matahari tidak langsung masuk. Buka tirai saat malam tiba agar udara dingin dapat masuk sementara pada siang hari sebaiknya ditutup
  • Tambahkan tanaman dalam ruangan agar nampak lebih asri dan membantu mengatur suhu ruangan. Misalnya tanaman palem, anggrek, lidah mertua dan lainnya yang menghilangkan kelembaban dan mengurangi suhu ruangan
  • Buat ventilasi atap agar panas tidak terperangkap di ruang loteng dan bisa keluar
  • Kurangin pemakaian elektronik yang membuat rumah terasa panas seperti oven ataupun komputer
  • Pilih material lantai yang menyerap panas rendah yakni batu alami seperti marmer atau granit

Baca juga: 

Ide Desain Rumah Adem Tanpa AC

Desain rumah adem tanpa AC sangat cocok untuk hunian yang berada di daerah tropis atau gurun. Selain menawarkan kesejukan alami juga termasuk rumah hemat energi yang mampu meminimalisir beban bulanan. Cek beberapa ide desain rumah adem tanpa AC sebagai berikut:

1. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Kipas Loteng

desain rumah dingin tanpa ac
Source : Attic Fan & Blower

Pada musim panas, suhu udara akan jauh meningkat dan loteng menjadi yang pertama menyerap panas yang masuk. Pins bisa memasang kipas loteng agar beban panas pada loteng bisa bersirkulasi dengan baik tanpa masuk ke bagian dalam rumah.

Pins bisa memasang kipas loteng pada bagian pelana rumah agar angin dalam bisa hembuskan ke luar supaya sirkulasi udara pada loteng tetap terjaga yang membuat rumah tidak panas.

2. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Warna Putih

rumah dingin tanpa ac
Source : Pixabay

Jika Pins menggunakan warna hitam atau gelap pada atap rumah. Maka dimusim panas atap akan menyerap panas dan bisa 100 derajat lebih panas dibandingkan udara disekitarnya. Nah, menggunakan atap berwarna putih akan memantulkan panas yang datang. Dengan begitu iklim di dalam rumah bisa tetap terjaga. 

3. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Kipas Jendela

rumah dingin tanpa ac
Source : Mebel Jogja

Sama seperti kipas loteng, menggunakan kipas jendela atau exhaust fan akan menjaga kesejukan di dalam rumah. Fungsi dari kipas jendela untuk mengeluarkan udara panas di dalam rumah terutama ketika cuaca sedang panas. 

Baca juga: Konsep Rumah Tumbuh

4. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Kipas Langit-langit

desain rumah dingin tanpa ac
Source : Pixabay

Penggunaan AC tentu akan memakan biaya mahal ketika membeli, perawatan dan biaya listrik. Pins bisa mengganti AC dengan menggunakan kipas pada langit-langit. Sesuaikan ukuran kipas dengan ruangan. Misalnya Pins bisa menggunakan kipas berukuran besar untuk kamar sehingga udara yang dihasilkan kipas bisa mencapai ke seluruh sudut ruangan.

5. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Tirai

desain rumah dingin tanpa ac
Source : Pixabay

Tirai atau gorden bukan hanya berfungsi sebagai penghalang penglihatan orang dari luar. Pins juga bisa menggunakan tirai untuk menghalau udara panas ketika cuaca sedang terik. Gunakan tirai yang tebal besar agar bisa menutupi semua celah jendela pada rumah.

Pins masih bisa membuka jendela namun panas dari matahari masih bisa dihalau. Dengan begitu sirkulasi udara rumah masih tetap terjaga dan rumah akan menjadi sejuk.

6. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Dapur Terpisah

rumah dingin tanpa ac
Source : Pixabay

Penggunaan kompor atau oven bisa menambah panas pada ruangan. Pins bisa membuat dapur terpisah agar ketika memasak tidak berdampak pada suhu rumah. Untuk mempermudah, Pins bisa membuat dua dapur yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Dapur kotor bisa Pins pisahkan dari ruangan utama, sedangkan dapur bersih bisa Pins gabungkan pada ruangan utama.

Baca juga: 17 Model Roster Bata Beton

7. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Lampu Neon Kompak

cara memasang lampu led strip di plafon
Source : Pixabay

Jika hunian Pins masih menggunakan lampu pijar, Pins bisa menggantinya dengan lampu neon Kompak atau sering disebut juga lampu CFL. Lampu neon kompak ini memiliki tegangan rendah dan tahan panas. Selain itu fungsi dari lampu CFL ini bisa menjaga kesejukan rumah ketika cuaca luar sedang trik.

8. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Halaman Dalam

Desain rumah dingin tanpa ac
Source : Visit Malaysia

Desain rumah dengan halaman dalam merupakan arsitektur tradisional khas Tiongkok. Membuat halaman di dalam rumah akan memberikan udara segar ke dalam rumah. Selain itu dengan halaman dalam, rumah akan jauh lebih terang ketika di siang hari sehingga penggunaan listrik akan semakin berkurang.

9. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Langit-langit Tinggi

desain garasi 2 mobil rumah tingkat minimalis
Source : Pinterest

Gaya langit-langit tinggi saat ini sudah sering dipakai pada rumah minimalis. Lahan yang terbatas biasanya membuat Pins memilih membangun rumah ke atas. Nah, membuat rumah dengan langit-langit tinggi tidak hanya memberikan kesan luas pada ruangan. Langit-langit yang tinggi juga membuat ruang bisa lebih banyak menampung udara agar udara di dalam ruangan bisa sejuk. 

10. Desain Rumah Dingin Tanpa AC dengan Tanaman Hijau

konsep rumah hijau
Source : Merdeka

Jika Pins tidak mempunyai cukup ruang untuk membuat halaman di dalam rumah. Pins masih tetap bisa membuat desain rumah adem tanpa AC dengan menempatkan tanaman hijau pada ruangan. Tanaman hijau akan menghasilkan udara segar pada siang hari dan memberikan kesejukan di malam hari.

Itulah 10 desain rumah dingin tanpa AC yang bisa Pins contoh pada hunian. Terapkan tips yang dijabarkan sebelumnya agar hunian semakin nyaman untuk ditinggali. Ruangan sejuk dan rumah tampak lebih asri.

Baca juga: Tips Membangun Rumah Sehat

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download