Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Konsep Rumah Hijau untuk Hunian yang Lebih Sehat dan Menenangkan

Konsep Rumah Hijau untuk Hunian yang Lebih Sehat dan Menenangkan

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 15 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Bangunan hijau merupakan sebuah bangunan yang didirikan dengan segala aspek di dalamnya yang menyangkut kelestarian sumber daya alam beserta isinya termasuk manusia dan keberlangsungan hidupnya. Salah satunya adalah pembuatan desain rumah hijau yang kini mulai banyak diadaptasi sebagian besar perumahan.

Pinhome – Konsep rumah hijau untuk hunian tidak hanya sekedar menanam berbagai macam tanaman di dalamnya, namun lebih dari itu. Menerapkan konsep bangunan hijau dalam rumah membuat kehidupan di dalamnya lebih sehat dan tentunya membawa aura positif yang membuat kehidupan lebih baik. Sumber daya alam yang tersedia secara gratis dan memiliki manfaat luar biasa menjadi energi utama dalam konsep hunian ini.

Nah, untuk Pins yang sedang berencana membuat kehidupan lebih baik dengan menerapkan desain rumah hijau. Intip yuk unsur-unsur penunjang yang dapat membuat rumah hijau mu kian sempurna berikut ini!

Baca Juga: Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan

Apa itu Rumah Hijau?

Di dalam era pandemi ini, pembangunan ruang terbuka mulai banyak dilakukan. Tidak hanya dalam segi hiburan, mayoritas restoran pun kini mengedepankan konsep ruang terbuka yang didukung dengan desain rumah hijau. Rumah hijau sendiri bisa diartikan sebagai rumah kaca atau rumah yang berisikan dengan segala macam tanaman yang dibudidayakan. Namun, rumah hijau juga merupakan sebuah hunian yang menerapkan prinsip meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan.

Inilah mengapa sebenarnya pembangunan rumah tersebut yang banyak dikatakan orang membutuhkan biaya mahal justru cenderung sangat terjangkau. Salah satu studi yang dilakukan oleh Bank Dunia dan South Pole pun mencatat bahwa pembangunan rumah konsep alam seperti ini di Indonesia tidak meningkatkan biaya konstruksi yang berlebih. Apa Pins masih ragu juga untuk membangunnya? Coba Pins perhatikan unsur-unsur penunjang terbaik di bawah ini.

5 Unsur Penunjang Konsep Rumah Hijau Pada Hunian

Penggunaan Material Organik dalam Hunian

rumah hijau
(Dezeen)

Pengggunaan material ramah lingkungan dalam rumah hijau memang sangat menarik. Perlu diketahui beberapa material bangunan yang mengandung bahan kimia bila digunakan dalam waktu lama dapat memicu sel kanker. Salah satunya adalah Volatile Organic Compound (VOC) yang terkandung pada alat rumah tangga berbahan plastik, cat dinding dan furniture plastik.

Untuk itu, menggunakan material berbahan organik maupun yang berkonsep ramah lingkungan menjadi hal yang tidak terlupa dalam desain rumah hijau. Contohnya seperti penggunaan dinding berbahan bambu. Material bambu tahan terhadap gempa bumi, dan terbukti tahan lama. Selain itu bobotnya yang ringan mempermudah Pins dalam melakukan pemasangan. Selain bambu Pins pun bisa menggunakan material yang mengandung tanah, jerami, mycelium, hempcrete, ashcrete hingga kayu.

Memaksimalkan Pencahayaan Alami dalam Rumah Hijau

(Just Window and Doors)

Konsep rumah hijau memang mengedepanan pencahayaan alami yang minim energi. Ini jelas akan menghemat pemakaian listrik. Untuk itu, Pins bisa membuat desain dengan kusen jendela berukuran besar pada setiap sisi rumah. Ini akan membantu cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Untuk membuat hunian tetap sejuk, Pins dapat menggunakan jenis kaca anti UV atau pun stiker kaca yang dapat meminimalisir panas matahari menyengat masuk ke dalam rumah.

Kehadiran cahaya matahari juga dapat memperkuat kinerja pada otak. Jadi, selama Pins bekerja di rumah tentu produktivitas akan semakin lebih baik dengan penggunaan cahaya alami. Selain penempatan jendela, Pins pun bisa menggunakan lampu dengan teknologi timer yang dapat di atur agar tidak menyala terus bila Pins lupa mematikan.

Mengedepankan Tumbuhan Hijau Pada Bangunan

(Unsplash)

Seperti yang Pins ketahui ide utama dari rumah ramah lingkungan adalah penanaman tanaman di dalamnya. Hal tersebut dapat berupa desain taman vertikal, mengoleksi tanaman hias, hingga mempunyai taman pada pekarangan rumah. Tumbuhan tersebut berguna untuk membuat aliran udara dalam rumah lebih baik dengan oksigen yang dikeluarkannya. Selain itu, beberapa tanaman hias pun memiliki manfaat bagi pengobatan. Inilah mengapa pentingnya tumbuhan sebagai unsur dalam rumah hijau.

Tidak hanya sampai disitu, kamu juga dapat membuat tema hunian lebih menarik dengan dekorasi tumbuhan pada tampilan rumah. Seperti penggunaan pagar tanaman, dinding yang diberi tanaman merambat, hingga tanaman hias yang diletakan pada setiap sudut ruangan. Hal tersebut dapat menambah estetika yang tinggi pada rumah hijau modern mu.

Mengedepankan Sirkulasi Udara yang Baik

rumah hijau
(Asia Con)

Tidak hanya pemakaian jendela dan pintu yang diutamakan dalam desain perumahah hijau, sirkulasi udaranya pun harus dipikirkan. Penggunaan jendela dan pintu ruang selain mengamanan rumah juga berfungsi pula sebagai sirkulasi udara. Untuk hunian hijau yang lebih berestetika, Pins bisa menggunakan lubang angin di dalamnya sebagai tambahan. Seperti penggunaan roster pada dinding, maupun ventilasi udara di tempat-tempat yang sulit terjangkau. 

Dengan begitu rumah akan terasa sejuk dan tidak lembab. Kelembapan sebuah ruangan bisa mempengaruhi fokus seseorang lho! Bila ruang sumpek dan lembab, akan menghambat konsentrasi dan juga membuat kamu merasa cepat lelah.

Penggunaan Energi Ramah Lingkungan

rumah hijau
(Zmescience)

Energi ramah lingkungan merupakan istilah yang digunakan pada suatu energi yang sumbernya tidak mencemari lingkungan. Penggunaan di dalam rumah pun bisa menjadi salah satu alternatif. Kamu bisa menggunakan sistem energi dengan menggunakan panel surya. Selain ramah lingkungan, energi satu ini dapat menghemat pemakaian listrik harian di rumah. Namun, tidak hanya penggunaan energi, konsep rumah hijau pun bisa didukung dengan penerapan pengelolaan sampah dan juga drainase air yang baik. Dengan begitu desain rumah hijau mu akan semakin sempurna.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai apa itu rumah hijau dan bagaimana menerapkan konsepnya pada hunian. Dengan penerapan yang benar, hunian akan jauh lebih sehat dan tentunya menenangkan.

Baca Juga: Desain Rumah Berkonsep Eco-Green


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Grand Trevista Rempoa di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel