Kenali Keunikan dari Rumah Betang Uluk Palin

Pinhome

  • Blog
  • Edukasi
  • Kenali Keunikan dari Rumah Betang Uluk Palin

Kenali Keunikan dari Rumah Betang Uluk Palin

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Indonesia memang terkenal akan keragaman budaya. Tidak heran, banyak sekali rumah-rumah adat di Indonesia. Bahkan mungkin banyak dari kamu yang tidak hafal akan rumah-rumah adat ini. Hal ini karena jenisnya yang sangat banyak, mengingat Indonesia memiliki banyak sekali suku. Salah satu suku yang cukup terkenal adalah suku Dayak. Suku ini berasal dari Kalimantan. Suku ini memiliki kurang lebih sebanyak 405 sub suku dengan adat dan budaya yang mirip, Tidak hanya itu, suku Dayak ini juga memiliki rumah adat. Salah satu rumah adat yang cukup unik adalah Rumah Betang Uluk Palin. 

Pinhome – Mungkin masih banyak dari kamu yang belum mengetahui mengenai rumah adat yang satu ini. Bagi Pins yang belum tahu, yuk kenali keunikan Rumah Betang Uluk Palin khas Kalimantan lewat ulasan di bawah ini!

Mengenal Rumah Betang Uluk Palin

(Berbagai Rumah)

Rumah Betang Uluk Palin adalah rumah adat yang berasal dari Suku Dayak Tamambaloh Palin atau Tamam Palin. Rumah adat ini bisa kamu temukan di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rumah adat ini ini telah dibangun dari 1800-an. Rumah ini juga dinobatkan menjadi rumah betang tertinggi dan terpanjang di Kalimantan Barat. Hal ini yang membuat rumah adat menjadi sangat istimewa.

Rumah adat yang satu ini disebut-sebut memiliki bangunan dengan luas total 16.500 meter persegi dengan panjang sebesar 204 meter dan tinggi 8 meter. Sangat luas bukan? Bahkan, saking luasnya bangunan ini bisa menampung ratusan orang dari suku Dayak lho!

Baca juga: Intip Yuk Macam-Macam Rumah Adat Di Indonesia Yang Sangat Beragam

Fakta-Fakta Rumah Betang Uluk Palin

(Kompas.com)

Tidak hanya menjadi bangunan terbesar yang mampu menampung banyak suku Dayak, rumah adat ini juga memiliki banyak keunikan lho! Berikut ini fakta dan keunikan Rumah Betang Uluk Palin yang harus kamu ketahui.

Bangunan yang Terletak di Pinggir Sungai

Rumah Betang Uluk Palin terletak di pinggir sungai Kapuas yang mana menghadap langsung ke arah sungai. Sungai memang merupakan tempat beraktivitas bagi masyarakat Suku Dayak Tamambaloh Palin. Jadi, tidak heran rumah adat ini sengaja dibuat di pinggir sungai dengan arah menghadap langsung ke sungai.

Memiliki Ukuran yang Sangat Besar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa rumah adat ini memang dinobatkan menjadi rumah adat tertinggi dan terpanjang di Kalimantan Berat. Rumah ini memiliki luas bangunan 3.762 meter persegi dengan 53 bilik di dalamnya. Bahkan luas area rumah ini disebut-sebut mencapai 16.500 meter persegi.

Alasan rumah ini dibangun tinggi adalah untuk menghindari ancaman. Rumah ini dirancang untuk menghindari ancaman yang bisa terjadi seperti binatang buas, musuh dan bencana alam seperti banjir.

Dihuni Oleh Ratusan Suku Dayak

Melansir laman kumparan.com, Rumah Betang Uluk Palin pada tahun 2019 dihuni oleh setidaknya 73 kepala keluarga dengan 213 jiwa di dalamnya. Hal ini membuat rumah ini memiliki jumlah bilik yang terus bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk di dalamnya.

Tiga Kali Pindah Lokasi

Hal lain yang unik dan mungkin tidak kamu ketahui adalah lokasi rumah adat ini yang tercatat sudah berpindah tiga kali. Rumah adat ini terus berpindah karena perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akibat adanya erosi. Tidak hanya itu, tempat tinggal bagi masyarakat Suku Dayak Tamambaloh Palin ini pernah mengalami kebakaran dan diperbaiki pada tahun 1940.

Kebakaran Besar

Meski memiliki banyak sekali keunikan Rumah Betang Uluk Palin, peristiwa tidak menyenangkan terjadi pada 13 September – 14 September 2014. Kebakaran besar melahap seluruh bagian rumah ini. Untungnya, dalam peristiwa nahas ini tidak memakan korban jiwa. Namun masyarakat Suku Dayak Tamambaloh Palin kehilangan hampir seluruh harta benda mereka. Bahkan diperkirakan sebanyak 70% harta warga habis terbakar api.

Kebakaran yang terjadi diduga berasal dari dapur warga yang sedang memasak menggunakan kayu bakar. Namun sayangnya, saat memasak warga tersebut lupa memadamkan api sehingga api menjalar ke bagian rumah lainnya.

Biaya Besar Pembangunan Kembali

Habisnya rumah adat ini karena terbakar, membuat Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berencana membangun kembali rumah ini. Penganggaran pembangunan pun mulai dilakukan secara patungan antara Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Pusat.

Anggaran yang direncanakan pun sebesar Rp15 miliar bagi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Rp15 miliar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Rp15 miliar oleh Pemerintah Pusat. Namun biaya ini disebut-sebut tidak cukup karena rumah adat ini disebut-sebut membutuhkan paling tidak Rp75 miliar hingga Rp100 miliar.

Baca juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Menjadi Simbol Pemersatu

Selain sebagai tempat tinggal, rumah adat ini juga menjadi simbol bermakna bagi Suku Dayak Tamambaloh Palin, Rumah ini menjadi simbol pemersatu masyarakat yang mana di rumah inilah kebersamaan dan kekerabatan terjalin dengan kuat. Bagi Suku Dayak Tamambaloh Palin, rumah ini adalah pusat kehidupan masyarakat.

Itulah informasi mengenai keunikan Rumah Betang Uluk Palin yang bisa menambah wawasan kamu mengenai rumah adat Indonesia. Semoga informasi di atas bisa membuat kamu semakin mengenal rumah adat di Indonesia serta budaya-budaya yang dimiliki oleh negara kita tercinta, Indonesia.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel