Pinhome

Rumah Banyak Semut Merah Pertanda Apa? Simak Yuk!

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 22 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Semut merah atau yang disebut juga dengan semut api adalah salah satu jenis semut yang cukup familiar bagi banyak orang. Semut ini masuk ke dalam genus Solenopsis. Umumnya panjang semut merah ini sekitar 3 mm hingga 6 mm. Jenis semut ini memiliki warna coklat kemerahan pada tubuhnya. Berbicara tentang semut, kalau rumah banyak semut merah pertanda apa, ya?

Tidak hanya itu semut ini juga biasa hidup dalam koloni yang besar yang bisa mencapai 100.000 ekor semut. Jadi bisa dikatakan semut-semut merah ini sangat kompak dan solid terhadap koloninya. Selain itu semut merah juga dikenal sangat tangguh karena mereka bisa menempuh jarak yang sangat jauh untuk mencari makanan.

Gigitan semut merah ini bisa membuat kulit merah hingga bengkak. Hal ini karena semut merah memiliki racun alkaloid yang membuat gigitan semut ini terasa panas seperti terbakar. Namun tahukah Pins bahwa banyak orang menyebutkan jika terdapat banyak semut merah di rumah menandakan sesuatu lho! Apa itu? Simak yuk rumah banyak semut merah pertanda apa lewat ulasan di bawah ini!

Penyebab Banyak Semut Merah di Rumah

(Pixabay)

Sebelum masuk ke pembahasan rumah banyak semut merah pertanda apa, mari kita bahas terlebih dulu alasan munculnya semut merah di rumah. Adanya semut merah di rumah tidak bisa selalu dikaitkan dengan mitos atau kepercayaan tertentu. Padahal terdapat beberapa faktor yang membuat munculnya semut merah di rumah. Berikut beberapa alasan munculnya semut merah di rumah.

Menemukan Spot Nyaman di Rumah untuk Dijadikan Sarang

Alasan pertama yang sering menjadi penyebab munculnya semut merah di rumah adalah terdapat spot-spot nyaman bagi semut merah yang cocok untuk dibangun sarang. Spot-spot ini biasanya sering tidak disadari oleh manusia, misalnya seperti di area pepohonan, tanah, celah tanah, celah jendela, pinggir pintu dan beberapa spot lain di area rumah. Jadi tidak jarang kamu mungkin sering menemukan sarang semut pada area-area tersebut.

Baca juga: Serangga Berbahaya Yang Bisa Bikin Burung Mati!

Semut Mencium Bau Makanan

Hal selanjutnya yang sering menjadi penyebab datangnya semut merah ke rumah adalah semut yang mencium bau makanan. Semut adalah salah satu serangga yang sangat tangguh dan tidak mudah menyerah sehingga semut akan mencari makanan meski harus menempuh jarak yang sangat jauh. Jadi ketika ada semut merah di rumah, hal ini bisa disebabkan oleh semut yang mencium bau makanan dari rumah Pins.

Posisi Rumah yang Dekat dengan Pohon

Jika rumah kamu dekat dengan pohon, hal ini juga bisa menjadi alasan munculnya semut merah di rumah kamu lho! Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa semut merah ini bisa menempuh jarak yang cukup jauh untuk mencari makanan. Jika ia telah menemukan makanan, maka semut merah akan membawa makanan itu kembali pulang ke sarangnya.

Rumah yang Lembab

Selain tangguh, semut merah juga sangat suka dengan kondisi tempat yang lembab. Tempat yang lembab ini menandakan bahwa rumah kamu tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga semut merah memanfaatkannya sebagai sarang baru.

Pertanda dari Banyaknya Semut Merah di Rumah

(Pixabay)

Mitos pertama tentang banyak semut merah pertanda apa adalah datangnya rezeki. Banyak orang yang menyebutkan bahwa banyak semut merah di rumah menandakan bahwa sang pemilik rumah akan mendapatkan rezeki yang besar. Namun hal ini bergantung pada keyakinan dan kepercayaan individu masing-masing sehingga tidak selalu adanya semut merah menandakan datangnya rezeki.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoa Dengan Mudah Dan Higienis

Cara Mengusir Semut Merah

(Pixabay)

Sebenarnya semut merah ini tidak perlu dibunuh jika tidak meresahkan seperti menggigit atau mengotori rumah. Namun, jika semut merah sudah mulai mengganggu, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir semut merah ini dari rumah kamu,

Semprotkan Air Lemon

Lemon bisa menjadi alternatif solusi pertama yang bisa digunakan untuk mengusir semut merah dari rumah. Hal ini karena semut merah tidak suka dengan bau asam dari lemon. Pins bisa melakukannya dengan memeras air lemon yang dicampur dengan air dan dimasukkan ke dalam botol semprot. Setelah itu, kamu hanya cukup menyemprotkan air lemon ini ke bagian-bagian rumah yang sering menjadi tempat yang didatangi oleh semut merah.

Kapur Ajaib Anti Serangga

Tentu Pins sudah sangat familiar dengan benda yang satu ini. Ya, kapur ajaib ini memang sangat sering digunakan untuk mengusir berbagai serangga. Harganya yang sangat murah dan penggunaannya yang mudah membuat kapur ini banyak digunakan. Pins hanya perlu membuat garis pada area yang sering didatangi oleh semut merah. Dengan begini, semut-semut merah tidak akan mendatangi daerah yang sudah diberi garis menggunakan kapur ajaib tadi.

Taburkan Tepung

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengusir semut merah ini adalah dengan menaburkan tepung. Dengan menaburkan tepung di area yang sering didatangi oleh semut merah, semut-semut ini akan kesulitan untuk melewati jalur tersebut. Jadi Pins bisa menggunakan cara ini sebagai langkah andalan kamu untuk mengusir semut-semut merah.

Itulah informasi mengenai rumah banyak semut merah pertanda apa, alasan munculnya semut merah dan cara mengusir semut merah jika sudah mulai mengganggu kamu sebagai penghuni rumah. Semoga dengan informasi di atas bisa menambah wawasan kamu mengenai semut merah dan cara mengatasinya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia