Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Intip Yuk Keunikan Gambar Rumah Adat Sumatera Barat Beserta Filosofinya!

Lifestyle

Intip Yuk Keunikan Gambar Rumah Adat Sumatera Barat Beserta Filosofinya!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 12 June 2021 ∙ 6 menit membaca

Makanan khas Sumatera Barat sate padang memang terkenal di berbagai pelosok di Indonesia. Namun, tidak hanya makanan, Sumatera Barat juga menyimpan ragam rumah adat yang unik dan menarik untuk dibahas. Dengan Padang sebagai Ibukotanya, Sumatera Barat menjadi rumah bagi para etnis Minangkabau yang memiliki populasi terbanyak di daerahnya. Seperti apa keunikan gambar rumah adat Sumatera Barat? Simak yuk di bawah Ini!

Pinhome – Keanekaragaman hayati yang ada di daerah Sumatera Barat memang tidak dapat dilewatkan. Bunga raksasa Rafflesia Arnoldii pun dapat kamu jumpai disana. Tidak hanya sampai disitu beberapa hewan langka seperti harimau sumatera, tapir, beruang dan berbagai burung juga hidup di kawasan Sumatera Barat yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari hutan hujan tropis alami. Selain itu, ragam kebudayaan kental yang ada di dalamnya juga menarik untuk dilihat. Seperti keunikan gambar rumah adat Sumatera Barat.

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Selain keunikan dari bentuk rumahnya, filosofi yang terkandung didalamnya juga tak kalah menarik untuk dibahas. Untuk menambah pengetahuan Pins akan provinsi tersebut, Pinhome menyajikan informasi mengenai rumah adat daerah Sumatera barat yang dikenal dengan sebutan Rumah Gadang di bawah ini.

Filosofi Bangunan Rumah Gadang

Dalam ketenarannya, rumah adat daerah sumatera barat dikenal dengan sebutan nama Rumah Gadang. Rumah gadang yang menjadi tempat tinggal masyarakat etnis Minangkabau ini biasanya dibangun di sebidang tanah yang dimiliki oleh suatu keluarga secara turun menurun. Pada umumnya rumah gadang berbentuk persegi panjang yang dibagi atas dua bagian sama besar, bagian depan dan bagian belakang.

Hal mencolok lainnya dari rumah gadang adalah bentuknya mirip seperti rumah panggung dengan atap berbentuk menyerupai kepala kerbau yang biasa disebut dengan gonjong. Bentuk gonjong yang runcing ini diibaratkan sebagai harapan mencapai tuhan juga sekaligus sebagai pertanda kedatangan nenek moyang mereka dari kapal laut. Selain itu dinding rumah yang kebanyakan masih terbuat dari jerami ataupun bambu melambangkan kekuatan masyarakat yang telah terbentuk dengan kuat sedari dini. Tidak hanya itu, pada zaman dahulu bangunan tersebut tidak memakai paku, tetapi menggunakan pasak kayu sebagai pengait yang kuat.

Baca Juga: Kenali Ciri Rumah Gadang Yang Berasal Dari Sumatera Barat Ini!

Nama-Nama Rumah Adat Sumatera Barat Beserta Gambarnya

Gonjong Sibak Baju

(Pasbana)

Gambar rumah adat sumatera barat yang pertama hadir dari nama yang diambil dari baju tradisional Sumatera Barat. Mirip menyerupai belahan baju tradisional sehingga diberi nama Gonjong Sibak Baju dari bahasa Minang. Walau tampilan depan rumahnya masih sama dengan rumah gadang Gajah Maharam, tetapi rumah ini juga memiliki ciri khas unik yang berbeda dibandingkan jenis lainnya.

Terdapat bermacam-macam ukiran motif bunga berbentuk setengah lingkaran yang dapat Pins lihat di atas setiap pintu kamar rumah. Ukiran ini menarik dan membuat interior rumah kian sedap dipandang. Untuk Sibak Baju, bangunannya memiliki lima ruangan dengan dua gonjong yang berada di tengah bangunan. Kini Gonjong Sibak Baju sudah menjadi rumah yang dilestarikan dikarenakan menjadi salah satu rumah tradisional tertua di Indonesia.

Gonjong Anam

(Gardencenter)

Baca Juga: Mengenal Sejarah Rumah Adat Sumatera Barat, Fungsi, Ragam & Keunikannya

Untuk rumah Gadang Gonjong Anam, arsitekturnya lebih modern diantara rumah adat Sumatera Barat lainnya. Rumah adat daerah Sumatera Barat dikenal dengan sebutan nama Gadang, namun Gonjong Anam juga tak kalah terkenal karena bentuknya yang berbeda dari yang lain. 

Ukiran khas Minangkabau juga menghiasi sisi-sisi rumah yang menjadikan rumah ini berbeda dari rumah Gadang lainnya. Selain itu, dikarenakan banyaknya jumlah jendela dalam rumah, membuat Gojong Anam menjadi rumah dengan sirkulasi udara yang baik. Pins pasti akan merasa sejuk berada di dalamnya.

Gonjong Ampek Baanjuang

(Budaya-Indonesia)

Gonjong Ampek Baanjuang menjadi salah satu rumah tradisional yang khas dari zaman dahulu. Dihuni oleh kelas atas, Ampek Baanjuang memiliki 7 ruang di dalam satu bangunan. Selain itu, dengan keharusan memiliki empat buah gonjong, maka kata ampek menjadi nama belakang rumah ini yang berarti empat. Rumah inipun wajib didirikan di daerah Luhak Nan Tigo sebagai salah satu tanda adat masyarakat mereka.

Tambahan bangunan juga biasanya terlihat di sisi kiri dan kanan rumah yang membentuk menyerupai sebuah teras. Teras tersebut disebut juga Anjung yang biasanya dipakai untuk upacara adat. Bagian teras ini seperti layaknya sebuah panggung dalam rumah, letaknya lebih tinggi dibandingkan bangunan rumah.

Rumah Gadang Gajah Maharam

(Mahligai-Indonesia)

Rumah adat daerah Sumatera Barat dikenal dengan sebutan nama rumah gadang. Walaupun begitu jenisnya pun terbagi atas beberapa jenis. Salah satunya rumah gadang Gajah Maharam. Tergolong dalam rumah mewah, Gajah Maharam mempunyai syarat bangun yang unik. Antara lain, seperti rumah harus menghadap ke Utara, dan sisi-sisi dinding rumah yang mengarah ke Barat, Timur dan Selatan harus ditutupi sasak.

Seluruh bangunan ditutupi kayu berkualitas dan terdiri dari empat kamar di dalamnya dengan ukiran-ukiran khas Minangkabau yang menghiasi dekorasi pintu kamar. Selain itu, bangunan rumah gadang terkenal kokoh dan tahan gempa karena selalu dibuat dari 30 tiang penopang.

Gonjong Limo

(Made-blog)

Diambil dari nama salah satu daerah di Padang, Luhak Limo, rumah adat Sumatera Barat ini mempunyai ciri khas bangunan mirip dengan rumah gadang gajah maharam. Hal yang membedakannya hanya pada letak interior bangunan. Rumah gonjong limo tidak memiliki ruang anjungan seperti yang terdapat pada rumah gajah maharam. 

Rumah adat daerah sumatera barat dikenal dengan sebutan nama Gadang tetapi Gonjong Limo juga sering disebutkan. Hal tersebut dikarenakan rumah ini memiliki daya tarik yang terletak pada atap gonjong yang menghiasi sisi kiri dan kanan bangunan yang berbentuk lebih kecil dari bangunan utamanya. Pada masa sekarang ini, mungkin kamu akan sulit menemukannya, tetapi kamu masih bisa melihatnya di daerah Padang tepatnya di kota Payakumbuh yang terletak di Padang, Sumatera Barat. 

Surambi Papek

(Goodnewsfromindonesia)

Selanjutnya ada rumah adat daerah Sumatera Barat dikenal dengan sebutan nama Surambi Papek. Surambi yang berarti pengakhiran pada sisi kanan rumah dan Papek merupakan pintu masuk belakang. Sehingga masuk ke dalam rumah ini memang diharuskan melalui pintu belakang.

Rumah adat satu ini bisa dikatakan berbeda dari rangkaian gambar rumah adat Sumatera Barat lainnya. Selain letak pintu rumah yang berada di belakang rumah, rumah adat satu ini termasuk dalam rumah adat sederhana. Dalam sejarahnya, rumah ini dikhususkan untuk tempat tinggal perempuan dan laki-laki hanya diperbolehkan masuk lewat pintu belakang dan tidak boleh menginap.

Rumah Gadang Batingkek

(Rimbakita)

Untuk versi lebih megah dan besar dari rumah gadang Gajah Maharam, ada rumah gadang Batingkek. Di desain sengaja bertingkat, dengan atap gojong yang bertingkat pula, rumah ini layaknya seperti istana kerajaan. 

Tidak hanya sampai situ, ciri khas lainnya adalah terdapat dua rumah kecil di depannya yang berfungsi sebagai jendela rumah atau menurut masyarakat sebagai pelingdung rumah tersebut. Untuk menemukannya, kamu bisa ke daerah Singkarak. Warga sekitar wilayah Singkarak masih ada yang menggunakannya sebagai rumah tempat tinggal.

Itulah keunikan gambar rumah adat sumatera barat beserta filosofinya. Semoga dapat menambah pengetahuan Pins akan keberagaman budaya yang tersebar di Indonesia. Jangan lelah untuk selalu mencari informasi baru ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel