BlogLifestyleEdukasi8 Gambar Rumah Gadang yang Mudah Ditiru
0
0

8 Gambar Rumah Gadang yang Mudah Ditiru

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Jan 9, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
Gambar Rumah Gadang yang Mudah Ditirutop-right-banner

Rumah Gadang berasal dari Sumatera Barat. Rumah adat Minangkabau ini akan banyak Pins jumpai jika berkunjung ke provinsi Sumatera Barat. Bahkan masih terdapat nama lain dari rumah adat ini disebut juga dengan Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang. Rumah adat ini cukup terkenal karena bentuknya yang unik dan masih banyak digunakan oleh penduduk asli Sumatera Barat. 

Pinhome – Tidak heran rumah adat yang satu ini sering disebut-sebut bahkan masuk ke dalam lukisan-lukisan pada pameran ternama. Bagi Pins yang hobi menggambar namun kesulitan untuk menggambar yang satu ini, tenang! Pinhome akan membagikan informasi dan rekomendasi gambar rumah gadang yang mudah untuk ditiru. Yuk simak informasinya lewat ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Ini Dia Ragam Jenis Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

Mengenal Rumah Adat Sumatera Barat jenis Gadang

Source : Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Rumah Gadang berasal dari provinsi Sumatera Barat. Rumah adat minang ini terbuat dari kayu yang dipercantik dengan ukiran-ukiran khas Minangkabau. Jika dilihat sekilas, Pins mungkin akan merasa bahwa rumah ini dibuat dengan mengutamakan keindahannya. Padahal jika dilihat lebih dalam, rumah adat ini dibangun dengan kokoh dan kuat agar tahan menghadapi beberapa peristiwa alam yang sering melanda, seperti gempa bumi salah satunya.

Baca Juga: Nama Rumah Adat Papua Beserta Penjelasannya

Atap rumah mirip sekali dengan tanduk kerbau yang disusun dengan susunan ijuk dari pohon aren. Selain itu rumah yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki dinding yang berbentuk trapesium namun agak melengkung mirip dengan kapal. Pada dinding rumah juga dipercantik dengan ukiran-ukiran khas Minang. Bangunannya berbentuk rumah panggung yang tidak langsung dipancangkan ke dalam tanah, namun agak tinggi dan disangga oleh banyak penopang. Pondasi rumah pada rumah adat ini diletakkan di atas tanah tanpa pengeras atau biasanya direkatkan dengan semen. Namun rumah adat ini tidak roboh, karena pondasi menekan ke batu atau permukaan tanah.

Pada rumah gadang yang berasal dari Sumatera Barat ini juga memiliki banyak jendela pada bagian depan. Sedangkan pada bagian belakang dinding terbuat dari anyaman bambu. Berbeda dengan bangunan-bangunan lain, rumah adat ini memiliki badan atau dinding yang lebih kecil dibandingkan dengan atapnya. Namun hal ini tidak mengurangi keseimbangan dari rumah gadang itu sendiri.

Filosofi Bangunan Rumah Gadang

Dalam ketenarannya, rumah adat daerah sumatera barat dikenal dengan sebutan nama Rumah Gadang. Rumah gadang yang menjadi tempat tinggal masyarakat etnis Minangkabau ini biasanya dibangun di sebidang tanah yang dimiliki oleh suatu keluarga secara turun menurun. Pada umumnya rumah gadang berbentuk persegi panjang yang dibagi atas dua bagian sama besar, bagian depan dan bagian belakang.

Hal mencolok lainnya dari rumah gadang adalah bentuknya mirip seperti rumah panggung dengan atap berbentuk menyerupai kepala kerbau yang biasa disebut dengan gonjong. Bentuk gonjong yang runcing ini diibaratkan sebagai harapan mencapai tuhan juga sekaligus sebagai pertanda kedatangan nenek moyang mereka dari kapal laut. Selain itu dinding rumah yang kebanyakan masih terbuat dari jerami ataupun bambu melambangkan kekuatan masyarakat yang telah terbentuk dengan kuat sedari dini. Tidak hanya itu, pada zaman dahulu bangunan tersebut tidak memakai paku, tetapi menggunakan pasak kayu sebagai pengait yang kuat.

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Gambar dan Nama Rumah Adat Gadang

Ini dia contoh gambar rumah adat Sumbar yang bisa Anda tiru dengan mudah. Tanpa basa-basi lagi yuk langsung cek gambar rumah gadang berikut!

Rumah Gadang Gonjong Limo

Source : Pinterest

Salah satu gambar rumah yang mudah untuk digambar adalah rumah gonjong limo. Rumah yang satu ini berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Rumah gadang ini memiliki gonjong tambahan pada sisi kanan dan kiri rumah yang memiliki keunikan tersendiri. Jika Pins tertarik ingin menggambar rumah yang satu ini, Anda dapat memulainya dengan membuat sketsa terlebih dulu. 

Baca Juga: Kenali Ciri Rumah Gadang Yang Berasal Dari Sumatera Barat Ini!

Rumah Gonjong Ampek Baanjuang

Source : Budaya Indonesia

Rumah yang satu ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda jika ingin menggambar rumah gadang. Rumah ini dapat Anda temukan di wilayah Luhak Nan Tigo. Rumah adat ini memiliki 4 gonjong di setiap sisi rumah dan dilengkapi dengan tujuh ruangan serta anjung pada sisi kanan dan kiri rumah.

Rumah Gonjong Anam

rumah gadang
Source : Kaba Rantau Official

Gambar rumah selanjutnya yang dapat menjadi pilihan Anda adalah rumah Gonjong Anam. Rumah yang satu ini telah dimodifikasi dengan ukiran-ukiran khas Minangkabau. Sedikit berbeda dengan rumah gadang lainnya, rumah gonjong anam ini dibangun dengan papan dan dilengkapi dengan banyak jendela.

Rumah Gonjong Sibak Baju

rumah gadang
Source : Couto

Rumah Gonjong Sibak Baju adalah rumah yang dapat menjadi pilihan Anda jika ingin menggambar rumah adat. Rumah ini mirip dengan rumah Gajah Maharam. Rumah ini dibuat dengan susunan kayu dan sasak khas Sumatera Barat.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Rumah Adat Sumatera Barat, Fungsi, Ragam & Keunikannya

Rumah Gadang Surambi Papek

rumah gadang
Source : Good News From Indonesia

Rekomendasi gambar rumah selanjutnya adalah rumah surambi papek. Rumah adat yang satu ini memiliki papek yang berarti pintu masuk belakang. Jadi tamu yang ingin mengunjungi rumah gadang ini harus masuk melalui pintu belakang. Namun seiring perkembangan waktu, rumah surambi papek telah banyak ditambahkan pintu depan.

Itulah informasi dan gambar rumah gadang yang mudah ditiru. Bagi Pins yang ingin mencobanya, usahakan menggambar sketsa terlebih dulu dengan pensil. Hal ini untuk memudahkan Anda agar jika terjadi kesalahan gambar lebih mudah dihapus. Jangan lupa untuk teliti karena menggambar rumah adat ini perlu memperhatikan detail-detail kecil.

Rumah Gadang Gajah Maharam

Source : Mahligai-Indonesia

Rumah adat daerah Sumatera Barat dikenal dengan sebutan nama rumah gadang. Walaupun begitu jenisnya pun terbagi atas beberapa jenis. Salah satunya rumah gadang Gajah Maharam. Tergolong dalam rumah mewah, Gajah Maharam mempunyai syarat bangun yang unik. Antara lain, seperti rumah harus menghadap ke Utara, dan sisi-sisi dinding rumah yang mengarah ke Barat, Timur dan Selatan harus ditutupi sasak.

Seluruh bangunan ditutupi kayu berkualitas dan terdiri dari empat kamar di dalamnya dengan ukiran-ukiran khas Minangkabau yang menghiasi dekorasi pintu kamar. Selain itu, bangunan rumah gadang terkenal kokoh dan tahan gempa karena selalu dibuat dari 30 tiang penopang.

Surambi Papek

Source : Goodnewsfromindonesia

Selanjutnya ada rumah adat daerah Sumatera Barat dikenal dengan sebutan nama Surambi Papek. Surambi yang berarti pengakhiran pada sisi kanan rumah dan Papek merupakan pintu masuk belakang. Sehingga masuk ke dalam rumah ini memang diharuskan melalui pintu belakang.

Rumah adat satu ini bisa dikatakan berbeda dari rangkaian gambar rumah adat Sumatera Barat lainnya. Selain letak pintu rumah yang berada di belakang rumah, rumah adat satu ini termasuk dalam rumah adat sederhana. Dalam sejarahnya, rumah ini dikhususkan untuk tempat tinggal perempuan dan laki-laki hanya diperbolehkan masuk lewat pintu belakang dan tidak boleh menginap.

Rumah Gadang Batingkek

Source : Rimbakita

Untuk versi lebih megah dan besar dari rumah gadang Gajah Maharam, ada rumah gadang Batingkek. Di desain sengaja bertingkat, dengan atap gojong yang bertingkat pula, rumah ini layaknya seperti istana kerajaan. 

Tidak hanya sampai situ, ciri khas lainnya adalah terdapat dua rumah kecil di depannya yang berfungsi sebagai jendela rumah atau menurut masyarakat sebagai pelingdung rumah tersebut. Untuk menemukannya, kamu bisa ke daerah Singkarak. Warga sekitar wilayah Singkarak masih ada yang menggunakannya sebagai rumah tempat tinggal.

Itulah keunikan gambar rumah adat sumatera barat beserta filosofinya. Semoga dapat menambah pengetahuan Pins akan keberagaman budaya yang tersebar di Indonesia. Jangan lelah untuk selalu mencari informasi baru ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download