Pinhome

Rumah Adat Sulawesi Utara

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 30 July 2021 ∙ 6 menit membaca

Pinhome.id – Suku Minahasa adalah suku yang menempati Sulawesi Utara. Seperti suku-suku besar Indonesia yang lain suku ini memiliki rumah adatnya sendiri. Rumah adat Sulawesi Utara ini masih lestari dan memiliki gaya arsitektur yang indah dan mengagumkan.

Seperti halnya rumah adat lain, rumah adat Sulawesi Utara memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Terdapat juga nilai filosofis dan jenis-jenis rumah adat di daerah ini. Semua itu akan dibahas tuntas dalam ulasan berikut.

Baca Juga: Rumah Adat Riau

Mengenal Rumah Adat Sulawesi Utara

Secara umum rumah adat yang berada di Sulawesi Utara memiliki model rumah panggung dengan bentuk persegi panjang. Dapat kita katakan juga rumah ini sangat memiliki kemiripan dengan rumah adat Sulawesi Selatan.

Bahan material bangunan rumah ini dominan menggunakan kayu dan untuk atapnya menggunakan daun rumbia.

Rumah panggung ini menggunakan tiang penyangga sebagai pondasinya. Pada bagian depan rumah terdapat tangga dan jendela yang cukup banyak dengan tujuan agar sirkulasi udara pada rumah tetap terjaga.

Dalam masyarakat Minahasa pada zaman dahulu tikar yang digantung menggunakan tali rotan atau ijuk adalah pembatas setiap ruangan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini rumah adat ini lambat laun mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga: Rumah Adat Aceh

Jenis Rumah Adat Sulawesi Utara

Sedikitnya ada 2 buah jenis rumah adat yang berada di Sulawesi Utara. Terdapat perbedaan antara keduanya yang memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing. diantaranya :

NoNama Rumah Adat Sulawesi Utara
1Rumah Adat Walewangko
2Rumah Adat Bolaang Mongondow

1. Rumah Adat Walewangko atau Rumah Pewaris

Kata walewangko pada nama rumah adat ini berasal dari kata wale atau bale yang berarti sebuah rumah yang digunakan untuk melakukan beragam aktivitas dengan seluruh keluarga.

Sedangkan jika disatukan menjadi walewangko dapat diartikan sebagai Rumah Pewaris.

Rumah adat ini dibangun dengan model rumah panggung yang simetris dan ditopang oleh beberapa tiang penyangga.

Jumlah tiang penyangga yang digunakan dapat mencapai 16-18 tiang penyangga, setiap tiang yang terpasang tidak boleh disambungkan dengan apapun.

Terdapat 2 buah tangga yang digunakan untuk mengakses rumah, yang terletak pada sisi kanan dan kiri.

Penduduk setempat percaya bahwa kedua tangga dapat mengusir dan mencegah roh jahat memasuki rumah. Karena setiap roh jahat yang naik ke atas tangga akan turun ke tangga yang lain.

Apabila Kamu ingin mengetahui lebih detail mengenai rumah adat walewangko ini, bisa kunjungi riverspace. Disana terdapat informasi menarik seputar rumah adat.

Bagian Rumah Adat Walewangko

Rumah adat Walewangko secara garis besar memiliki tiga bagian utama . Setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing.

Bagian Depan Rumah

  1. Lesar. Merupakan ruangan yang berada pada bagian paling depan rumah dan dibatasi oleh dinding. Bagian ini menyerupai beranda pada umumnya yang memiliki fungsi sebagai tempat bagi kepala suku dan pemangku adat ketika melangsungkan maklumat atau pidato kepada masyarakat.
  2. Sekay. Merupakan serambi yang berada pada bagian depan rumah. Sekay dan Lesar memiliki perbedaan pada letak. Sekay berada di dalam rumah setelah pintu masuk dan memiliki fungsi sebagai ruang tamu untuk menjamu tamu ketika pemilik rumah mengadakan sebuah acara. Ruangan ini juga dapat digunakan sebagai tempat mengadakan musyawarah atau upacara adat.
  3. Pores. Merupakan ruangan yang memiliki fungsi yang sama seperti Sekay. Namun tamu yang berkunjung hanya kerabat dekat pemilik rumah saja. Selain untuk menerima tamu ruangan ini digunakan sebagai tempat berkumpul seluruh keluarga besar.

Bagian Belakang Rumah

Layaknya rumah modern, pada bagian belakang rumah ini digunakan sebagai tempat untuk mengolah bahan makanan, menyimpan peralatan masak dan makan, tempat mencuci peralatan, dan sebagainya.

Terdapat ruangan yang berbentuk loteng di bagian atas yang berfungsi sebagai tempat menyimpan hasil panen. Ruangan ini disebut “Sodor”.

Bagian Kolong Rumah

Seperti halnya rumah adat panggung lain, Suku Minahasa juga menggunakan kolong rumah untuk menyimpan alat tani dan benda lain seperti kayu, papan, balok, dan gerobak.

Selain itu kolong rumah juga biasa digunakan sebagai tempat memelihara hewan ternak atau hewan peliharaan.

Baca Juga: 

2. Rumah Adat Bolaang Mongondow

Pada umumnya rumah adat Bolaang Mongondow memiliki karakteristik yang cukup sama dengan rumah adat Walewangko. Menggunakan model rumah panggung dengan tiang penyangga yang cukup banyak.

Namun terdapat perbedaan pada kedua rumah adat tersebut. Hal yang paling mencolok ialah desain atap rumah adat Bolaang Mongondow memiliki bentuk atap yang dibuat melintang dengan bubungan atap yang cukup curam.

Rumah ini hanya menggunakan satu tangga saja. Selain itu juga terdapat perbedaan pada serambi pada rumah ini yang tidak memiliki dinding.

Rumah adat Bolaang Mongondow memiliki beberapa jenis rumah. Setiap rumah memiliki fungsi yang berbeda-beda, diantaranya :

  1. Komalig. Merupakan jenis rumah yang digunakan untuk tempat tinggal para raja di masa lampau. Rumah ini seringkali disebut dengan nama istana raja dan hanya boleh dimasuki oleh orang tertentu atau utusan raja saja.
  2. Genggulang. Rumah ini terletak dan dibangun di tengah hutan ataupun perkebunan. Rumah ini dibangun dengan tujuan untuk masyarakat yang lelah setelah mengurus kebun atau mencari sesuatu di hutan. Rumah ini memiliki bentuk yang menyerupai gubug di sawah pada umumnya.
  3. Silidan. Merupakan rumah yang biasa digunakan oleh masyarakat biasa yang tidak memiliki status sosial atau kekuasaan.
  4. Baloi. Rumah ini dapat ditemukan dengan mudah dan memiliki umur rumah yang cukup tua.
  5. Lurung (Laig). Memiliki fungsi seperti Genggulang, namun rumah ini memiliki ukuran dan bentuk yang lebih sederhana.

Bagian Rumah Adat Bolaang Mongondow

Bagian-bagian pada rumah adat Bolaang Mongondow tidak terlalu banyak. Secara umum bagian rumah pada rumah adat ini hanya terdapat 5 ruang yakni ruang depan, ruang induk, ruang tidur, ruang makan, dan dapur. Khusus ruangan untuk dapur terletak pada bagian belakang rumah.

Baca Juga: Rumah Adat Batak

Rumah adat atau rumah tradisional Sulawesi Utara tidak jauh berbeda dengan rumah adat pada umumnya, memiliki bentuk yang khas, serta dalam setiap penampilannya terkandung filosofi atau makna.

Dengan mengenal rumah adat yang terdapat di Indonesia, artinya kita telah ikut serta dalam melestarikan budaya yang ada!!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia