Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Gambar Rumah Adat Jawa Timur dengan Desain yang Menarik untuk Diulas

Lifestyle

Gambar Rumah Adat Jawa Timur dengan Desain yang Menarik untuk Diulas

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 12 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia memang sangat menarik untuk diulas. Apalagi jenis-jenis rumah adat yang unik yang dapat dijadikan inspirasi dalam desain hunian. Khusus untuk kamu yang senang dengan rumah tradisional, mengadaptasi desain rumah adat memang menjadi hal yang lumrah. Contohnya seperti nama rumah adat Jawa Timur, Joglo. Desain klasik dengan jenis limasan membuat rumah semakin nyaman dan asri.

Pinhome – Pada umumnya masyarakat pasti mengenal rumah adat Joglo sebagai rumah adat daerah Jawa. Padahal ada beberapa perbedaan antar satu daerah dengan daerah lainnya walalupun masih di dalam Pulau Jawa. Nama rumah adat Jawa Timur maupun Jawa Tengah yang sama ini terkadang sering disalahartikan. Apa Pins juga tahu hal tersebut?

Baca Juga: Fakta-Fakta Menarik Mengenai Rumah Adat Lampung Bernama Nuwo Sesat

Ciri rumah Joglo memang terletak pada atap limasan dan juga bentuk bangunan yang kental. Namun, sebenarnya apa perbedaan gambar rumah adat Jawa Timur dengan rumah adat Jawa lainnya? Dalam artikel ini, kami akan menulisnya lebih dalam.

Perbedaan Ciri Fisik Rumah Adat Jawa Timur

Terbuat dari mayoritas kayu berbahan jati, rumah ada Jawa Timur memang khas dengan dara gepak atau limasan. Dengan atap yang melambangkan sebuah gunung, menjadikan rumah adat satu ini terkenal dengan nama Joglo. Hal tersebut dikarenakan, kepercayaan masyarakat Jawa yang mengartikan gunung sebagai tempat tinggal para dewa yang memiliki kedudukan tertinggi. 

Perbedaan ciri fisik yang kental bisa terlihat dari ragam ukiran kayu yang menghiasi setiap pintu. Hal tersebut juga tidak terlepas dari kepercayaan para leluhur yang mengartikannya sebagai penghalang agar terhindar dari hal yang buruk. Selain itu juga terletak pada serambi, yang didesain mirip dengan sebuah pendopo yang terbilang cukup luas. Teras yang biasa disebut masyarakat umum kini, dahulu dibuat sangat luas hampir setengah luas rumah agar bisa menampung jumlah tamu yang tidak sedikit. Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas satu persatu bagian-bagian pada nama rumah adat Jawa Timur yang cukup terkenal ini.

Baca Juga: Mengenal Ciri Dan Macam-Macam Rumah Adat Jawa Barat

Unsur-Unsur Bagian Dalam Rumah Joglo

  • Pendopo. Bagian ini merupakan bagian terdepan dalam gambar rumah adat Jawa Timur. Ruang terbuka yang cukup luas ini, digunakan sebagai tempat menggelar acara maupun tempat berkumpul. Namun, ada peraturan yang harus dipatuhi, tidak sembarangan orang dapat melewati pendopo saat ingin masuk ke dalam rumah. Ada jalan terpisah tempat keluar masuk ke rumah yang tidak melewati pendopo.
  • Omah Njero merupakan nama ruang bagian utama dalam rumah adat Jawa Timur. Di dalam ruang ini biasanya tersaji perabot meja dan kursi santai berbahan jati yang disediakan untuk tempat bersantai anggota keluarga. Selain itu juga ada rumah mburi bagian belakang.
  • Pringgitan menjadi bagian penghubung antar ruang pendopo dan rumah. Terkadang berbentuk sebuah lorong, pringgitan biasa dipakai pula dalam pertunjukan wayang kulit. Wayang dalam bahasa Jawa disebut ringgit menjadikan istilah salah satu bagian rumah Joglo ini pringgitan.
  • Sentong merupakan bagian yang berada dalam ruang-ruang pada rumah Joglo. Layaknya nama-nama kamar dalam rumah, sentong juga memiliki nama-nama yang unik dengan fungsinya yang berbeda-beda. Mulai dari sentong tengah yang merupakan ruangan yang cukup sakral bagi masyarakat Jawa Timur. Ruang bagian tengah ini biasanya diberi penerangan, hiasan keris hingga sisir dari bagian tanduk binatang.

Selanjutnya setong tengen yang merupakan kamar peristirahatan pada bagian kanan rumah yang biasanya dipakai untuk kamar keluarga atau anak-anak pemilik rumah beristirahat. Tidak hanya itu, pada bagian ini biasanya pemilik menyimpan bahan makanan dalam ruang tersebut pula. Terakhir ada sentong kiwo yang terletak di bagian kiri rumah sebagai ruang peristirahatan orang tua atau kerabat yang sudah sepuh atau tua. Biasanya dalam ruang kiwo terdapat ruang penghubung ke arah belakang yang memisahkan dengan dapur.

  • Gandhok menjadi bagian terakhir dalam rumah. Terletak di paling belakang rumah, gandhok biasanya menjadi tempat penyimpanan barang-barang maupun bahan makanan untuk keperluan dalam rumah. 

Jenis Beserta Gambar Rumah Adat Jawa Timur

Rumah Joglo Situbondo

(bangun-rumah)

Pertama ada Joglo Situbondo yang menjadi ciri khas utama rumah tradisional daerah Jawa Timur. Berbentuk limas, bangunan ini mayoritas menggunakan kayu jati sebagai bahan utama pembangunan. Penataan ruang baik luar maupun di dalamnya pun melambangan keharmonisan antara alam dan manusia dengan adanya tanah yang dibuat rata untuk didesain lebih tinggi dari bangunan sekitar.

Rumah Joglo Pangrawit

(Gradencenter)

Rumah Joglo Pangrawit memiliki pilar lebih banyak dibanding Joglo sinom dengan ciri khas atap menjulang tinggi ke langit dan mengerucut pada bagian atas. Sangat berbeda dengan Joglo Hageng yang memiliki atap tumpul.

Rumah Joglo Hageng

(Budayalokal)

Selanjutnya untuk masyarakat berkelas, biasanya menggunakan rumah Joglo jenis Hageng. Rumah ini khusus bagi strata yang berkecukupan dengan konsep yang lebih rumit dibanding rumah joglo lainya. Biasanya pilar atau tiang yang digunakan lebih banyak dan memiliki halaman cukup luas pada bagian depan rumah. Uniknya, atap Joglo Hageng dibuat tumpul dengan ukuran ruang lebih pendek dibanding atap.

Rumah Joglo Sinom

(Rimbakita)

Untuk rumah Joglo Sinom, jenisnya lebih tradisional dibanding lainya. Dipercaya memiliki 36 pilar dan 4 diantaranya adalah tiang utama atau saka guru. Rumah Jogo satu ini banyak dijadikan konsep dasar pada hunian modern saat ini dengan mengedepankan fungsi teras bertingkat yang mengelilingi rumah.

Rumah Limasan Trajumas Lawakan

(Saintif)

Jenis rumah Joglo satu ini memiliki semacam teras atau tambahan emperan pada sekeliling rumah yang sekaligus melindungi rumah dari genangan. Tidak hanya itu, ciri khas lainnya dari Limasan Trajumas Lawakan terletak pada jenis muka atap yang dibuat bersusun dengan tingkatan berbeda antar atap. Pada bagian tengah atap ada tiang yang membuat rongga pada bagian dalam.

Bagaimana Pins? Apa sudah mulai paham akan beberapa penjelasan mengenai nama rumah adat Jawa Timur di atas. Kamu bisa mengadaptasinya sebagai hunian modern yang unik lho! Selamat mencoba!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel