BlogPemilik PropertiDesain HunianKamar Sempit? Pilih Warna Cat Kamar Tidur Yang Menenangkan
0
0

Kamar Sempit? Pilih Warna Cat Kamar Tidur Yang Menenangkan

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 2, 2023

0 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Meski ruangan sempit warna cat kamar tidur yang menenangkan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Pemilihan warna yang tepat bisa membuatmu lebih relaks sehingga tidur pun lebih lelap.

Dilansir dari Healthline, sejumlah penelitian menemukan bahwa warna-warna tertentu bisa mempengaruhi tidur. Warna yang dimaksud tentu termasuk warna cat dinding serta benda-benda lain yang ada di dalam kamar.

Hal ini karena warna dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Bahkan, ada bidang ilmu yang mempelajari bagaimana warna tertentu memiliki efek psikologis pada manusia, lho. Semua ini dipelajari dalam bidang studi Color Psychology.

Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Yang Menenangkan

Tak perlu belajar Color Psychology secara khusus untuk tahu warna cat yang menenangkan. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan warna yang bisa membantumu lebih relaks.

Biru Laut

Source : Pinterest

Warna cat yang menenangkan bisa membuatmu tidur lebih lelap. Salah satunya adalah warna biru yang cenderung memiliki efek menenangkan pada otak.

Akan tetapi, warna biru hadir dalam spektrum warna yang sangat beragam, jadi kamu harus teliti dalam memilih. Untuk kamar tidur yang sempit, pilihlah warna biru yang kalem dan tidak terlalu gelap.

Pasalnya, warna biru yang terlalu ngejreng bisa menyilaukan jika terkena cahaya terang. Karenanya, pilih warna biru yang kalem seperti biru laut.

Biru Keabu-abuan

Source : Pinterest

Biru-abu-abu ideal bagi kamu yang menghargai ruang yang teratur dan bersih.

warna biru tua dapat dengan cepat memenuhi ruangan kecil, warna abu-abu biru menciptakan lingkungan yang santai. Gunakan warna biru tua untuk potongan dekoratif kecil.

Hijau Sage

Source : Pinterest

Untuk ruangan sempit warna cat kamar tidur yang menenangkan seperti hijau sage adalah pilihan tepat. Warna hijau bisa mengingatkan kita pada indahnya alam sehingga suasana hati menjadi lebih relaks. Faktanya, interaksi dengan alam memang bisa membuat kita lebih bahagia, lho.

Karena itu, selain mengecat kamar dengan warna hijau yang menenangkan, tak ada salahnya menambahkan elemen alam lainnya. Contohnya seperti tanaman hias, bunga di dalam vas, atau sekadar gambar pemandangan.

Kuning yang Hangat

Source : Pinterest

Tahukah kamu kalau warna kuning memiliki konotasi warna bahagia? Karenanya, menghadirkan warna kuning ke dalam kamar bisa membuat suasana hatimu jadi lebih baik.

Kamu bisa memadukan warna kuning yang hangat ini dengan furnitur berwarna netral seperti warna kayu dan warna-warna netral. Agar kamar tidak terkesan terlalu ngejreng, imbangi dengan warna-warna yang gelap untuk elemen-elemen lainnya di kamar. Misalnya hiasan dinding, bingkai, furniture, karpet lantai, dan sebagainya.

Oranye Pucat

Source : Pinterest

Tahukah kamu? Warna oranye kerap dikaitkan dengan energi serta kekuatan emosional. Spektrum warna oranye terlihat hangat dan menenangkan, seperti semburat jingga saat matahari terbit maupun terbenam.

Untuk ruangan sempit warna cat kamar tidur yang menenangkan seperti aprikot, peach, atau salem bisa jadi pilihan, lho.

Putih Tulang

Source : Pinterest

Untuk kamar tidur yang menenangkan, warna putih bisa jadi pilihan tepat. Terlebih belakangan ini warna putih menjadi tren untuk rumah minimalis. Bukan hanya untuk cat dinding, tetapi juga perabotan dan pernak-perniknya.

Kamu juga bisa memilih warna putih untuk kamar tidur yang menenangkan, lho. Misalnya warna putih yang tidak terlalu cerah, seperti putih tulang.

Apalagi, warna putih memantulkan cahaya sehingga kamar terlihat terang. Di samping itu, dengan cat putih kamar tidur kecil bisa terlihat lebih lapang.

Hanya saja tembok berwarna putih mungkin terkesan biasa saja atau bahkan membosankan. Namun, kamu bisa mempercantiknya dengan menambahkan aksen pada bantal, karpet, atau hiasan dinding.

Ungu Lavender

Source : Pinterest

Warna ungu lavender memiliki kesan anggun dan santai, tetapi tidak norak ataupun berlebihan. Menariknya, warna ungu lavender sama seperti bunga lavender. Di samping warnanya yang bikin adem, aroma bunga lavender juga mampu menciptakan efek menenangkan.

Untuk ruangan sempit warna cat kamar tidur yang menenangkan ini bisa dipadukan dengan aksen bunga lavender agar makin ciamik.

Ungu Pastel

Source : Pinterest

Spektrum warna ungu terdiri dari banyak sekali rona warna. Mulai dari ungu tua yang dikaitkan dengan kesedihan, sehingga kerap disebut warna janda. Sementara itu, warna ungu yang lebih muda dan terang memberikan kesan tenang dan damai. Seperti ungu pastel.

Warna ini sangat cocok untuk kamar tidur yang menenangkan karena bisa disandingkan dengan warna netral apa pun. Jadi, Pins tak akan pusing memadu-padankan furnitur kamar tidur!

Dusty Pink

Source : Pinterest

Warna pink identik dengan sifat feminin, mulai dari pink pucat hingga pink ngejreng seperti neon pink. Namun, kalau kamu mau memilih cat untuk ruangan sempit warna cat kamar tidur yang menenangkan adalah dusty pink.

Warna ini mampu menghadirkan perasaan aman dan bisa dipadukan dengan warna pastel apa pun. Kamar bercat dusty pink cocok banget nih untuk kamar tidur perempuan, mulai dari anak-anak hingga wanita dewasa.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Cat Dinding Corak Geometri, Bisa Jadi Pilihan!

Itulah beberapa pilihan warna cat yang menenangkan yang bisa kamu pilih untuk kamar tidur. Bagaimana pun, kamar adalah ruang pribadi di mana Pins beristirahat setelah hari yang panjang dan melelahkan.

Walau ruangan sempit warna cat kamar tidur yang menenangkan bisa membantu Pins tidur lebih lelap. Alhasil, Pins bisa memulihkan energi untuk menyambut hari esok. Jangan lupa padukan dengan furnitur dan aksen yang ciamik, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download