Pinhome

Uncategorized

Ruang tidur utama dengan kamar mandi atau WC di dalam

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Pada zaman dahulu orang-orang lebih memilih membangun WC dibelakang atau bahkan jauh dari rumah karena ruangan ini indentik dengan kotor, bau dan jorok. namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini banyak yang memilih menaruh WC didalam rumah, entah itu di ruang tengah, depan atau bahkan didalam ruang tidur bersebelahan dengan tempat dimana kita beristirahat. hal ini tentu memerlukan desain serta perawatan khusus agar hal-hal yang sebelumnya jorok berubah menjadi bersih, harum dan sedap dipandang. Nah.. berikut ini tips-tips membuat ruang tidur utama dengan kamar mandi atau WC didalam.

desain kamar mandi didalam ruang tidur
desain kamar mandi didalam ruang tidur

Tips desain dan perawatan kamar mandi atau WC didalam ruang tidur utama

  1. Menggunakan kamar mandi sistem kering, yaitu seminimal mungkin lantainya tidak terkena air, kalaupun kejatuhan air bisa langsung segera kering. caranya dengan memakai wastafel untuk cuci muka dan tangan, closet duduk, bath room dan partisi ruangan khusus kamar mandi.
  2. Pintu kamar mandi dibuat tidak terlihat seperti wc, dan posisinya tidak langsung terlihat dari tempat tidur.
  3. Sirkulasi udaranya diatur dengan baik, jika memungkinkan bisa memasang jendela boven pada sisi dinding yang langsung berhubungan dengan udara luar. atau jika tidak memungkinkan, bisa memasang exchaust fan sejenis kipas angin untuk menghisap udara dari plafond.
  4. Material plafond dipilih yang tahan terhadap air, misalnya finish aci dan cat dak beton, atau jika memakai gypsum bisa pilih yang water resistant.
  5. Jika posisi kamar mandi berada dilantai 2, 3 atau tingkat. perlu dilakukan pekerjaan waterproofing dulu pada lantainya sebelum dipasang keramik, fungsinya agar tidak terjadi kebocoran sehingga mengotori ruangan dibawahnya.
  6. Material finishing lantainya bisa dipilih yang tidak licin dan mudah kering, bisa memakai granit atau keramik berteksture kasar.
  7. Memasang kaca diatas wastafel didalam kamar mandi, agar aktifitas bercermin tetap berada didalam sehingga ketika tubuh sedang basah tidak menetesi lantai diluar.
  8. Gantungan handuk berada didalam kamar mandi, untuk mengeringkan tubuh sebelum keluar dari WC.
  9. Jika perlu pasang hand dryer, pengering tangan.
  10. Sebisa mungkin ada cahaya matahari yang masuk ke ruangan, karena kelembaban bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri.
  11. Sering-sering dilakukan pembersihan agar lantai tetap kering.

Hal-hal lainya bisa di lakukan inovasi dan kreatifitas lebih lanjut untuk mendapatkan desain kamar mandi didalam ruang tidur utama yang terbaik 🙂

Tags :

Bagikan Artikel