Revolusi Hijau di negara berkembang

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 2 menit membaca

Sejarah Negara Com – Negara-negara berkembang seperti India dan Filipina merupakan contoh negara yang mendapat pengaruh besar dari adanya revolusi hijau. Terbukti dengan berhasilnya kedua negara tersebut dalam meningkatkan hasil produksi pangannya.

Hal tersebut menimbulkan optimisme bahwa pengembangan revolusi hijau dapat menghasilkan persediaan pangan bagi penduduk di dunia.

Para petani di negara-negara berkembang menyambut baik berbagai metode yang diharapkan dalam revolusi hijau. Hal ini dikarenakan metode-metode tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil pertanian yang menakjubkan dalam kurun waktu tahun 1967-1970.

Lembaga penelitian seperti IRRI (International Rice Research Institute) atau institut Penelitian Padi Internasional di Filipina telah berhasil mengembangkan bibit baru yang sangat produktif yang dikenal dengan nama IR-8.

Varietas baru tersebut merupakan hasil persilangan genetik antara varietas padi kerdil dari Taiwan yang bernama Dee- Geowoogen dan varietas padi jangkung dari Indonesia yang bernama Peta.

IR-8 atau 8-288-3 di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan pada PB-8. Dengan ditopang oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, bibit baru tersebut dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di kawasan Asia Tenggara.

Setelah penemuan pada PB-8, disusul dengan penemuan varietas-varietas baru. Jenis-jenis bibit unggul dari IRRI ini di Indonesia disebut Padi Unggul Baru. (PUB). Pada tahun 1966 IR-8 mulai disebarkan di Asia dan diikuti dengan persebaran IR-5 pada tahun 1967.

Pada tahun 1968 di India, Pakistan, Sri Lanka, Filipina, Malaysia, Taiwan, Vietnam, dan Indonesia telah dilaksanakan penanaman padi jenis IR atau PUB secara luas di masyarakat. Areal sawah di Asia ditanami PUB dan pada tahun 1976 sudah mencapai 24 juta hektar.

IRRI merupakan organisasi nonpemerintah internasional yang berpusat di Los Banos, Filipina. IRRI didirikan pada tahun 1960 dan memulai kegiatannya pada tahun 1962. Institut ini memiliki kantor perwakilan di sepuluh negara.

Tujuan utama IRRI adalah untuk mencari cara meningkatkan kesejahteraan petani, konsumen, serta lingkungannya. IRRI merupakan salah satu dari lima belas pusat penelitian di seluruh dunia dan merupakan bagian dari CGIAR (Consultative Group on International Agricultural Research).

Baca juga: Perkembangan Revolusi Hijau di dunia

Disamping usaha untuk menemukan varietas-varietas unggul yang sesuai dengan daerah tempat produksi hasil pertanian, penelitian juga diikuti dengan upaya pemulihan kondisi tanah.

Jenis tanaman unggul ini mempunyai ciri berumur pendek, memberikan hasil produksi berlipat ganda dan mudah beradaptasi dalam lingkungan apapun, asal terpenuhi syarat-syarat seperti tersedia cukup air, pemupukannya teratur, tersedia bahan kimia pemberantasan hama dan penyakit, serta tersedia bahan kimia pemberantas rerumputan pengganggu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan di bidang akuntansi maupun investasi. T

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Gadget
Gadget 20 Daftar Harga HP Vivo Terbaru Tahun 2022

Vivo saat ini menjadi salah satu brand smartphone terbaik di tahun 2022. Daftar harga HP Vivo terba

Finansial
Finansial Tips dan Cara Agar NFT Cepat Laku Terjual

Zaman yang semakin modern ini ada banyak cara mendapatkan uang tambahan, salah satunya melalui inve

Gadget
Gadget 8 Cara Cek Garansi HP Realme, Begini Langkahnya!

Realme merupakan salah satu merek hp asal Tiongkok yang saat ini ramai di pasar Indonesia. Bagaiman

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia