Pinhome

Uncategorized

Resiko memelihara kucing di rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kucing merupakan binatang yang banyak dipelihara di rumah secara sengaja atau datang dengan sendirinya, Bentuknya yang lucu, warnanya yang beraneka ragam dan tingkah lakunya yang imut bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga memutuskan untuk memeliharanya, dilihat dari segi ekonomi juga tergolong tinggi, misalnya kucing Anggora yang harga per ekornya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Nah.. jika dilihat untung ruginya, sudah pasti ada resiko buruk sekaligus manfaat yang bisa kita petik dengan memelihara kucing di rumah, Nah.. selanjutnya kita uraikan secara khusus mengenai hal ini 🙂

Resiko memelihara kucing di rumah

Berikut beberapa resiko negatif atau kerugian yang mungkin kita dapat

  1. Pengusir alami tikus di rumah, kondisi ini akan dipandang sebagai masalah bagi yang suka tikus, karena dengan adanya binatang bermata tajam ini kehadiran tikus akan segera tergantikan oleh dominasi kucing.
  2. Merusak permukaan perabot rumah, kucing biasa mengasah kukunya dengan mencakar permukaan dinding, sofa, kursi, karpet dan peralatan rumah tangga lain sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan.
  3. Mengganggu kenyamanan tidur, ya.. terkadang kucing suka ikut menyusul tidur di kasur disaat kita sedang ternyenyak tidur.
  4. Dapat mengganggu kesuburan wanita, kata beberapa peneliti dalam bidang kedokteran menyebutkan bahwa kucing bisa menularkan penyakit toxoplasma yang bisa membahayakan ibu hamil. tapi kita bisa menghindari tertular penyakit tersebut dengan menjaga kebersihan dan menjauhi kontak langsung dengan kotoran kucing.
  5. Bahaya di cakar kucing, ya.. terkadang hewan ini juga bisa mencakar tubuh penghuni rumah, gak tahu maksudnya mau mengajak bercanda atau sedang sebel dengan yang dicakar.
memelihara kucing di rumah

Selain resiko yang berifat negatif tersebut ternyata banyak juga sisi positifnya alias manfaat yang bisa kita dapat dengan merawat kucing di rumah.

  1. Hewan yang setia pada penghuni rumah.
  2. Mendengar dengkuran kucing bagus bagi kesehatan.
  3. Mengelus kucing bisa menurunkan resiko stress.
  4. Tubuh dan lidah kucing bersih dari kuman.
  5. Menjadi teman bermain anak-anak.

Jadi bisa kita pertimbangkan untung ruginya memelihara kucing, ya.. yang namanya hoby memang asyik, yang penting dalam memeliharanya kita tetap berusaha merawat, memberi makan dan menjaga kebersihanya dengan baik, dengan begitu maka lebih banyak manfaat yang bisa diperoleh dibanding resiko negatifnya 🙂

Tags :

Bagikan Artikel