BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Tips dan Trik Renovasi Rumah Kampung Serta Estimasi Biaya
0
0

8 Tips dan Trik Renovasi Rumah Kampung Serta Estimasi Biaya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Sep 12, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
renovasi rumah kampungtop-right-banner

Rumah kampung biasanya memiliki desain yang sederhana dan fungsional. Namun, seiring berjalannya waktu, rumah kampung juga dapat terlihat usang dan tidak menarik. Untuk mengatasi hal ini, Pins dapat melakukan renovasi rumah kampung.

Namun, bila Pins hendak membeli rumah di kawasan strategis seperti perkotaan, Kronjo Regency atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya bisa jadi solusinya.

Untuk pilihan rumah lainnya, kamu bisa cek Rumah Ekslusif, daftar pilihan rumah terbaik dari Pinhome. Pins juga bisa menelusuri rumah bekas yang cantik seperti rumah second di kota Jakarta Pusat untuk cari rumah dengan lokasi terbaik. 

Biaya Renovasi Rumah

Source : iStock

Sebelum melakukan renovasi rumah, sudah pasti biaya menjadi sorotan utama bagi Pemilik rumah perlu mempertimbangkan dengan cermat pembiayaan renovasi rumah karena biayanya yang tidak murah. 

Oleh karena itu, disarankan untuk melaksanakan renovasi secara bertahap, seperti yang bisa dimulai dengan merenovasi bagian kamar mandi terlebih dahulu. Walaupun prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama, setidaknya Pins akan dapat mengestimasi dengan lebih tepat berapa biaya yang dibutuhkan.

Pada umumnya, terdapat beberapa komponen dalam perincian biaya renovasi rumah tradisional yang perlu diperhitungkan.

1. Biaya Tenaga Kerja

a. Sistem Upah Harian

Salah satu pilihan sistem upah yang biasa digunakan adalah sistem harian, di mana Pins membayar para pekerja berdasarkan jumlah hari kerja. Secara umum, biaya tenaga kerja dalam sistem harian biasanya berkisar antara 125 hingga 150 ribu rupiah per hari.

Namun, perlu diingat bahwa biaya ini belum termasuk biaya untuk material renovasi rumah. Selain itu, semakin lama proses renovasi berlangsung, biaya keseluruhan renovasi rumah juga akan meningkat.

b. Sistem Borongan Jasa

Apabila Pins mengantisipasi bahwa proses renovasi rumah Pins akan memakan waktu yang cukup lama, ada beberapa pilihan model kontrak yang dapat Pins pertimbangkan. Salah satu alternatif adalah menggunakan model kontrak borongan. 

Model ini memiliki perbedaan signifikan dengan model upah harian, di mana Pins tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan yang mungkin muncul. 

Model kontrak borongan menentukan harga berdasarkan luas bangunan yang akan direnovasi, sehingga tidak ada penambahan biaya meskipun proyek mengalami keterlambatan.

Harga untuk model kontrak borongan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan model upah harian, berkisar antara 600 hingga 800 ribu rupiah per meter persegi.

c. Sistem Borongan Penuh

Jika Pins menginginkan kemudahan tanpa perlu memikirkan biaya tenaga kerja dan pembelian material secara terpisah, Pins dapat memilih model kontrak borongan lengkap. Model ini mencakup biaya material serta komponen pendukung lainnya.

Secara umum, harga untuk model kontrak borongan lengkap berkisar antara 4 hingga 8 juta rupiah per meter persegi. Harga tersebut dapat bervariasi tergantung pada kondisi tanah dan spesifikasi rumah yang akan direnovasi.

Perlu diingat bahwa renovasi rumah minimalis biasanya akan lebih terjangkau dibandingkan dengan renovasi rumah mewah.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Pemborongan Pekerjaan Saat Bangun Rumah

2. Biaya Material dan Komponen Bangunan

Total biaya untuk bahan bangunan akan sangat bervariasi tergantung pada jenis serta kualitas yang Pins pilih untuk digunakan.

 Sebagai contoh, apabila Pins memutuskan untuk menggunakan marmer sebagai lantai daripada keramik, ini akan menyebabkan biaya total renovasi rumah Pins meningkat.

Selain mempertimbangkan jenis dan kualitasnya, pastikan juga bahwa bahan yang Pins pilih memenuhi standar SNI (Standar Nasional Indonesia), terutama untuk bahan-bahan seperti besi, pipa, dan kabel listrik.

3. Biaya Perluasan Tanah

Source : iStock

Mengenai aspek biaya perluasan lahan ini, Pins dapat melakukan penelusuran kepada agen tanah atau pemiliknya secara langsung. 

Cara sederhana adalah dengan menghitung luas tanah tambahan yang Pins butuhkan dan kemudian menggabungkannya dengan harga tanah di daerah sekitarnya.

4. Biaya Pendukung Lainnya

Pengeluaran pendukung adalah biaya-biaya yang mungkin muncul secara tiba-tiba selama proses renovasi rumah berlangsung. Salah satunya adalah peningkatan harga material.

Secara umum, besaran pengeluaran pendukung ini diperkirakan sekitar 10% dari total biaya renovasi per meter persegi.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Ukuran 7×8

Tips Renovasi Rumah Kampung

Lalu apa saja tips atau trik renovasi rumah kampung? Nah, berikut ini adalah 8 trik renovasi rumah kampung yang bisa diterapkan:

1. Menambah Jalan Setapak Di Halaman Depan

Jalan setapak di halaman depan dapat membuat rumah terlihat lebih rapi dan menarik. Selain itu, jalan setapak juga dapat memudahkan Pins untuk mengakses pintu depan rumah.

2. Mengubah Warna Dinding Ruangan

Source : iStock

Mengubah warna dinding ruangan dapat mengubah suasana rumah secara keseluruhan. Pins dapat memilih warna yang sesuai dengan selera Pins.

3. Mengubah Gaya Dapur

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah. Oleh karena itu, penting untuk membuat dapur terlihat nyaman dan fungsional. Pins dapat mengubah gaya dapur dengan mengganti kabinet, countertops, atau peralatan dapur.

4. Memasang Parket Vinyl di Kamar Mandi

Parket vinyl adalah bahan yang tahan air dan mudah dibersihkan. Oleh karena itu, parket vinyl cocok digunakan di kamar mandi. Selain itu, parket vinyl juga dapat membuat kamar mandi terlihat lebih elegan.

5. Mengubah Gaya Kamar Tidur

Source : Pixabay

Kamar tidur adalah tempat Pins beristirahat. Oleh karena itu, penting untuk membuat kamar tidur terlihat nyaman dan tenang. Pins dapat mengubah gaya kamar tidur dengan mengganti furnitur, dekorasi kamar, atau cat dinding.

6. Memasang Jendela dan Pintu Baru

Jendela dan pintu yang baru dapat membuat rumah terlihat lebih terang dan modern. Selain itu, jendela dan pintu yang baru juga dapat meningkatkan keamanan rumah.

7. Memasang Atap Baru

Pasanglah atap yang baru dapat melindungi rumah dari cuaca buruk. Selain itu, atap yang baru juga dapat membuat rumah terlihat lebih menarik.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

8. Memasang Pagar

Source : iStock

Pagar dapat membantu melindungi rumah dari gangguan luar. Selain itu, pagar juga dapat membuat rumah terlihat lebih tertata dan rapi.

Itu tadi beberapa tips renovasi rumah kampung yang bisa menjadi pertimbangan Pins saat ingin merenovasi rumah. Semoga informasi trik renovasi rumah kampung ini bermanfaat!

Baca juga: 5 Ide Renovasi Kamar Kecil dan Perkiraan Biayanya

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download