Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Rekomendasi Warna Cat Pagar Besi yang Cocok Untuk Segala Desain

Lifestyle

Rekomendasi Warna Cat Pagar Besi yang Cocok Untuk Segala Desain

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 29 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Dekorasi eksterior sebuah rumah tidak terlepas dari pagar yang berfungsi melindungi dan juga menambah keindahan hunian tersebut. Maka dari itu, tidak heran perawatannya pun harus lebih ekstra dikarenakan pagar selalu bersentuhan dengan cuaca yang tidak menentu. Teriknya sinar matahari maupun hujan yang menerpa pagar, membuat pemilihan bahan material pada pagar harus benar. Hal yang tidak dapat tertinggal adalah pemilihan cat pagar besi yang tepat.

Pinhome – Bagi anda yang memiliki pagar dengan bahan besi, ada baiknya anda banyak mengulik ragam cat pagar besi di pasaran. Selain perannya yang sangat penting bagi perlindungan pagar agar tidak cepat berkarat, warna cat pagar besi juga harus disesuaikan dengan tema desain eksterior sebuah hunian. Hal tersebut berpengaruh kepada keindahan rumah agar tetap sedap dipandang.

Baca Juga: 15 Model Pagar Rumah Minimalis Untuk Rumah Baru Anda

Pengecatan pada pagar dengan langkah yang benar juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi umur dari pagar itu sendiri. Jadi, ada baiknya anda tetap mempertahankan kualitas dari cat dibandingkan dengan harga. Ingat ya Pins, pagar rumahmu ibarat garda depan di hunian, maka dari itu berikan perawatan ekstra sekaligus pemilihan warna cat terbaik agar hasilnya lebih maksimal. Nah, untuk Pins yang masih bingung memilih warna cat pagar yang cocok dengan desain rumah, simak yuk rekomendasinya di bawah ini. Dijamin cocok di segala desain rumahmu!

Baca Juga: 4 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Pagar Rumah

Hitam Minimalis

(irishiron.com)

Warna cat pagar besi satu ini umum digunakan karena cocok untuk segala desain eksterior hunian. Untuk anda yang malas akan pemikiran panjang sebuah desain dalam hal estetika, anda dapat memilih warna hitam yang aman. Hitam minimalis dengan dekorasi simpel yang unik, juga bisa anda aplikasikan lho! Selain pemilihan warna yang tepat pada pagar besi, Pins juga harus memperhatikan jenis cat yang terkandung di dalamnya. Cat pagar alkyd bisa dijadikan alternatif untuk jenis cat dengan kualitas menengah yang dengan mudah dapat Pins temukan. Apalagi cat ini mengandung titanium dioksida yang dapat mempermudah pengecatan karena cepat mengering.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Pagar Rumah Minimalis Modern Dengan Tepat?

Warna Emas yang Elegan

(unsplash.com)

Cat pagar besi warna emas memang identik dengan kemewahan. Tidak heran banyak yang menggunakannya sebagai pagar rumah kerajaan, tokoh terkenal, istana, maupun bangunan-bangunan bersejarah. Namun Pins tidak perlu berkecil hati, warna emas yang elegan juga bisa dijadikan warna pada pagar hunian milik Pins. Tidak harus penuh dengan cat pagar warna emas, anda dapat memadupadankan pada dekorasi desain pagar, seperti pada ujung runcing pagar saja yang berwarna emas dan sisanya mengambil warna netral. Cara ini bisa dijadikan alternatif.

Pagar Berwarna Putih

(pagarminimaliskayujati.blogspot.com)

Berbeda dengan cat pagar besi warna emas yang memunculkan kesal elegan, untuk warna pagar besi putih menampilkan kesan lembut dan bersih. Cocok untuk penghuni yang menyukai kebersihan dan tampilan terang pada desain muka rumah. Untuk mempertahankannya agar tidak mudah berkarat, cobalah untuk selalu menggunakan cat primer pada lapisan pertama, sebelum melakukan pengecatan warna cat pagar besi. Tunggu sampai cat primer benar-benar mengering baru lapisi dengan cat pagar besi. 

Perpaduan Warna Klasik dengan Material Kayu

cat pagar besi
(prestcon.ro)

Untuk warna selanjutnya, anda dapat memakai warna cat pagar klasik dipadu padankan dengan material kayu. Perbandingannya bisa disesuaikan dengan selera, 1 : 5 untuk besi dan kayu atau sebaliknya. Hal yang perlu Pins ketahui adalah perawatan pagar kayu juga tidak mudah ya Pins maka, pilih lah kayu yang memang sudah terkenal kualitasnya seperti kayu jati agar tahan lama dan tidak mudah lapuk. Cat yang cocok untuk pagar besi ini seperti cat epoxy, cat yang memunculkan kesan mengkilap pada besi tahan lama dan sudah terbukti kualitasnya walau memang harganya dapat dikatakan mahal. 

Abu-Abu yang Lembut

cat pagar besi
(pinterest.com)

Warna abu-abu lembut menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk menghiasi tampilan depan rumah dengan model pagar minimalis. Warna cat pagar satu ini cocok dipadukan dengan ragam tanaman di sekitarnya, seperti tanaman merambat, tanaman pakis maupun bunga Bugenvil. Apa Pins tertarik? Nah, untuk Pins yang akan mengecat pagar besi pastikan juga untuk memilih cat pagar besi yang mengandung formula anti jamur ya! Hal itu dikarenakan, semakin bertambahnya umur pagar besi semakin besar pula kemungkinan pagar berjamur bila tidak dirawat dengan baik dan salah dalam pemilihan kandungan produk cat di awal.

Kombinasi Dua Warna

cat pagar besi
(pinterest.com)

Mengkombinasikan dua warna yang selaras maupun bertolak belakang dapat anda lakukan pula pada warna cat pagar rumah. Hal tersebut membuat estetika dari pagar itu sendiri semakin terlihat. Seperti warna abu-abu muda dan hitam yang dapat anda aplikasikan pada segala desain rumah, maupun warna-warna terang seperti merah dan hitam. Perpaduan warna yang tidak biasa malah menjadikan suasana rumah lebih ceria lho Pins! Berani mencoba?

Warna Coklat yang Aman

cat pagar besi
(bukalapak.com)

Selain ada warna hitam yang cukup aman dijadikan warna untuk cat pagar, ada pula warna coklat tua klasik yang elegan. Warna coklat digadang menjadi warna cat yang aman bagi desain rumah model apapun. Pins bisa menggunakan warna coklat yang lembut dipadukan dengan warna tembok yang lembut, ataupun digabungkan dengan cat pagar besi warna emas. Hal terpenting lainya selain kualitas cat pagar itu sendiri adalah material besi yang digunakan. Anda bisa menggunakan bahan besi hollow galvanis yang menjadi salah satu material pagar yang sudah teruji ketahanannya.

Itulah beberapa varian rekomendasi warna cat pagar bahan besi yang dapat Pins jadikan pilihan. Hal yang paling penting selain warna pagar itu sendiri adalah kualitas dari cat pagar. Selalu utamakan kualitas dibanding harga ya Pins agar pagar rumahmu tidak cepat berkarat dan tahan lama! Semoga bermanfaat!


Temukan beragam rumah dengan berbagai pilihan yang tersedia di dalam Daftar Properti dari Pinhome.id dan jangan lupa untuk bergabung dengan Rekan Pinhome sebagai agen properti kami. 

Hanya di Pinhome yang memberikan kemudahan kalian dalam mencari properti. Pinhome – PINtar Jual Beli Sewa Properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel